Sports

KERJA KERAS HINGGA MENJADI LEGENDA SEPERTI TOM BRADY

Orang bijak pernah berkata bahwasanya orang yang memiliki berbakat bisa melangkah lebih jauh dari orang biasa. Tapi di dunia ini kerja keras mampu mengalahkan bakat. Salah satu contoh nyatanya adalah Tom Brady.

title

"He's a good, tough, competitive, smart quarterback that is a good value and how he does and what he'll be able to do, we'll just put him out there with everybody else and let him compete and see what happens." Kutipan ini diberikan oleh Bill Belichick pelatih dari tim New England Patriots saat pertama kali men-draft Thomas Edward Patrick Brady Jr. atau yang kini dikenal dengan nama Tom Brady pada tahun 2000. Sudah 22 tahun Tom Brady berkarir di NFL (National Football League) sebagai Quarterback (QB) pada akhirnya resmi mengumumkan pensiun dari dunia American Football pada tanggal 1 Februari 2022. 

Pengumuman pensiun dari Tom Brady ini tidak membuat khalayak pecinta NFL di seluruh dunia kaget. Dalam 22 tahun berkarir di NFL, Brady menghabiskan karirnya selama 20 tahun di New England Patriots dan 2 tahun terakhirnya di Tampa Bay Buccaneers. Tentu aja gue ga cuma sekedar menjabarkan apa aja sih prestasi Tom Brady kayak artikel-artikel di luar sana. Tapi gue akan coba merangkum perjalanan seorang Tom Brady hingga akhirnya menjadi seorang legenda NFL dan mendapat julukan G.O.A.T (Greatest of All Time) di dunia NFL.

FOR THE 199TH PICK NEW ENGLAND PATRIOTS SELECT…

Foto Tom Brady saat ikut NFL combine tahun 2000
Tom Brady saat NFL Combine tahun 2000 via boston.com

Buat kalian yang belum tahu, bahwa NFL menggunakan sistem Draft Pick dalam menentukan pemain-pemain universitas untuk direkrut. Tom Brady mengikuti NFL Combine supaya seluruh tim dapat mengetahui kemampuan dasar setiap pemain. Hasil dari NFL Combine seorang Tom Brady tidak memiliki hasil yang cukup baik. Tom Brady berlari 40-yard dash dan hanya meraih waktu 5,28 detik, di mana pelari yang baik dapat mencapai waktu di bawah 5 detik untuk 40-yard dash. Catatan dari para pemantau bakat NFL juga mengatakan bahwa Tom Brady tidak memiliki kemampuan di atas rata-rata dan cenderung buruk. Mereka berkata bahwa Brady "memiliki bentuk tubuh yang buruk, kurus, tidak memiliki perawakan dan kekuatan fisik yang bagus, dan mudah dirobohkan."

Pada saat hari NFL Draft dimulai Brady dan keluarganya memperkirakan Brady akan terpilih di antara babak kedua atau ketiga NFL Draft.  Namun, sampai awal NFL Draft babak keenam namanya tidak dipanggil sama sekali. Dia berlari keluar rumah orang tuanya dan menangis karena perasaan malu. Hingga pada akhirnya Tom Brady mendapatkan telepon dari New England Patriots. Di sebuah interview dia mengatakan sangat bersyukur pada saat itu karena dia tidak harus menjadi sales asuransi.

Musim pertamanya di New England Patriots dijalankan Brady cukup sulit. Brady hanya menjadi Quarterback pelapis ke 4 di dalam tim. Tapi kepercayaan diri tumbuh di dalam seorang Tom Brady ketika ia bertemu dengan pemilik tim Robert Kraft. Brady memperkenalkan diri kepada Robert Kraft dan berkata, “Aku adalah pilihan terbaik yang pernah dibuat oleh tim ini.” Dan Robert Kraft merasa bahwa ucapan itu benar di masa sekarang. Pada musim pertamanya Brady hanya bermain 1 drive dengan 1 dari 3 kali percobaan passing berhasil. Pertandingan itu berakhir dengan kemenangan Detroit Lions 29-3 pada 23 November 2000.

MENJADI STARTING QB DAN BERHASIL KE SUPERBOWL

Pada musim 2001 kerja kerasnya selama pramusim berhasil membuat Brady menjadi QB ke 2 setelah Drew Bledsoe. Namun pada week ke 2 melawan New York Jets Bledsoe mengalami internal bleeding dan Tom Brady memulai debut pertamanya secara penuh sebagai QB. Pertandingan itu berakhir dengan kemenangan New York Jets 10-3 dan tim yang menaungi Tom Brady belum mencicipi kemenangan hingga di pertandingan selanjutnya melawan Indianapolis Colts, Brady berhasil membawa New England Patriots meraih kemenangan perdana di musim itu dengan skor 44-13.

Musim 2001 berjalan dengan baik untuk Brady. Kembalinya Bledsoe tidak mengubah pelatih Bill Belichick untuk tetap menjadikan Brady starter QB untuk pertandingan-pertandingan selanjutnya. Brady mengakhiri musim 2001-2002 dengan membawa Patriots menuju ke babak Playoff. Brady mengkahiri musim ini dengan pencapaian 2,843 passing yards dan 18 touchdowns membuatnya diundang ke Pro Bowl 2002 untuk pertama kalinya.

Pada pertandingan playoff pertamanya melawan Oakland Raiders (sekarang Las Vegas Raiders) Tom Brady menorehkan 312 yards dan berhasil memenangkan pertanding berkat tendangan Field Goal dari Adam Vinatieri di babak OT (over time) dengan skor 16-13. The Patriots berhasil melangkah jauh hingga di babak AFC Championship melawan Pittsburgh Steelers, Brady mengalami cedera lutut dan digantikan kembali oleh Bledsoe. The Patriots berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 24-17 dan akan menantang Los Angeles Rams di Superbowl ke-36.

Foto Tom Brady saat Superbowl ke-36
Tom Brady (12) pada Superbowl ke-36 (via NBC Sports)

Brady kembali menjadi starter pada pertandingan Superbowl ke-36 melawan Los Angeles Rams. Tidak diunggulkan sebagai pemenang tapi semangat Brady dan kepandaian nya dalam membaca pertahanan musuh membuatnya tampil gemilang. Brady berhasil membuat skor imbang 17-17 dalam sisa waktu 1:30 (1 menit 30 detik) di kuarter ke 4. Brady kembali tampil menyerang dan berhasil maju sampai 31 yards sampai waktu tersisa 7 detik dan akhirnya Adam Vinatieri kembali berhasil mencetak Field Goal dari jarak 48-yard dan memenangkan Superbowl pertama untuk Tom Brady pada usia 24 tahun 6 bulan. Menjadikannya sebagai Quarterback termuda dalam sejarah yang memenangi Superbowl dan menjadi MVP dalam pertandingan ini.

BACK TO BACK SUPERBOWL

Musim 2002 bukan menjadi tahun baik untuk Patriots dan Brady karena mereka gagal masuk ke babak playoff. Pada musim 2003 Brady kembali menunjukkan kemampuan nya dengan membawa Patriots berada di seed ke 1 dengan rekor pertandingan14-2. Patriots mengalahkan Tennessee Titans dengan skor 17-14 dan Indianapolis Colts dengan skor 24-14. Superbowl ke-38 Brady meraih kemenangan 32-29 melawan Carolina Panthers dan berhasil menjadi MVP di pertandingan Superbowl untuk kedua kalinya. Musim 2004 Brady kembali membawa Patriots mendapatkan rekor kemenangan 14-2. Brady mencatatkan 3,692 passing yards dan 28 touchdown dan kedua kalinya menjadi Probowl. 

Dibabak playoff Patriots mengalahkan Indianapolis Colts dengan skor 20-3 dan Pittsburgh Steelers dalam AFC Championship dengan skor 41-27. Malam sebelum pertandingan Brady harus mendapatkan perawatan dikarenakan suhu tubuhnya meninggi hingga 103oF setara dengan 39oC dan melawan Steelers yang memiliki pertahanan terbaik, Brady mencatat rekor Quarterback passer ratings dengan skor 130,5 tertinggi di musim 2004. Superbowl ke-39 Patriots menghadapi Philadelphia Eagles dan berhasil mengalahkan nya dengan skor 24-21 dan menjadi Juara ke 3 kalinya dalam 4 tahun terakhir. New England Patriots menjadi franchise pertama sejak Dallas Cowboys yang berhasil melakukan itu. New England Patriots juga menjadi tim NFL terakhir yang berhasil memenangkan superbowl 2 kali berturut.

Musim 2005 dan 2006 bukan musim yang terlalu baik untuk Brady. Rekan satu timnya banyak mengalami cedera dan Brady hanya bisa bertumpu pada pemain-pemain muda dan mengandalkan passing play. Walaupun begitu berhasil membawa timnya menuju babak playoff, Patriots terhenti divisional round melawan Denver Broncos dengan skor 27-13 dan baru diketahui bahwa Tom Brady memainkan pertandingan dengan cedera hernia di musim 2005. Musim 2006 Brady membawa Patriots melaju kebabak playoff dengan rekor 12-4. Brady berhasil membawa Patriots hingga AFC Championship melawan musuh lamanya Indianapolis Colts. Pada menit akhir Brady melempar bola yang berhasil ditangkap oleh musuh dan menghasilkan intercept, pertandingan berakhir dengan kekalahan Patriots 38-34.

KEKECEWAAN SEORANG BRADY

Musim 2007 menjadi musim menjajikan buat Brady dan New England Patriots. Bagaimana tidak? Patriots berhasil tak terkalahkan di musim regular dengan rekor 16-0. Mengalahkan Jacksonville Jaguars dan San Diego Chargers (sekarang Los Angeles Chargers) di babak playoff membuat jalan Patriots mulus hingga di Superbowl ke-42. Melawan New York Giants, Brady mengalami pressure yang kuat dan terkena sacks sebanyak 5 kali di babak final. Patriots dikalahkan oleh Giants dengan skor 17-14 setelah tak terkalahkan dimusim ini. Banyak rekor yang berhasil dipecahkan oleh Brady seperti kemenangan ke 100 Brady yang berhasil ia capai hanya dengan 126 pertandingan tidak berakhir manis dan menjadi kekecewaan tersendiri untuk seorang Tom Brady. 

Super Bowl losses to Giants still haunt Patriots QB Tom Brady - New York  Daily News
Kekalahan pertama Tom Brady di musim tak terkalahkan di Superbowl ke-42 (via NY Dailynews)

Musim 2008, Tom Brady mengalami cedera lutut yang parah hingga absen selama 1 musim dan walaupun berakhir dengan rekor 11-5 Patriots gagal melanjutkan ke babak playoff. Musim 2009 menjadi babak baru bagi Tom Brady setelah menyelesaikan rehabilitasi cederanya. Tom Brady meraih penghargaan Comeback Player of the Year walaupun langkahnya terhenti di babak wildcard melawan Baltimore Ravens dengan skor 33-14. Musim 2010 Brady berhasil meraih MVP Liga untuk kedua kalinya. Namun Patriots berhasil dikalahkan New York Jets 28-21 pada babak divisional round. 

DINASTI PATRIOTS

Setelah musim 2010 New England Patriots menjadi momok yang mengerikan untuk tim lain di NFL. Di bawah pimpinan Brady tim ini selalu melesat jauh dan tidak pernah sekalipun dalam musim mereka mendapat rekor kekalahan. New England Patriots menjadi sebuah dinasti yang kuat dimasa itu. Musim 2011 New England Patriots kembali kalah melawan New York Giants di Superbowl dengan skor 21-17. Tetapi di musim 2014 Brady kembali membawa Patriots menuju Superbowl ke-49 dan menjadi juara setelah mengalahkan Seattle Seahwks dengan skor 28-24. Musim 2016 Brady kembali memenangkan Superbowl ke-51 dengan Comeback melawan Atlanta Falcons 34-28. Patriots memiliki kesempatan mengulangi rekor yang pernah dibuat di tahun 2003 & 2004. Ketika di musim 2017 pada pertandingan Superbowl ke-52, New England Patriots melawan Philadelphia Eagles. Eagles yang bermain dengan QB ke 2 Nick Foles tampil sangat memukai dilaga itu dan berhasil mengalahkan Brady dan Patriots dengan skor menjanjikan 41-33. Namun dimusim selanjutnya Brady membawa Patriots bangkit menuju Superbowl ke-53. Melawan Los Angeles Rams, Tom Brady membawa kegagalan dimusim lalu sebagai api semangat juang dan mengalahkan Rams dengan skor 13-3 dan untuk ke 6 kali nya Brady membawa New England Patriots ke puncak tertinggi NFL dan berhasil meraih rekor dengan franchise terbanyak yg memenangkan Superbowl dengan 6 kemenangan, mengalahkan Pittsburgh Steelers yang berhasil meraih 5 kemenangan Superbowl.

PERPISAHAN DENGAN NEW ENGLAND PATRIOTS 

Pada musim 2019 Brady memperpanjang kontraknya selama 2 tahun. Namun pelatih Bill Belichick tidak ingin memberika kontrak yang lebih lama. Ditahun terakhirnya bersama New England Patriots. Brady berhasil memecahkan rekor berbagai jenis rekor mulai dengan nomer 2 passing yards of all-time di belakang Drew Brees. Brady mengalami kekalahan beruntun menjelang akhir musim melawan Tennesee Titans dan Kansas City Chiefs. Walaupun mengakhiri musim ini dengan rekor 12-4 Patriots untuk pertama kalinya tidak meraih first-round bye pada babak playoff sejak musim 2009. Walupun begitu Brady kembali memecahkan rekor Touchdown terbanyak dalam sejarah NFL kedua dengan total 541. 

Dibabak wildcard Patriots kembali bertemu dengan Tennesee Titans. Memimpin dengan skor 14-13 bola berada hanya 1 yard dari garis touchdown Patriots. Brady meluncurkan lemparan yang berhasil di tangkap Cornerback sekaligus mantan teammate Brady di Patriots sebelumnya Logan Ryan dan berakhir kemenangan untuk Titans dengan skor 20-13. Pada 17 Maret 2020 Brady mengumumkan bahwa tidak akan memperpanjang kontraknya dan mengakhiri 20 musim bersama New England Patriots. 

PETUALANGAN DI TAMPA BAY BUCCANEERS 

Tanggal 20 Maret 2020 Tom Brady mendatangani kontrak dengan tim Tampa Bay Buccaneers seharga 50 juta us dollar dengan 4,5 juta insentif pertahun. Walaupun dengan tim baru Brady tampil luar biasa dengan rekor kemenangan 11-5 di musim perdana nya di Tampa Bay Buccaneers. Berhasil mengalahkan Washington Football team dibabak Wildcard dengan skor 31-23 dengan torehan 381 yards dan 2 touchdowns. Babak Divisional mempertemukan Brady dengan sesame veteran QB dari New Orleans Saints, Drew Brees. Pertandingan antar dua QB veteran ini berakhir dengan kemenangan Tampa Bay Buccaneers 30-20. Di babak NFC Championship Tom Brady bertemu dengan MVP musim 2020 Aaron Rodgers dengan timnya Green Bay Packers. Brady menorehkan 3 touchdowns dan 3 intercept membawa Buccaneers langsung menuju ke Superbowl dengan skor 31-26. 

Kemenangan ini menjadikan Brady memperpanjang rekor penampilan di Superbowl menjadi ke 10 kalinya dan menjadi Quarterback ke 4 yang berhasil membawa 2 tim berbeda menuju Superbowl mengikuti jejak Craig Morton, Kurt Warner, dan Peyton Manning. Tampa Bay Buccaneers juga menjadi tim pertama yang bermain di Superbowl di kandangnya sendiri. Bertemu tim yang sedang bersinar di beberapa musim belakangan Kansas City Chiefs di Superbowl ke-55. Buccaneers bermain sangat dominan dan meraih kemenangan mudah 31-9. Tom Brady kembali ditunjuk sebagai MVP di lag aitu. Brady memperpanjang rekor sebagai pemain yang meraih Superbowl terbanyak dengan 7 kali juara. Banyak rekor yang brady pecahkan pada pertandingan ini termasuk menjadi pemain tertua yang bermain, mendapat gelar MVP, dan menjuarai Superbowl di umur 43 tahun.

IN CONCLUSION…

Perjalanan karir Brady panjang banget, dan keknya ini rekor terbanyak gue dalam menulis artikel saat membahas sosok. Brady dikenal sebagai sosok pekerja keras. Brady dengan tekun selalu menyaksikan video pertandingan lawan-lawannya dan membaca kelemahan dari lawannya. Terlalu banyak buat gua menyimpulkan semua pencapaian Brady yang mungkin lu bisa lihat sendiri di Wikipedia nya. Brady membuktikan bahwa kerja keras mampu mengalahkan “bakat”. Seseorang yang datang terakhir bisa saja menjadi orang yang selalu melaju dan justru melangkah lebih jauh. Brady adalah cerminan nyata bahwa usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Prongs

Prongs