Potensi Diri

TIPS MENJADI PENGANGGURAN YANG MEANINGFUL BIAR WAKTU LO GAK TERBUANG SIA –SIA

Lagi nganggur dan merasa hopeless banget? Berikut gue kasih tips menjadi pengangguran yang meaningful biar waktu lo ga terbuang sia-sia.

title

FROYONION.COM - Menjadi pengangguran memang gak mudah. Pikiran diri sendiri yang selalu nanya “kapan ya?”, jadi terasa terburu-buru sama hidup. Belum lagi stigma negatif dari orang-orang sekitar.  

Bohong kalo ada yang bilang nganggur itu enak. Tapi bukan berarti pikiran negatif itu terus menerus menghantui sampai mengecap diri sendiri sebagai orang yang bodoh. Lo berharga kok, bisa bertahan sampai sekarang aja udah keren banget. So, coba pikirin lagi hal hal yang buat lo berarti. Menjadi manusia yang meaningful dengan pelan pelan berproses sambil menunggu hal baik itu datang.

Kalau kata lagu Tulus “Hidup sekali, jadi hiduplah kini”. Biar kehidupan pengangguran lo ga terbuang sia-sia, coba syukuri tiga waktu ini yang hanya bisa dinikmati pelan-pelan saat nganggur. 

WAKTU UNTUK MENGENAL DIRI SENDIRI

Sadar gak sadar, kita ini udah sibuk banget dari umur anak-anak. Dari TK, SD, SMP, SMA, sampai kuliah, gak pernah berhenti buat sibuk sama tugas sekolah, les, organisasi, dan lomba-lomba. Suka ga suka, kita harus mengikuti arus sekolah ini dengan baik biar masa depan gak suram, katanya. 

Kesibukan sekolah ini lah yang buat lo lupa sama diri lo sendiri. Mungkin ini juga alasan kenapa lo masih nganggur, lo dikasih waktu buat istirahat. 

Selama masa penantian ini, mungkin lo akan ngerasa down sampai overthinking. Tapi menurut Iqbal Hariadi di kanal YouTube-nya, menyebutkan masa 20-30 tahun ini emang masanya belajar dan pencarian jati diri. Jadi gak papa banget kalo lo masih ngerasa bingung sama hidup, karena sejatinya kita masih di masa pencarian. 

Di masa pencarian dan penantian ini, lo bisa lebih dalam mengenal diri sendiri sambil terus berproses. Lo bisa ngembangin diri sendiri yang mungkin selama ini ga bisa lo lakuin gegara sibuk sekolah, misalnya menggambar, belajar bahasa baru, menulis novel, merajut, dan kegiatan lainnya yang selama ini dikira gak penting. 

Selain itu, lo juga bisa menambah skill baru dengan ikutin course. Sekarang banyak loh yang nyediain course gratis, bahkan ada juga course intensif buat lo yang emang pengen serius mendalami suatu bidang. Siapa tau bisa jadi peluang karir yang bagus ke depannya, kan?

Pokoknya di masa pengangguran ini, lo coba banyak hal dan gagal sebanyak-banyaknya. Percaya deh, dengan kesibukan baru lo buat nambah skill baru, hobi baru, bahasa baru, bisa bikin lo lebih kenal sama diri lo sendiri. 

WAKTU UNTUK KELUARGA

Mungkin selama lo sekolah, waktu lo emang 24 jam. Tapi waktu buat keluarga lo? Gak ada 50% nya. Kesibukan lo sekolah 12 jam, les, organisasi, hangout bareng temen-temen, dan hangout bareng pacar bikin lo lupa sama orang yang bener-bener deket sama lo. 

Karena sejatinya orang yang bakal nerima lo saat lo terpuruk pengangguran gini siapa? Siapa lagi kalau bukan keluarga lo?

Mungkin memang untuk saat ini lo ga bisa bantu dalam bentuk materi. Tapi dengan keberadaan lo di tengah keluarga, bantu untuk “hadir” ini bisa jadi quality time banget. Setelah kerja, mungkin lo ga bisa ngerasain ini lagi. 

Coba hal kecil untuk bantu orang rumah sehingga kehadiran lo benar-benar terasa berarti, misalnya pijitin orang tua. Buat dirimu meminimalisir kata “beban keluarga” dengan membangun momen momen penting selama jadi pengangguran. 

WAKTU UNTUK MENDEKATKAN DIRI PADA TUHAN

Proses pendewasaan memang berat ya? Makanya kita tidak pernah dibiarkan sendiri. Selalu ada Tuhan yang menemani. Dan saat masa pengangguran ini, lo dikasih waktu buat lebih deket sama Tuhan. 

Coba untuk tenangkan diri, dan berterima kasih atas segala hal yang telah diberikan kepada lo selama ini. Termasuk hari ini, saat lo masih nganggur dan ngerasa down banget. Tapi Tuhan ngasih lo nikmat sehat yang ga terhitung nilainya. “Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?”.

Sekeras apapun lo mencoba, tapi kalo kata Tuhan “belum waktunya”, ya gak bakal jadi milik lo juga. So, pelan-pelan untuk menerima setiap hal yang terjadi pada lo, berterimakasih atas nikmat yang gak pernah absen. Jangan pernah lelah untuk terus berusaha dan berdoa. Sabar ya, pelan-pelan aja!

Menjadi pengangguran ternyata ga seburuk itu kok. Terima diri lo sendiri, hargai orang orang di sekitar lo, berterima kasih sama Tuhan adalah kunci kebahagiaan sesungguhnya. Lo keren banget udah bertahan sampe tahap sekarang, sabar ya, sebentar lagi sampe kok! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Oka Riyana Sari

Suka menulis, membaca, memasak, dan melakukan hal random lainnya.