Sports

DERETAN ATLET GEN Z PERAIH MEDALI DI ASIAN GAMES 2022

Beberapa atlet berikut namanya memang belum familiar di telinga kita tapi nyatanya mampu sumbangkan medali untuk Indonesia di Asian Games Hangzhou 2022.

title

FROYONION.COM - Dalam dunia olahraga, Indonesia telah memiliki catatan sejarah dengan berbagai prestasi gemilang yang telah ditorehkan oleh para atletnya di kancah Asia. Berlangsungnya gelaran Asian Games Hangzhou 2022 ini tentunya menjadi panggung besar para atlet Indonesia untuk berpartisipasi menyumbangkan medali bagi tanah air.

Dari banyaknya cabang olahraga yang diikutsertakan Indonesia, beberapa cabor yang diunggulkan, justru langkahnya terseok dan kesulitan dalam upaya menyumbangkan perolehan medali untuk Indonesia.

Tak disangka cabang olahraga “underdog” dan tidak begitu populer di tanah air, cabor tersebut malah mampu menyumbangkan perolehan medali untuk Indonesia.

Berikut adalah beberapa atlet dari cabang olahraga yang tidak begitu populer di tanah air, tapi mampu memberikan medali Asian Games 2022 yang membanggakan untuk Indonesia.

1. Muhammad Sejahtera Dwi Putra – Menembak

Muhammad Sejahtera Dwi Putra berhasil menjadi atlet Indonesia pertama yang meraih medali emas di Asian Games Hangzhou 2022 melalui nomor Shooting Men’s 10m Running Target dan Shooting Men’s  Running Target Mixed Run, sekaligus menjadi orang Indonesia pertama dalam catatan sejarah yang meraih emas dalam cabor menembak di ajang Asian Games.

Sempat paceklik selama 72 tahun dengan tidak pernah menyumbangkan medali emas dalam cabor menembak, tapi akhirnya Indonesia bisa membuktikan bahwa di Hangzhou China melalui Muhammad Sejahtera Dwi musim paceklik itu menjadi bersemi. Bahkan dalam dua hari beruntun pada 25 dan 26 September ia langsung memboyong dua medali emas sekaligus.

Bukan hanya medali emas saja yang ia dapatkan melalui cabor menembak tersebut, pria yang akrab disapa Tera juga menyumbangkan 2 medali perunggu bersama rekan setimnya di nomor Shooting Men’s 10m Running Target Team dan Shooting Men’s Team 10m Running Target Mixed Run.

2. Harris Horatius & Edgar Xavier Marvelo – Wushu

Tampil pada Selasa (26/09/23) di Xiaoshan Guali Sports Centre, giliran cabang olahraga Wushu yang menyumbangkan medali emas untuk Indonesia melalui Harris Horatius. Harris memastikan raihan medali emas tersebut setelah mencetak skor 9.756 di nomor Nanquan dan 9.750 poin di nomor Nangun.

Medali emas yang disumbangkan oleh Harris menjadi perolehan emas perdana di cabang olahraga Wushu sekaligus menjadi perolehan emas ketiga milik Indonesia di Asian Games Hangzhou 2022.

BACA JUGA: DAFTAR LENGKAP PEMAIN TIMNAS VOLI PUTRA INDONESIA UNTUK ASIAN GAMES 2022 DI HANGZHOU

Meski kala itu pada gelaran Asian Games 2018 Jakarta-Palembang ia harus puas di posisi kesembilan, tapi berkat kegigihan dan semangatnya yang tak pantang menyerah, ia berhasil meraih posisi terbaik di cabor Wushu tersebut.

Melalui cabor Wushu juga bukan hanya Harris seorang yang menyumbangkan medali. Edgar Xavier Marvelo yang menjadi salah satu atlet Wushu yang dikirimkan Indonesia juga berhasil menyabet medali perak di nomor Changquan dengan mengemas 9.786 poin pada  Minggu (24/09/23) di XSG Sport Center.

3. Sanggoe Dharma Tanjung – Skateboard

Torehan medali Asian Games 2022 berikutnya berasal dari cabor Skateboard. Skater terbaik berkebangsaan Indonesia, Sanggoe Dharma Tanjung tampil ciamik dan pulang membawa medali perak di cabang olahraga tersebut.

Atlet muda asal Bali ini kembali menyumbangkan medali perak lewat aksinya dalam bermain skate. Sanggoe mampu mencatatkan 200,63 poin yang menjadikannya berada di urutan kedua setelah kalah jumlah poin dari perwakilan tuan rumah.

Selama dua tahun berturut-turut dirinya mengikuti gelaran Asian Games, ia sudah mampu mengemas dua medali perak yang berarti untuk Indonesia. Keberhasilannya dalam menyumbangkan medali ia peroleh dengan latihan Skateboard secara otodidak yang ia mulai sejak dirinya berusia 5 tahun.

Seusai penampilannya, ia sangat berharap bahwa cabang olahraga yang ia tekuni ini mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah untuk adanya sebuah pelatnas jangka panjang. Sanggoe sangat yakin bahwa cabang olahraga skateboard ini bisa jadi lumbung medali untuk Indonesia kedepannya.

4. Amellya Nur Sifa & Jasmine Azzahra – Cycling BMX Racing

Prestasi berikutnya untuk Indonesia di ajang Asian Games 2022 disumbangkan oleh atlet perempuan milik Indonesia bernama Amellya Nur Sifa melalui cabang olahraga Cycling BMX Racing di nomor women's race.

Amel berhasil meraih medali emas setelah finish di posisi teratas dengan mampu mengalahkan atlet asal Tiongkok. Torehan ini menjadi medali emas keempat milik Indonesia di gelaran pesta olahraga terbesar Asia tersebut.

Melalui cabang yang sama, atlet perempuan Indonesia lainnya yang sekaligus menjadi rekannya saat berlaga, Jasmine Azzahra Setyobudi juga turut membawa pulang medali perunggu setelah mampu menyelesaikan pertandingan di posisi ketiga.  

Dengan hasil yang diperoleh dari kedua atlet ini tentunya ada sebuah usaha latihan yang tak kenal lelah dan strategi jitu yang diterapkan. Pada ajang yang sebesar ini untuk meraih kemenangan tentu tidaklah mudah. Mereka berdua telah membuktikan bahwa mereka mampu melewati rintangan yang rumit dan kompleks.

Dari beberapa atlet cabang olahraga yang telah bersikeras di atas, tentu masih ada lagi cabor lainnya yang turut andil dalam menyumbangkan medali untuk Indonesia. Namun yang jelas, sudah sepantasnya kita sebagai warga negara Indonesia harus bangga dan mulai peka terhadap cabor yang tidak begitu populer berkat hasil medali yang telah diraih untuk tanah air.

Walaupun mungkin pada awalnya atlet beserta cabang olahraga ini tidak begitu populer di Indonesia, harapannya tentu setelah mengikuti event besar ini, cabor yang tidak begitu populer bisa semakin banyak disoroti dan dijadikan motivasi oleh seluruh masyarakat Indonesia terutama bagi para calon atlet masa depan nantinya.

Harapan adanya dukungan dari para insan pemerintahan tentu akan menjadi sebuah acuan yang lebih lagi bagi para atlet yang berasal dari cabang olahraga yang tidak begitu populer ini. Ibarat tanaman yang terus dirawat dan disiram dengan baik, maka ia akan tumbuh mekar menjadi bunga yang harum. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Muhammad Tegar Rayandra

Mengaku akademisi komunikasi yang suka nulis sana-sini. Suka content writing dan public speaking.