Potensi Diri

TEMAN-TEMAN UDAH PADA NIKAH, TERUS LO HARUS NGAPAIN?

Seperti kata pepatah, “Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing”. Begitulah keadaan kita kalo lagi bahas tentang teman atau sahabat, yang segala kegiatannya selalu dilakuin bareng.

title

FROYONION.COM - Buat lo pada yang udah umuran 20 ke atas, pasti lo mulai menyadari “ehh kok temen-temen gue udah pada nikah aje ya?”, kondisi kaya gini bakalan jadi makanan lo di tahun-tahun ini, di mana lo ditinggal nikah sama para sahabat yang dulu sering makan bareng di warteg, ngerjain tugas sekolah atau kampus di kost-an, juga sampai nge-warnet bareng sambil bolos pas jam kuliah. Pengalaman gue pribadi, setiap dua minggu sekali pasti ada aja teman yang ngasih undangan, buset, ini undangan nikah apa kloter vaksinasi Covid?

Percaya deh, nggak cuma lo sendiri yang ngerasain hal ini. Kebanyakan anak umuran 23 tahun pas lagi wisudaan bukannya seneng udah lulus, ehhh malah ngerasain momen yang bikin rada sedih. Nantinya lo bakal dihadapkan sama kenyataan  sahabat-sahabat lo mulai susah ngejawab japri-an WhatsApp, mulai jarang log-in game online, apalagi ngobrolin teori konspirasi jam 3 subuh. Ilang deh kebiasaan-kebiasaan lama kalian yang  dulu susah-senang dilalui bareng-bareng, dan sekarang udah makin sibuk sama urusan masing-masing, salah satunya ya nyiapin buat pernikahan.

Ya namanya juga hidup yak, teman nggak akan selalu berjalan bareng-bareng. Kelar sekolah atau kuliah pastinya bakalan lebih fokus ke diri sendiri, mulai dari ngurusin gawean, ngebangun dinasti bisnis sendiri, sampai mulai pada seriusin pacarnya masing-masing yang pas masih ngampus dulu selalu diajakin main Uno di kost-an si cowok (katanya sih gitu).

Terkadang juga, istilah “Nikah Muda” malah berkembang jadi stigma negatif di negara tercinta kita. Masih banyak orang-orang yang berpikiran bahwa nikah di usia muda cuma buat ngindarin zinah aja. Nah, jangan sampe deh lo mikir gini! Urusan hidup orang lain kita nggak ada yang tahu, yang kita tahu adalah sekarang lo lagi galau kenapa teman-teman udah pada nikah, gitu kan?

Pada dasarnya, keputusan teman-teman lo yang pada cepat nikah bisa diartikan bahwa mereka udah cukup mateng secara finansial, or at least udah punya modal nikah berupa rumah atau kendaraan pribadi. Lagian, udah cukup banyak kok anak-anak muda lokal yang mutusin untuk cepat nikah karena mereka udah punya stable income dan juga bisnis pribadi. So, ketimbang buka dating apps cuma buat ngatasin kegabutan, lebih baik mapanin diri dulu terus cari calon yang serius diajak nikah!

Kalo udah begini nih, lo pasti bakal bertanya-tanya, apa yang harus lo lakuin supaya hidup lo ga sesepi sarkem siang-siang pas lagi bulan puasa. Jangan sampai karena teman-teman lo pada mulai sibuk technical meeting sama vendor wedding, lo malah bingung tujuh keliling.

Mengikuti jejak teman-teman lo yang udah pada sukses menuju ke pernikahan, pastinya lo juga harus sukses juga dong biar bisa nyusul. Jangan bingung, ilangin pertanyaan-pertanyaan imajiner di kepala lo yang kadang malah bikin minder. Ketimbang isi kepala makin hectic, mendingan lo coba untuk pelajari dan pahami diri lo lebih dalem lagi agar jalan lo menuju kesuksesan lebih lancar.

Ningkatin self value dan self development udah jadi hal yang relatable dan penting banget di zaman sekarang lho, dan tentunya ini bagus buat mengasah soft-skill kita.

Sering-seringlah ikutan webinar dan online-course buat ngisi kekosongan waktu! Nggak susah kok buat ikutan webinar terus udahnya pindah room buat lanjut streaming nikahan online teman lo yang mau nikahan tadi. Jadi, ketimbang gabut dan kesepian karena sirkel udah pada nikah duluan dan susah diajak ngopi bareng, mending fokusin untuk ngembangin diri sendiri dulu, valid nih!

Dengan adanya self development itu, seiring berjalannya hidup dan juga adanya perkembangan positif yang terjadi di diri lo, semua hal pasti bakal berjalan menyesuaikan dan tentunya lebih baik juga, termasuk tentang kejelasan siapa calon mantu emak lo dan juga kematangan finansial buat nafkahin anak bini atau keluarga nantinya. Jadikan momen pernikahan teman-teman lo menjadi sebuah motivasi untuk bisa siap mental dan mapan finansial, dan yang penting ada calonnya juga ya.

BACA JUGA: EGO, PERSPEKTIF, DAN MAKNA PERNIKAHAN YANG BISA KITA AMBIL DARI FILM PENDEK ‘TAK LAGI SAMA’

foto anak muda yang minum bareng untuk menghadapi kenyataan teman mereka udah ada yang nikah duluan
Biasanya kongkow bareng, sekarang chat aja dibales lama banget. (Ilustrasi oleh: Artem Podrez, pexels.com)

Terus, meskipun teman-teman lo udah pada nikah, nggak ada salahnya buat lo coba untuk bikin reuni kecil-kecilan, pastikan aja mereka pada punya waktu kosong bareng. Lumayan, itung-itung pas nongkrong nanti lo dapet insight tentang dunia pernikahan dari mereka. Jadi, lo bisa lebih bersiap untuk ke depannya. Oiya, pastiin juga teman-teman lo pas reuni nanti pada nggak bawa anak-bini masing-masing ya, takut lo dikira bapak-bapak yang lagi nongkrong sama para anak dan mantu-mantunya.

Jadi, ketika sahabat udah pada bahagia punya anak bini, kita tentunya harus ikutan bahagia juga. Sahabat yang tiap harinya pas di kampus sering nyusahin, ehhh sekarang udah punya anak bini. Kebahagiaan sahabat adalah kebahagiaan lo juga, so, cherish the moment, dong!

Buat lo pada yang sekarang masih sekolah dan baru kuliah, gue mau pesen sesuatu ke kalian, baek-baek ama teman! Nikmati semua momen yang dilakuin bareng mereka untuk sekarang, karena nanti kalo udah pada sibuk masing-masing tentunya bakal lebih susah ketemu ataupun sekedar ngobrol.

Inget, setiap orang punya waktu & pace-nya sendiri-sendiri, nggak perlu merasa ketinggalan atau FOMO ya. Hidup juga bukan persoalan siapa yang lebih cepat nikah duluan. Jadi, jangan sampai ada rasa iri, cemburu, apalagi galau yak pas teman-teman lo udah pada nikah, semua solusi ada pada diri lo masing-masing. 

Buat Civilions yang udah punya rencana nikah, udah pada mateng dan siap jiwa, raga, dan juga dana belom? Inget, pernikahan cukup sekali, jangan sampai nyeselnya seumur hidup ya, Civs. (*/)

BACA JUGA ARTIKEL SERU INI: RESMI MENIKAH, VIDI DAN SHEILA MALAH MENUAI CIBIRAN ATAS PERNIKAHANNYA YANG TERKESAN LAWAK

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Garry

Content writer Froyonion, suka belajar hal-hal baru, gaming, dunia kreatif lah pokoknya.