Esensi

SOUND HEALING: MENGENAL FREKUENSI SOLFEGGIO UNTUK KESEHATAN MENTAL

Pernah denger soal 'sound healing' dan manfaatnya buat kesehatan mental manusia, Civs? Di sini saya bahas soal frekuensi solfeggio sebagai salah satu metode penyembuhan melalui suara yang patut dicoba anak-anak muda kreatif kayak lo.

title

FROYONION.COM - Apa itu frekuensi solfeggio? Itu adalah serangkaian nada musik elektromagnetik–yang berasal dari sejarah kuno, dan dikatakan sebagai suara mendasar yang digunakan dalam agama Kristen Barat dan agama-agama India Timur, yang konon, digunakan oleh para biarawan Gregorian saat mereka melantunkan mantra dalam meditasi dan dalam nyanyian Sansekerta India kuno.

Ditemukan kembali pada tahun 1974 oleh Dr. Joseph Puleo–seorang psikolog dan peneliti dari Amerika: Frekuensi Solfeggio ini, dikatakan sangat menembus pikiran sadar dan bawah sadar, membantu pikiran dan tubuh kembali ke keseimbangan dan merangsang penyembuhan–atau  "healing", sebuah kata bahasa Inggris yang menjadi populer atau tren anak muda Indonesia.

FREKUENSI SOLFEGGIO DAN MANFAATNYA

432 HZ

Banyak alat musik kuno dibuat untuk penyetelan 432 Hz dan, sebelum pertengahan abad ke-20, 432 Hz adalah standar penyetelan instrumental, dan memberi kita efek yang begitu menenangkan.

Sebuah studi double-blind dari Italia menunjukan bahwa musik yang disetel ke 432 Hz memperlambat detak jantung. Frekuensi ini mengisi pikiran dengan perasaan damai dan kesejahteraan, menjadikannya pendamping yang sempurna untuk yoga, olahraga ringan, meditasi, dan tidur.

528 HZ

Sebuah studi tahun 2018 dari Jepang, menemukan bahwa musik yang disetel ke frekuensi 528 Hz secara siginifikan mengurangi stres dalam sistem endokrin dan sistem saraf otonom–bahkan setelah hanya lima menit mendengarkan.

Dan dalam sebuah penelelitian yang diterbitkan dalam Journal of Addiction Research & Therapy, frekuensi 528 Hz mengurangi efek toksik etanol, bahan prinsip yang ditemukan dalam minuman beralkohol, dan pada sel. Yang lebih mencengangkan adalah bahwa frekuensi ini juga meningkatkan kehidupan sel sekitar 20 persen.

Efek yang memberi energi dan penyembuhan dari musik yang disetel ke 528 Hz menjadikannya musik latar yang ideal kapan saja kamu merasa perlu untuk bersantai.

BACA JUGA: INILAH JUMLAH JAM KERJA IDEAL UNTUK MERAWAT KESEHATAN MENTAL

396 HZ

Musik yang disetel ke 396 Hz dapat membantu menghilangkan ketakutan bawah sadar, kekhawatiran dan kecemasan. Bisa juga dapat membantu untuk menghilangkan perasaan bersalah dan keyakinan negatif bawah sadar yang menghalangi jalan untuk mencapai tujuan pribadi.

Mendengarkan musik yang disetel ke frekuensi ini sangat membantu ketika kamu ingin merasa lebih terangkat, aman, dan memberikan kekuatan pada tujuan dan impianmu.

639 HZ

Frekuensi 639 Hz membantu menyeimbangkan emosi dan meningkatkan suasana hati. Juga mengembangakan komunikasi, cinta, pemahaman, dan membawa harmoni ke dalam hubungan interpersonal.

Musik yang disetel ke 639 Hz sangat sempurna ketika kamu membutuhkan dorongan cinta dan kepositifan yang signifikan atau sedang berkonflik dalam hubungan.

741 HZ

Frekuensi 741 Hz membantu pemecahan masalah, membersihkan tubuh, dan ekspresi diri. Juga membantu untuk membangkitkan intuisi dan mengembangkan hidup sederhana dan murni.

Frekuensi ini sangat ideal jika kamu berjuang untuk menjalani gaya hidup sehat, mengekspresikan kreativitas, atau mengatakan suatu kebenaran batin kamu sendiri.

852 HZ

852 Hz adalah frekuensi yang bisa membantu menggantikan pikiran negatif dengan yang positif, dan membuatnya ideal ketika kegugupan atau kecemasan menjatuhkanmu. Juga bisa membantu dalam kebangkitan intuisi dan kekuatan batin.

Kamu bisa menikmati frekuensi ini jika kamu ingin berkomunikasi dan hidup selaras dengan Diri tertinggi kamu di batinmu. Saya sendiri mendengarkan frekuensi ini, dan mendengarkannya setiap malam, untuk menemani saya membaca buku atau menulis atau meditasi.

Sekarang, cobalah. Mungkin ini hal baru untukmu. Kamu bisa menemukan banyak di spotify atau di YouTube rekaman frekuensi solfeggio yang disetel ke tingkat Hz yang berbeda–dengan manfaat yang berbeda pula, dengan menulis keyword "Solfeggio Frequencies", dan mulai menikmati efek penyembuhan unik dan menenangkan dari frekuensi Solfeggio ini.

BACA JUGA: SINGING BOWL: ASAL USUL, FUNGSI, DAN KAITANNYA DENGAN PAWANG HUJAN

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Akim Mahesa

Founder akun jasa curhat @curehead.id, freelance copywriter, dan penulis buku "Selain Berengsek Hidup Ini Penuh Hal Paradoks