Sports

HAL-HAL YANG HARUS LO KETAHUI SEBELUM MENCOBA OLAHRAGA PANAHAN

Walaupun pandemi udah sedikit berkurang, tapi tetap cari kegiatan positif untuk mengisi waktu luang yuk, salah satu kegiatan positif tersebut adalah dengan mencoba olahraga panahan. Yuk simak penjelasannya!

title

FROYONION.COM – Panahan merupakan salah satu olahraga yang saat ini tengah banyak digandrungi oleh anak muda. Selain menyenangkan, kegiatan panahan juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tujuan dari olahraga ini sendiri adalah dengan menembakkan anak panah ke arah target pada jarak tertentu, Civs. 

Awalnya, panahan digunakan oleh orang-orang pada zaman kuno sebagai alat untuk berburu dan juga perang, tetapi seiring dengan berjalannya waktu, olahraga ini kemudian berkembang sebagai salah satu cabang olahraga.

Menurut World Archery, kompetensi panahan  pertama kali berlangsung di Inggris, tepatnya di kota Finsburry pada tahun 1583. Saat itu, pesertanya mencapai 3.000 orang. Baru lah pada tahun 1900, panahan menjadi cabang olahraga di Olimpiade. 

TAHAP PERSIAPAN

Nah, buat lo para Civillions yang tertarik untuk mulai masuk ke dunia panahan, apa aja sih yang harus disiapin?

Pertama, pastinya lo harus punya busur panah, Civs. Masa iya, mau main panahan tapi lo malah nyiapin raket. Untuk jenis busur panah sendiri ada beragam nih, yakni recurve, long bow, dan juga compound. Selain nyiapin busur panah, lo juga harus nyiapin anak panahnya. Anak panah ini sendiri ada yang terbuat dari kayu, aluminium, karbon, sampai kombinasi dari karbon dan aluminium. Yang terakhir yang harus lo siapin adalah target. Seperti yang udah gue jelasin di atas, olahraga panahan adalah olahraga yang bertujuan untuk menembakkan anak panah  ke arah target. 

Target merupakan sasaran yang biasanya berbentuk lingkaran, di bagian tertentu juga terdapat poin untuk menentukan skor tembakan. Dalam Olimpiade, para atlet diharuskan membidik target dari jarak 70 meter, tapi untuk pemula jaraknya bisa lebih pendek dari itu, Civs. Selain ketiga alat utama tersebut, lo juga sebaiknya menyiapkan peralatan pendukung seperti pelindung dada (bracer), tempat anak panah (quiver), dan juga pelindung jari (finger tab)

PERBEDAAN BUSUR

Sebelum memutuskan untuk mencoba panahan, lo pasti udah pernah iseng-iseng cek harga busur di marketplace. Kalo kita perhatiin, biasanya ada dua jenis busur yang biasa digunakan, yakni busur recurve dan compound bow. Pebedaan keduanya sekilas sangat berbeda, Civs. Perbedaan utamanya pada busur jenis recurve lebih sederhana dibandingkan dengan busur jenis compound. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut, yuk, Civs.

1. Busur Recurve

Busur jenis ini adalah yang paling sederhana, Civs. Untuk pemanah pemula, biasanya busur ini terbuat dari kayu ringan berbentuk bingkai dan memiliki satu string, yang mana string ini jauh lebih pendek daripada string yang digunakan dalam busur panah. Ujung kurva busur recurve mengarah ke target sehingga dapat lebih memberi kekuatan saat ditarik. Akan tetapi, jika busur memiliki bingkai yang besar, maka semakin sulit untuk ditarik.

Untuk bobotnya, busur jenis ini lebih ringan dibandingkan dengan jenis compound. Karena bentuknya yang sederhana, sehingga untuk perawatannya sendiri lebih mudah, Civs. Tapi, walaupun bentuknya sederhana dan terbilang lebih murah untuk pemula, busur ini bisa jadi mahal kalo mengalami kerusakan atau patah. Karena biaya untuk memperbaikinya agak mahal. 

Selain itu, busur ini punya kelemahan juga loh, Civs. Untuk pemula banget harus banyak-banyak berlatih, soalnya gampang buat capek karena diperlukan tenaga yang besar untuk dapat tarikan besar dalam menembak target. Usahakan cari busur recurve yang ringan dulu ya, Civs.

2. Busur Compound

Jenis busur ini menggunakan sistem katrol untuk mengurangi ketegangan saat menembakkan anak panah serta membuat string lebih longgar, sehingga memudahkan pemanah untuk menembak secara akurat. 

Busur ini sendiri dibanderol dengan harga mulai dari $300 atau sekitar 4,5 juta jika dirupiahkan. Harganya sendiri bisa lebih mahal, tergantung sama bahan dan kualitasnya, Civs. Akan tetapi, jika dibandingkan dengan busur recurve, perawatan pada busur coumpund jauh lebih murah karena yang diperlukan hanyalah penggantian sederhana aja. 

Kelemahan dari busur jenis ini terletak di ukurannya. Busur compound berukuran lebih besar dan lebih rumit dibandingkan dengan busur recurve. Artinya, lo perlu tempat penyimpanan yang memadai untuk menyiasati ketika dibawa kemana-mana. Tapi keadaan tersebut sebanding, kok, sama kualitasnya yang bisa dipake untuk jangka waktu yang lama, soalnya busur compound punya standar teknologi yang sangat tinggi. 

Dari perbedaan kedua busur di atas, apakah busur recurve lebih cocok dipake untuk pemula? 

Untuk pemula, disarankan untuk mencoba pake busur jenis recurve dulu, Civs. Soalnya kebanyakan tempat sewa busur, lebih banyak menyewakan jenis busur recurve. Busur compound juga sebenernya bisa kok meskipun busur ini lebih cocok untuk yang udah berpengalaman, tapi busur ini bisa menawarkan kita kemampuan beradaptasi dan pemanah pun nggak akan dibuat mudah capek ketika menggunakannya. 

TEKNIK DASAR BAGI PEMULA

Setelah mengenal jenis busur yang tepat untuk pemula, selanjutnya lo harus tahu teknik dasarnya, Civs. Kebanyakan orang menganggap enteng olahraga ini, tapi ternyata, panahan membutuhkan kekuatan, ketahanan, serta fokus. Berikut teknik-teknik dasar penahan biar lo nggak kaget pas mulai mainnya, Civs :

1. Sikap Yang Tepat

Pertama-tama, posisikan kaki ke arah tembakan anak panah. Hal ini menentukan arah tembakan lo ke sasaran. Buka kedua kaki selebar baru, kemudian posisikan kaki yang berada di bagian belakang tegak lurus 90 derajat dengan arah target.

2. Meletakkan Anak Panah

Setelah memastikan posisi dan sikap lo udah pas, letakkan anak panah pada sandaran yang terdapat pada busur. Tempatkan tali busur ke bagian berlubang di belakang anak panah sebagai tempat senar. Kemudian arahkan bagian fletching yang berbeda ke arah luar.

3. Cara Memegang Senar Busur

Posisikan jari tangan dengan benar saat memegang anak panah. Letakkan jari telunjuk ke bagian atas panah, sementara jari tengah dan jari manis berada di bawahnya. Ingat, pegangnya harus longgar untuk memudahkan saat menembak ke arah target.

4. Melepaskan Tembakan

Kapan waktu yang tepat untuk melepaskan tembakan? Tenang, jangan buru-buru, Civs. Sebelum melepas tembakan, fokus dulu pada gerakan otot tangan. Kalo dirasa target udah pas, lepaskan senar dengan mengendurkan jari-jari tangan. Jangan terlalu menyentak busur saat melepas anak panah, hal ini dapat membuat tembakan lo jadi meleset dari sasaran. Usahakan posisi tubuh tetap stabil.

Beberapa manfaat yang lo peroleh dengan bermain panahan yakni meningkatkan keseimbangan, koordinasi mata dan tangan, fokus, fleksibilitas, dan kekuatan tubuh bagian atas.

Meskipun menyenangkan, lo juga harus tetap memperhatikan risiko cedera yang mungkin bisa mengancam, Civs. Untuk itu, selalu persiapkan dengan matang dulu ya sebelum mulai mencoba olahraga yang satu ini. Lebih bagus lagi kalo lo punya instruktur yang berpengalaman, Civs. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Annisa Paramadina Rahmi

Mahasiswa nyambi freelancer