Sports

5 REKOMENDASI KANAL YOUTUBE INDONESIA YANG MEMBAHAS SEPAK BOLA, SPORTY ABIS!

Berikut adalah rekomendasi kanal youtube yang membahas seputar sepak bola membuat wawasan kalian semakin luas dan semakin sporty!

title

FROYONION.COM - Platform digital industri tanah air sedang ramai-ramainya. Masyarakat dari beragam golongan dan latar belakang berlomba-lomba untuk memamerkan karya-karyanya ke dunia digital. Format yang sedang tren digunakan yakni podcast. Secara harfiah podcast sendiri memiliki arti sebuah hasil rekaman audio yang bisa didengarkan oleh khalayak umum melalui media internet kapan pun dan dimana pun. Kini, format podcast tidak hanya menyajikan audio saja, ia menampilkan ke dalam bentuk video juga.

Umumnya para konten kreator mengunggah karya-karya podcastnya ke platform digital streaming, youtube. Kenapa youtube? Sejauh ini hanya platform tersebut yang bisa menyiarkan video dengan durasi yang panjang. Durasi maksimal yaitu 12 jam. Wow! Akan tetapi tidak semua kreator memiliki izin untuk mengunggah video dengan durasi yang begitu panjang.

Pembahasan yang disajikan oleh para kreator pun beragam. Mulai dari gosip, politik, isu-isu terkini, pop culture, musik, olahraga dan masih banyak lagi. Melalui tulisan ini, penulis ingin merekomendasikan kanal youtube yang membahas sepak bola buat para sobat sporty! Simak sampai tuntas, ya!

1. Sport77 Official

Kanal yang sudah dibangun sejak 29 September 2017 sudah meraup 317 subscriber dengan total 419 video yang sudah ditayangkan. Mereka menyajikan dua program utama yakni Obrolan Bola dan Sportcast77. Obrolan Bola yang dipandu oleh Riphan Pradipta, Apta Pradhana, Mozaik Al Isamer tayang setiap hari jumat dengan fokus membahas isu sepak bola indonesia.

Sedangkan Sportcast77 mengupas secara mendalam narasumber dengan beragam latar belakang terkait perjalanan hidupnya dan bagaimana proses awal mereka mengenal sepak bola.

Dengan opening khasnya, “Kami adalah podcast sepak bola terbaik mengalahkan Regista, Pandit Football, Box2Box, Jebreet dengan awardingnya, Just Talk,” ujar Mamat Alkatiri yang didampingi oleh Riphan Pradipta. Apakah kalian setuju dengan pernyataan Mamat tersebut?

2. Box2Box Indonesia

Box2Box Indonesia yang menjadi salah satu Podcast Network terbesar di Indonesia dengan total 50 podcast, yang tumbuh di aplikasi streaming spotify. Tak berhenti di situ, mereka turut aktif ikut meramaikan dunia youtube melalui kanal Box2Box Indonesia dengan dua program andalannya yaitu Box2Box Football Show dan Unbox.

Sebelumnya, Unbox membahas insiden dan fakta unik yang terjadi di jagat sepak bola. Kini, mereka berganti format membahas tentang basket dan ruang lingkupnya dengan narasumber kredibel di bidangnya.

Box2Box Football Show sendiri membahas isu-isu yang menjadi buah bibir dalam beberapa waktu ke belakang terkait sepak bola luar negeri. Dengan sudut pandang dan gaya khas para host seperti Jerry Arvino, Tio Utomo dan Rossi Finza.

3. JEBREEETmedia TV

Jika kalian penonton setia tim nasional Indonesia, tentunya sudah tidak asing dengan jargon “JEBREEET”. Yap, sosok dibalik jargon khas tersebut ialah Valentino “JEBREET” Simanjuntak. Pria kelahiran 11 Juli 1982 dikenal sebagai seorang presenter dan komentator. Petualangan sebagai sportcaster yang sudah malang-melintang di berbagai stasiun tv nasional, turut membawa dirinya berani membangun suatu media baik secara online ataupun offline di bidang olahraga.

JEBREEET media hadir mewarnai industri olahraga di tanah air, bahkan tak tanggung-tanggung mereka menyelenggarakan ajang penghargaan untuk mengapresiasi orang-orang yang berjasa di bidang olahraga.

Di dunia digital, terkhusus youtube kanal mereka menyajikan dua program acara yakni DPI (Dewan Pundit Indonesia) & Depdagri (Dewan Pundit Dalam Negri). Menggunakan format diskusi yang dipandu oleh satu pembawa acara wanita ditemani oleh pundit-pundit kenamaan Indonesia. Adapun, DPI membahas rekap hasil pertandingan sepak bola dunia selama seminggu sedangkan Depdagri membahas isu sepak bola indonesia.

4. Pandit Football Indonesia

Sebelum industri youtube ramai seperti sekarang, nama besar pandit football sudah meruak lewat analisis mengenai pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya. Kini, mereka menyajikan juga audio dan video lewat kanal youtube mereka yakni Pandit Football Indonesia. Pembedanya dengan yang lain, mereka memberikan tips dan trick mengenai game Fantasy Premier League.

5. Registaco

Hingga tulisan ini dibuat, terpantau kanal YouTube mereka sedang tidak aktif. Terakhir video yang mereka unggah pada tanggal 16 Mei 2023. Coach Justin dan Pangeran Siahaan saling adu argumen mengenai isu sepak bola yang sedang hangat lewat program bertajuk The Pangeran and Justin Show. Sedangkan, satu program lain bertajuk The Timeline. The Timeline mengupas tuntas fakta-fakta unik sepanjang sejarah yang terjadi di dunia sepak bola.

Itulah kanal-kanal youtube yang membuat wawasan sepak bola kalian menjadi lebih luas dan tentunya menjadi lebih sporty! Dari rekomendasi kanal-kanal YouTube di atas, kanal youtube mana yang menjadi favorit kalian? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Aldila Cahya Alam

Membaca dan menulis seperti anak Punk