Potensi Diri

RUTINITAS MALAM YANG BIKIN KAMU PRODUKTIF DAN KREATIF

Waktu malam lo habis cuma untuk scrolling ga jelas di medsos? Nih beberapa pilihan rutinitas yang bisa lo lakuin buat melejitkan potensi diri lo, Civs.

title

FROYONION.COM - Rutinitas merupakan suatu kebiasaan yang dilakukan secara berkala untuk mengisi hari-hari luang maupun rutinitas yang dalam keseharian. Mungkin untuk sebagian orang waktu malam adalah waktu yang tepat untuk beristirahat namun masih di kalangan milenial sekarang waktu malam menjadi kesempatan untuk melakukan kegiatan bisa jadi nongkrong atau sekedar mengisi waktu luang.

Rutinitas yang dilakukan pastinya harus bisa bermanfaat dan membuat harimu menjadi lebih bahagia. Biasanya nih rutinitas akan di lakukan pada pagi atau siang hari, tapi kalian pernah dengar nggak sih rutinitas malam. 

Yups buat kamu yang sering sulit tidur atau begadang khususnya para anak milenial nih pasti bingung buat ngisi kegiatan di malam hari selain scroll sosmed. Nah ketimbang bingung mending simak deh rutinitas malam yang bikin kamu produktif dan positif berikut ini :

BACA BUKU

Rasa-rasa nya nih kalau baca buku bawaan ngantuk, bener nggak?

Ini juga bisa jadi salah satu alternatif buat bisa tidur.

Baca buku di malam hari nyatanya akan lebih fokus karena keadaan yang lebih sunyi, tenang dan membuat pikiran lebih fresh. Tidak hanya itu kalian juga akan mempermudah mengingatnya saat menjelang pagi tiba, jadi cocok sih kalau mau sambil hafalan. Apalagi buat para mahasiswa yang masih sibuk skripsian atau nugas karena sumpek nggak nemu ide, bisa banget coba baca buku di waktu malam dengan keadaan sunyi dan tenang.

Buat yang nggak suka baca buku berbau ilmiah atau bacaan berat, seperti buku pelajaran atau buku yang setebal kamus bisa mulai mencoba membaca novel atau karya fiksi untuk memudahkan beradaptasi. seperti cerita-cerita ringan pengantar tidur atau kamu suka baca komik ? Bisa juga. 

Selain itu membaca buku bisa menambah wawasan tentang dunia, seperti kata pepatah buku adalah jendela dunia. Bisa diibaratkan kalau kamu baca buku setidaknya bisa memperoleh informasi mengenai yang ada di dunia ini. Bukan cuma itu baca buku dapat meningkatkan dunia literasi yang masih sangat kurang di indonesia. 

BUAT DAFTAR KEGIATAN BESOK

Punya jadwal super padat di hari besok ? Atau bingung nentuin jadwal kerja dan liburan, bisa kalian akali dengan membuat jadwal list untuk kegiatan esok hari. 

Jadi tujuannya agar semuanya terencana dan berjalan dengan baik. Tidak bertabrakan atau malah ada yang di cancel gara-gara masalah waktu yang tidak pas. Untuk meminimalisir semuanya tulislah jadwal rutinitas di malam hari sebelum tidur. Mulai kegiatan yang akan di lakukan dari bangun tidur sampai selesai semua pekerjaan. Menulis list juga bisa melatih kreativitas loh. Dengan menulis setidaknya bisa membuat otak untuk menemukan hal-hal baru atau melatih agar tidak malas. Hal tersebut sedikit demi sedikit akan membuat hidup lebih teratur dan tidak terburu-buru.

SKINCARE

Satu hal yang tidak boleh terlewat saat menjelang sebelum tidur adalah rutinitas skincare. Siapa nih yang suka skip skincare karena mager ? Padahal melakukan rutinitas skincare membuat kulit lebih sehat dan mengisi waktu luang sebelum tidur.

Skincare bukan hanya buat para cewek aja tapi cowok juga perlu inget ya. Rutinitas ini bisa menciptakan mood kalian lebih baik dan hati yang senang. Selain itu skincare dapat membuat wajah lebih segar di pagi hari yang akan menambah semangat kalian menjalani aktivitas harian. 

Mulailah rutinitas skincare dari cuci muka, toner, serum, masker wajah sampai menggunakan pelembab. Jangan lupa untuk memakai serangkaian body care juga supaya badan bersih, wangi, segar membuat tidurmu akan lebih nyaman dan nyenyak. 

MEDITASI

Meditasi adalah cara biar pikiran lebih tenang dan mengurangi stress atau penat setelah menjalani hari yang cukup melelahkan. Meditasi bisa menjadikan lebih fokus dan menyingkirkan pikiran-pikiran buruk.

 jadi meditasi bertujuan supaya mengurangi overthinking dan membuat jam tidurmu tidak berantakan. Cobalah sejenak untuk rehat pikiran dengan duduk di tempat yang nyaman, bisa di kasur mungkin lalu duduk bersila dan ambil nafas sembari memejamkan mata. Keluarkan nafas pelan-pelan, seolah buang beban pikiran yang mengganggumu. 

Hal tersebut akan membuatmu jauh lebih rileks. Meditasi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Bisa pagi atau bahkan malam yang terpenting carilah tempat meditasi sunyi, nyaman agar mencapai ketenangan pikiran dan hati.

DENGER MUSIK

Sedang galau atau harimu sumpek ? cobalah putar musik sebelum tidur.

Musik bisa dijadikan selipan rutinitasmu menjadi lebih baik.

Musik mampu membuat bebanmu sedikit terangkat, nada-nada yang ditimbulkan akan merangsang pikiran untuk tetap memikirkan hal-hal baik.

Sembari menyenderkan badan di bantal lalu dengarkan musik kesukaan. Buang pikiran negatif yang akan memicu overthinking di malam hari, pikirkan saja hal-hal yang positif untuk esok hari dan ke depan. 

Bahkan ada loh sebagian orang yang akan menangis saat mendengar musik sebab mereka menghayati arti dari lagu tersebut. Dengan menangis akan menumpahkan isi hati secara emosional menjadi lega. 

Pilihlah musik yang bernada melow atau slow agar bisa menjadi penghantar tidur. jangan lupa untuk selalu berdoa sebelum tidur, upaya tersebut bisa mendekatkan diri kepada sang maha pencipta agar selalu terlindungi dan dilancarkan untuk segala aktivitas esok hari. 

Jadi rutinitas mana yang sudah kalian coba ? Jangan lupa untuk selalu bahagia diri dan melakukan apa yang  disukai agar menjalani hari-hari indah setiap pagi. (*/)

BACA JUGA: 5 CARA MENULIS CREATIVE BRIEF UNTUK LO PEKERJA KREATIF

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Khanifah Auliana

Mahasiswi KPI di salah satu universitas Pekalongan. Hobi nulis, pingin jadi novelis, pebisnis dan dosen biar nggak bosen.