Sports

GA PERLU PAKE PATCH LAGI, KINI TIMNAS INDONESIA MUNCUL DI GAME eFOOTBALL 2023 SECARA RESMI

Game eFootball resmi update versi terbarunya, ada Tim Nasional Indonesia juga lho Civs. Mari kita simak.

title

FROYONION.COMKabar gembira untuk pecinta game eFootball 2023 khususnya di Indonesia, kabarnya game tersebut baru saja merilis update v2.1.0. Pada update-an teranyarnya tersebut, terdapat pemain-pemain dari tim nasional Indonesia.

Konami melakukan update tersebut pada hari kamis, 6 Oktober 2022. Dengan adanya update tersebut, maka masyarakat Indonesia terutama golongan anak muda pasti tidak sabar untuk memainkan eFootball.

Ini merupakan pertama kalinya eFootball menambahkan timnas Indonesia di game tersebut secara resmi. Hal tersebut tak lepas dari peran timnas Indonesia yang berhasil lolos ke Putaran Final Piala Asia 2023 mendatang.

Developer dari game eFootball 2023 yang sudah dikenal dengan nama Konami, rupanya memiliki Lisensi Piala Asia 2023 dan telah menjalin kerjasama dengan AFC.

Sebelumnya eFootball populer dengan nama Pro Evolution Soccer atau PES. Seperti diketahui, saat era PES masih merajai game di Indonesia, timnas Indonesia telah ada di dalam game tersebut, hanya saja itu merupakan sebuah patch tidak resmi, yang berisi Timnas Indonesia dan klub-klub Liga 1 Indonesia. 

Dalam patch tersebut, timnas Indonesia selalu menyertakan beberapa pemainnya di game pendahulu eFootball. Seperti yang diketahui, pada era PES 2019, terdapat nama Ryuji Utomo dan Terens Puhiri yang saat itu mereka bermain di liga Thailand. 

Pada tahun berikutnya, timnas Indonesia juga masih memiliki dua pemain yang muncul di PES 2020, yaitu Yanto Basna dan Victor Igbonefo.Tentunya sebuah patch tersebut juga merupakan karya-karya kreativitas dari anak-anak muda ya Civs.

Game eFootball ini juga merupakan salah satu game yang cukup tren untuk kalangan anak muda, karena banyak anak-anak muda yang kadang mabar dengan teman-teman mereka, selain itu game ini juga bisa dimainkan di mana saja, mengapa demikian? karena kalian juga bisa memainkan game ini dengan bebas melalui smartphone kalian masing-masing.

PEMAIN TIMNAS INDONESIA YANG BERADA DI GAME 

Pada saat eFootball melakukan update yang terbaru, sejumlah pemain yang dimasukkan ke dalam skuad Garuda merupakan pemain-pemain racikan dari pelatih saat ini yaitu Shin Tae Yong. Namun, karakter pelatih timnas Indonesia tersebut belum ada di eFootball versi terbaru, serta belum bisa diketahui apa penyebabnya. Mungkin saja, pihak developer belum mendapatkan lisensi dari sang pelatih.

Terdapat sekitar 23 pemain timnas Indonesia yang berada di game eFootball. Di antaranya adalah kiper andalan Nadeo Agrawinata, bek tangguh yang berkarier di Inggris yaitu Elkan Baggot, Asnawi Mangkualam, pemain lincah Witan Sulaiman, Pratama Arhan, Kambuaya, Syahrian Abimanyu, Marselino Ferdinan, hingga pemain naturalisasi Marc Klok.

Namun yang cukup mengejutkan, pemain timnas Indonesia yang saat ini bermain di liga Slovakia yaitu Egy Maulana Vikri tidak ada di daftar pemain game eFootball.

WAJAH PEMAIN DI eFOOTBALL 2023

Sebelum timnas Indonesia masuk ke game eFootball. Timnas Thailand sudah lebih dulu masuk ke dalam game tersebut. Saat itu konami sempat mengeluarkan kartu spesial untuk dua pesepakbola asal Negeri Gajah Putih tersebut, yaitu Kiatisuk Senamung dan Chanatip Songkrasin.

Namun, untuk timnas Indonesia, pada update yang terbaru ini hanya sekedar memunculkan dengan nama-nama pemain sesuai dengan line-up terakhir. Untuk wajah pemain masih belum asli, hanya ada satu foto asli di kartu pemain, yaitu Pratama Arhan. Eks pemain PSIS Semarang tersebut mendapatkan foto yang sesuai karena saat ini Arhan sedang bermain bersama salah satu klub Jepang, Tokyo Verdy.

Wajah pemain kelahiran Blora, Jawa Tengah tersebut juga baru dihadirkan sebatas kartu pemain saja, belum karakter in-game.

Selain dari segi wajah, secara penampilan jersey timnas Indonesia juga masih belum sesuai, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan belum menggunakan jersey terbaru mereka, karena Konami hanya memberikan jersey berwarna merah dan putih.

Konami juga sepertinya sedang dipusingkan dengan beberapa kendala yang muncul, karena ini merupakan proses transisi perubahan, dari yang sebelumnya PES ke eFootball.

Dari perubahan tersebut, terdapat beberapa tolakan dari gamers. Konami sepertinya akan lebih fokus untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dari eFootball.

Mengutip Liputan6.com, Bos IFeL yaitu Putra Sutopo mengatakan, “Untuk komunitas pasti tahu ya, bahwa eFootball ini sebenarnya untuk tahun ini banyak banget kendalanya. Transisi dari PES ke eFootball bisa dibilang tidak bisa diterima juga di komunitas karena masih banyak kekurangannya”.

“Komunikasi kami dengan Konami juga terhambat akibat update­ eFootball ini. Mungkin Konami juga masih fokus untuk memperbaiki game-nya, tetapi kami masih menjalin komunikasi. Namun, untuk kepastiannya kami masih belum tahu.” Lanjut Putra Sutopo.

UKURAN GAME eFOOTBALL 2023

Untuk Civilions yang ingin memainkan skuad tim Garuda di game ini, kalian bisa download eFootball di smartphone, PC, maupun console, (PS4, PS5, XBOX) secara gratis. Untuk pengguna smartphone, kalian bisa mengunduhnya di playstoredan App Store, dengan ukuran sekitar 2.9 GB (android), serta 3,4 GB (iOS). 

Sedangkan untuk perangkat lain mempunyai ukuran yang berbeda dan cukup besar, (PC 50GB), (PS5 39,75GB), (PS4 44GB), dan (XBOX 39,9 GB).

Gimana Civs? Makin penasaran untuk memainkan game ini? Ayo unduh dan mainkkan yaa, jangan lupa kalian buat mabar dengan teman-teman tongkrongan kalian, pastinya akan lebih seru lagi dalam memainkan game tersebut.

Semoga kedepannya juga akan ada perbaikan maupun update terbaru lagi yang dilakukan oleh konami, supaya karakter-karakter pemain timnas Indonesia pada game eFootball semakin banyak. Bukan hanya di kartu pemain, tapi juga pada karakter in-game-nya, sehingga pemain-pemain Indonesia bisa lebih banyak dikenal oleh seluruh penjuru dunia. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Yudha Persada

Seorang freelancer yang sedang mencoba mengembangkan skill menulis di Froyonion.com.