Sports

KLUB SEPAKBOLA INDONESIA LUNCURKAN NFT, CARA MENDEKATKAN DIRI DENGAN FANS SECARA DIGITAL

Klub sepakbola Indonesia meluncurkan karya NFT untuk mendukung seniman lokal. Dimulai dari Bali United hingga PSS Sleman, peluncuran NFT bisa jadi media untuk valuasi dan digitalisasi sepak bola Indonesia.

title

FROYONION.com - Klub Sepakbola Indonesia saat ini sudah melangkah jauh dari hal digitalisasi. Beberapa klub Liga 1 sudah berhasil merilis projek Non Fungible Token atau NFT untuk bisa lebih mendekatkan diri kepada fans. 

Saat ini, tren collectible items berbentuk NFT atau Non Fungible Token di seluruh dunia, terutama di Indonesia semakin digemari oleh generasi milenial, bahkan saat ini tren tersebut sudah merambah ke klub sepakbola. Beberapa klub top eropa pun sudah ada yang bekerja sama dengan perusahaan lain untuk dapat merilis koleksi NFT, di mana hasil penjualannya akan menambah pemasukan klub itu sendiri. 

Intinya, NFT menjadi salah satu investasi digital yang sangat menguntungkan bagi klub sepakbola. Deretan klub sepakbola Eropa yang terjun ke dunia NFT diantaranya Dynamo Kiev (Ukraina), TSG Hoffenheim (Jerman), Liverpool (Inggris), FC Barcelona (Spanyol), Paris Saint Germain dan AS Monaco (Prancis).

Saat ini, tren token digital ini sudah menyebar ke klub sepakbola di Indonesia. Beberapa klub sudah mulai meluncurkan NFT dengan bekerjasama dengan perusahaan lain untuk merilis koleksi digital tersebut. Klub sepakbola Indonesia pertama yang meluncurkan NFT adalah Bali United. Bali United menjadi klub pertama di Indonesia yang meluncurkan aset digital NFT dengan nama Baliverse. 

Peluncuran Baliverse bertujuan sebagai salah satu langkah Bali United sebagai klub sepakbola asal Bali untuk mendukung karya seniman lokal Bali khususnya yang selama ini menjadi fans klub sepak bola asal Bali tersebut. Bali United telah menggandeng seniman seperti Raka Jana untuk berkolaborasi. Raka Jana merupakan seniman asal Bali sekaligus fans Bali United yang banyak membuat karya seni tentang Bali United. 

NFT Baliverse sendiri sudah diluncurkan sejak awal tahun lalu. Diawal peluncuran, Baliverse menghadirkan 8.000 aset digital NFT yang siap untuk dikoleksi oleh para komunitas NFT. Baliverse juga menawarkan paket-paket khusus untuk para pengoleksi NFT Baliverse seperti paket liburan ke Bali, tiket nonton Bali United di VIP Lounge dan berbagai paket lainnya untuk fans Bali United. Baliverse juga akan melakukan pengembangan metaverse. 

Klub sepakbola Indonesia lainnya yang meluncurkan NFT adalah PSS Sleman. Klub dengan julukan Super Elang Jawa tersebut meluncurkan NFT dengan nama Sembodoverse pada bulan Mei yang lalu. Harapannya, PSS Sleman bisa melangkah lebih jauh lagi dalam hal digitalisasi.  

Proyek NFT pertama untuk Sembodoverse adalah Elja Warrior of Sembodoverse di mana akan ada 10.000 koleksi (1 dari 1 edisi terbatas yang digambar tangan) Profile Picture (PFP) NFT. Proyek NFT ini akan diterapkan di Polygon Blockchain yang menjadi sarana untuk berinteraksi antara PSS Sleman dan NFT holder. 

Di samping itu juga terdapat utilitas di kehidupan nyata seperti Diskon untuk pertandingan kandang PSS Sleman, Berpartisipasi dalam berbagai polling yang diadakan oleh PSS Sleman, diskon spesial untuk pembelian dalam Game (Online Game), Spesial akses di VIP Lounge, Harga spesial dan Diskon di Omah PSS, PSS Store dan SMBD. 

Ada juga hadiah untuk pemegang NFT Elja Warrior Sembodoverse yang beruntung seperti 250 pcs Limited Edition kartu E-Money, 50 pcs Limited Edition Maskot Elja Warrior dan 20 pcs Limited Edition Jersey PSS Sleman bertanda-tangan pemain. Nantinya, NFT dari Sembodoverse juga akan memiliki beberapa kegunaan yang bisa dinikmati oleh para pemiliknya, di dunia nyata. PSS Sleman akan terus menjajaki industri blockchain dan NFT. Sembodoverse sudah memulai public sale pada 28 Mei di website pssleman.id/sembodoverse

Baru-baru ini, Persija Jakarta juga meluncurkan projek digital NFT bekerja sama dengan perusahaan Digital Fans Engagement Platform, Bolafy. Peluncuran aset digital ini berbarengan dengan launching tim Persija yang diadakan pada 15 Juli yang lalu dan dirilis dengan jumlah terbatas. 

Kolaborasi Persija jakarta dengan Bolafy ini menjadi terobosan pertama platform koleksi NFT digital lokal dengan klub yang berjuluk Macan Kemayoran tersebut. Koleksi Digital Persija Jakarta akan terdiri dari player digital collection yang eksklusif untuk tim Macan Kemayoran. 

Tidak hanya sebagai memorabilia atau collectible items, namun nantinya untuk setiap pembelian Koleksi Digital pemain fans Persija akan mendapat benefit yang nyata seperti bisa terlibat juga berbagai fans engagement seperti poin, kuis harian/mingguan, dan aktivitas lain untuk mendapatkan jersey otentik atau apparel setiap game week dan bulanan serta bahkan bisa mendapatkan grand prize pengalaman khusus berinteraksi langsung dengan pemain dan tim Persija dari Bolafy. 

Uniknya setiap pemegang NFT ini juga akan masuk menjadi daftar prioritas untuk setiap aktivitas kedepannya.Koleksi NFT digital ditawarkan dengan harga yang terjangkau, yaitu Rp25.000 dan dapat dibeli dengan menggunakan berbagai metode pembayaran seperti Go-Pay, Bank Transfer, Kartu Kredit per Koleksi Digital. Untuk setiap pembelian NFT Persija tersebut bisa langsung mengunjungi situs https://persija.id/nft.

Klub sepakbola Indonesia terakhir yang meluncurkan projek NFT adalah Persita Tangerang. Klub berjuluk Pendekar Cisadane tersebut berkolaborasi dengan SerMorpheus dalam menghadirkan inovasi baru dalam bentuk koleksi NFT  untuk mendekatkan diri kepada fans dari Persita itu sendiri. 

Koleksi NFT dari Persita ini menawarkan benefit yang berbeda untuk para kolektor, di antaranya akses untuk masuk menyaksikan sesi latihan tim Persita, dan juga mendapatkan gratis produk kolaborasi Persita dan diskon spesial ditambah bebas ongkir untuk pembelian merchandise dari Persita Officiall Store. 

Ada tiga level NFT yang dirilis oleh Persita sendiri, diantaranya Rare, Super Rare dan Ultra Rare. Koleksi NFT kolaborasi Persita dengan SerMorpheus ini akan dilelang mulai 26 Juli 2022. Selain itu juga ada NFT gratis dalam jumlah terbatas yang akan dibagikan bagi member Persita yang sudah terdaftar di situs resmi klub.

Selain klub, operator kompetisi Liga 1, PT Liga Indonesia baru juga merilis tiket pertandingan berbentuk NFT pada bulan Maret yang lalu. PT Liga Indonesia baru selaku operator kompetisi Liga 1 berkolaborasi dengan LOKET dan Moflip. 

Melalui kolaborasi ini, fans sepak bola Indonesia bisa mendukung tim kesayangan berlaga tanpa harus datang ke stadion dengan mengoleksi tiket pertandingan Seri 5 Liga 1 dalam bentuk Non Fungible Token (NFT). Seperti yang kita ketahui, pertandingan Liga 1 musim lalu tidak bisa dihadiri penonton karena pandemi COVID-19 dan PPKM.

 Kehadiran tiket NFT Liga 1 ini membuka peluang yang sangat luas bagi para fans untuk memberikan dukungan lebih jauh bagi klub bola favorit mereka, baik secara moril maupun finansial. Sekaligus membuka kesempatan fans memperoleh reward (akses khusus) yang bersifat eksklusif serta unik dan tidak dapat tergantikan (non-fungible).

Dengan hadirnya inovasi NFT di sepakbola Indonesia diharapkan bisa menambah valuasi sepakbola Indonesia itu sendiri secara industri mulai dari klub dan operator liga serta bisa melangkah lebih jauh dari sisi digitalisasi. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Satrio Adi Pradipto

Hamba tuhan yang selalu mencintai sepakbola (dan kamu).