Sports

EVOS THUNDER BOGOR : AKANKAH DEBUTNYA BISA BERSAING DENGAN TIM BASKET BESAR LAINNYA?

Siapa yang tidak mengenal EVOS? Kalian para gamers pasti tau dengan Esport yang satu ini. Ternyata EVOS merambah ke ranah olahraga bola basket dan meluncurkan tim barunya bernama EVOS Thunder Bogor.

title

Nama Evos sudah berkibar di kalangan penggemar dan pelaku Esport. Tim mereka tersebar di Asia Tenggara mulai dari Indonesia, Filipina, Thailand dan Singapura. Tahun 2021 ini, Evos ingin mengulang sukses dengan tim bola basket Evos Thunder Bogor yang pastinya bermarkas di Kota Bogor, Jawa Barat.

Pada Rabu 12 Januari 2022 lalu, tim basket EVOS Thunder Bogor mengadakan grand launching yang diselenggarakan di Bucket List, Kota Bogor. EVOS yang sebelumnya telah sukses di kancah Esports Asia Tenggara ini, akan mengambil bagian dalam kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) 2022. 

Persiapan Evos Thunder Bogor ternyata sudah dilaksanakan sejak November 2021 lalu. Disaat itu pula EVOS Thunder Bogor merekrut ke tujuh pemainnya yang akan mengarungi kompetisi IBL 2022.

Di musim perdananya ini, 70 persen pemain EVOS Thunder Bogor diisi oleh pemain muda. Ada pula pemain asing dari Amerika Serikat, yakni Karamoko Sokroka Cisse dan Jaywuan D'angelo Hill.

Tim pasukan Andre Yuwadi ini diperkuat oleh beberapa pemain yang berpengalaman, beberapa diantaranya yaitu Daniel Timothy Wenas dan Tri Hartanto yang pernah juara IBL bersama Pelita Jaya Bakrie Jakarta. 

Diketahui bahwa Daniel Timothy Wenas adalah pemain yang berstatus pemain pinjaman dari Louvre. Diikarenakan Asean Basket League (ABL) 2022 belum diketahui kapan akan bergulir, maka dari itu ia dipinjamkan kepada EVOS Thunder Bogor.

Tetapi apakah EVOS Thunder Bogor akan bisa menyamakan performanya dengan tim basket besar lainnya? Mengingat EVOS Thunder Bogor juga termasuk tim basket jebolan baru dan baru mengikuti ajang IBL Tokopedia 2022.

IBL Tokopedia 2022 dijadwalkan bergulir pada 15 Januari 2022 sampai 29 Mei 2022. Kompetisi ini akan ada 6 seri yang diadakan di kota yang berbeda-beda. Adapun beberapa kota tersebut yaitu Jakarta, Bandung, Jogja, Solo, Surabaya, dan yang terakhir Denpasar.

Akan ada 16 tim di musim ini yang terbagi ke dalam 2 divisi, yakni merah dan putih. Evos Thunder Bogor sendiri masuk ke dalam divisi putih bersama Pelita Jaya Bakrie Jakarta dan Amartha Hangtuah Jakarta.

Pada seri pertama yang diadakan di Jakarta 15-22 Januari 2022 kemarin, Evos Thunder hanya memenangkan satu pertandingan saja melawan DNA Bima Perkasa Jogja dengan skor 51-32. Dengan begitu Evos Thunder Bogor menduduki nomor 10 di klasemen seri 1 IBL 2022 dengan points 5.

Pada seri kedua yang diadakan di C-Tra Arena Bandung, Evos Thunder Bogor memenangkan pertandingan melawan Pacific Caesar Surabaya dengan skor 70-64. Namun pada seri 2 ini sayangnya diberhentikan karena angka Covid-19 yang semakin tinggi.

“Dari pantauan harian terhadap perkembangan Covid-19 baik di lingkungan IBL maupun lingkungan di luar, manajemen IBL melakukan pertemuan dengan para klub dan memutuskan untuk lebih fokus terhadap keselamatan saat ini dan bagaimana formula terbaik untuk kelanjutan musim.” Kata Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah.

Sebelumnya seri ketiga IBL 2022 terjadwal dilaksanakan 10-16 Februari 2022, namun beberapa pemain dari klub IBL akan membela tanah air pada ajang qualifier FIBA World Cup di Arab Saudi dan Yordania, sehingga liga basket nasional tidak bisa berjalan bersamaan.

“Rencananya IBL 2022 akan kembali digelar Maret mendatang. Namun, karena pertimbangan, seri ketiga dilanjutkan di satu kota atau dengan sistem bubble terpusat.” Tulis akun resmi @evosthunder.id.

Akhirnya IBL kembali mempersiapkan format bubble terpusat seperti tahun 2021, akan tetapi belum diketahui akan terlaksana di kota dan tempat mana. IBL membutuhkan tempat pertandingan yang mempunyai kapasitas untuk 16 tim.

Dengan adanya pembatalan ini, EVOS Thunder Bogor memiliki kesempatan yang bagus agar bisa mempersiapkan performa yang lebih gahar lagi. Terlebih lagi tim besar seperti Pelita Jaya Bakrie Jakarta, Satria Muda Pertamina Jakarta dan Amartha Hangtuah yang cukup merepotkan bagi tim baru yang belum berpengalaman mengikuti IBL sebelumnya.

Menurut gue pribadi, gue belum yakin kalau EVOS Thunder Bogor bisa lolos dari fase reguler, mengingat tim ini berada dalam divisi putih bersama tim besar seperti Amartha Hangtuah Jakarta, Pelita Jaya Bakrie Jakarta, dan tim lainnya yang sudah berpengalaman pada aja IBL sebelumnya.

Bisa-bisa aja sih mengalahkan tim-tim besar tersebut, tapi balik lagi, performa dan keselarasan pemain juga akan menunjang keberhasilan tim. Walaupun EVOS Thunder Bogor baru memulai debutnya di IBL 2022 ini, gue rasa udah lumayan menjanjikan dengan dua kemenangan mereka di pertandingan sebelumnya.

Dilihat dari statistik pemain, Jaywuhan dan Karamoko tampil cukup apik dengan menyumbang masing-masing 14 points di pertandingan sebelumnya. Permainan apik juga ditunjukkan Daniel Wenas yang menyumbang 12 points, 6 rebound, dan 3 assist di pertandingan terakhir.

Adanya Daniel Timothy Wenas dan Tri Hartanto menurut gue juga cukup untuk memperkuat tim, apalagi pemain lainnya yang lebih muda dan stamina yang lebih mumpuni lagi. Gue harap setidaknya EVOS thunder bisa lolos dari fase reguler.

Semoga saja dengan situasi yang sekarang ini, kita senantiasa diberi keselamatan dan kesehatan Civs. Jangan kemana-mana dulu kalo nggak penting biar angka Covid-19 menurun lagi dan kita bisa nonton basket bareng-bareng. (*;/)


 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Dynasti Savira

Investor Reksadana, pro player Blossom Blast Saga, pegiat hidup monoton, dan penikmat seni tapi bukan air. Motto hidup : Semua masalah pasti akan berlalu, iya berlalu lalang.