Sports

ALASAN KENAPA KALIAN HARUS SESEKALI NYOBA OLAHRAGA SKATEBOARDING

Pengen nyoba skateboarding tapi modal cekak? Simak tipsnya di artikel, Civs.

title

FROYONION.COM - Hari gini rasanya ketinggalan deh kalau ga tau olahraga yang udah dikenal sejak era-90 an itu. Olahraga itu adalah skateboarding yang arenanya biasanya ada di setiap sudut kota meskipun selalu aja bolong-bolong karena semen yang tidak merata dan beton yang mungkin tidak sesuai standar.

Skateboarding adalah canduku mulai setahun lebih ini karena video part dari salah satu skater dari Indonesia yang enjoy meluncur dengan papannya yang selalu gonta-ganti karena endorse-an yang begitu ngacir. 

Tapi tidak denganku yang hanya bermodal papan fullset dari hasil ngumpulin uang saku, yang sekarang udah coak sana-sini akibat pemakaian yang kelewat sering.

Tapi kurasa skateboarding dan anak muda sepertiku adalah hal yang sesekali kalian wajib coba deh selain olahraga-olahraga yang lain. Mengapa demikian? Berikut alasannya.

1. BERJUMPA KAWAN BARU (HOMIES)

Hal ini adalah kemungkinan yang tidak dapat dihindari deh ketika kalian main karena ketika kalian main di skatepark pasti akan ada teman mabar. 

Kalau dalam bahasa slang bisa disebut homies yang bersebelahan denganmu yang tak segan mengulik berbagai macam trik entah yang udah kelewat jago atau hanya sekedar ollie-ollie manja dan shove it aja. Itu biasanya kalau nggak ngobrol kan pakewuh juga euy. Nah, dari situ kamu mungkin saja bisa dapat kenalan dari permainan papan ini.

2. BELAJAR DARI KEGAGALAN

Tidak hanya bisnis saja yang harus gagal berkali-kali sampai kamu sukses. Di dalam skena skateboarding itu juga berlaku hal yang sama. Yang namanya jatuh, pasti sakit. Nggak cuman bokong, bisa juga kepalamu kalau di skateboarding. 

Ibarat bisnis, dalam skateboarding pun juga ada pesaing banyak lho. Misal teman-temanku yang begitu mudah dalam mengulik trik sementara aku cuman berkembang di ollie mulu sampai setahun lebih. 

Seperti diri ini yang trick basic saja belum kegapai semua. Trick basic itu salah satunya adalah ollie yaitu, membuat papan skate kita seperti melayang dengan kedua kaki kita. 

Percaya ga percaya dalam ngulik trik itu aja aku harus belajar setahun baru bisa lancar itupun belum variasinya misal nollie, north ollie, dsb. Sampai-sampai my homies seringkali jenuh liat trik ku yang itu-itu mulu wkwkwk.

3. PAPAN YANG AWETNYA NGGAK NGOTAK

Kalau dari segi hardware, papan skate itu adalah benda yang termasuk dalam benda paling kuat di bumi setelah Maell Lee versiku karena yaa, aku main selama setahun lebih ini dan bisa dihitung seintens 6x seminggu itu. 

Papan yang notabene dari kayu itu belum patah padahal udah dipakai ncot-ncotan oleh badanku yang begitu berat ini loh (49 kg). Coba kalau badanku dibuat ncot-ncotan pasti udah remuk pol. 

Tapi DISCLAIMER jangan sampai ya papan itu kerendem air, nanti takutnya bisa njeleput. Banyak loh orang di video part yang papannya nyemplung air mereka menampakkan ekspresi yang seperti ditinggalkan pacarnya yang begitu dicintainya.

4. BISA DAPETIN CEWEK DENGAN GAMPANG

Kalau ini katanya perspektif temenku cowok ya, konon katanya seorang skater itu jadi tambah keren di mata para gadis puber sebaya. 

Meski emang nggak selalu sih. Bagiku kalau pas ngeliat kita ngulik trik pasti aja jatuh melulu yang pasti membuat mereka agak ilfell dan mereka pasti mengucap dalam hati “Lah gitu doang, apa susahnya? Lebih susah dapetin akulah!” 

5. TERSEDIA BANYAK MACAM TEMPAT MAIN SKATEBOARD

Dimulai dari trotoar yang begitu rata dengan sedikit obstacle dari tutup gorong-gorong dan guilding block penyandang disabilitas bisa dibuat untuk sekedar nyolot alias ollie melewati objek tersebut. 

Nggak ketinggalan, pembatas jalan kepunyaan Dishub entah yang mengerucut atau yang berbentuk balok itu dapat digunakan untuk sekedar nge-slide dengan teknik ollie-mu. 

Kalau pengen lebih aman biasanya di kotamu masing-masing terdapat tempat bermain skate yang sudah disediakan a.k.a skatepark. Yang biasanya bolong-bolong karena suatu lain hal yang sudah saya sebutkan di bagian pembuka tadi.

6. OUTFIT APA AJA ASAL NYAMAN

Habis dari kantor dan ingin main skate, cukup pake pakaian kantormu yang udah basah ketiak dan celana yang agak gombrong sudah cukup tuh untuk dibuat main skate. 

Aku juga biasanya begitu cuman bedanya kalau aku habis dari sekolah langsung bawa papan dari rumah habis itu langsung cuss meluncur menuju spot terbaik di kotaku untuk memainkan permainan papan ini. 

Bebas kalian mau pakai apa aja, kaos belel juga nggak masalah, asal memudahkan pergerakan tubuh kalian selama bergaya di atas papan. Tapi siap-siap aja dihujat para homies wkwkwk. Maka dari itu pakailah pakaian yang sekiranya nyaman dengan kamu dan lingkungan.

Kalau beneran niat mau main skateboard, kalian bisa kok memulainya dengan cara meminjam papan dari temenmu dulu lalu ngumpulin uang dulu sedikit demi sedikit untuk beli satu per satu hardware-nya, karena sekali lagi harga papan fullset juga tidak murah. Harganya bisa di atas satu juta lebih atau kurang. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Roni Jonok

Pengangguran yang kebanyakan freelance, kalau lagi edgy bertransformasi jadi freelance yang kebanyakan nganggur. Bisa fotografi, videografi dan desainer grafis tingkat dasar sesekali nulis kalo lagi butuh duit.