Potensi Diri

REKOMENDASI CO-WORKING SPACE BAGI PEGIAT INDUSTRI KREATIF

Butuh rekomendasi co-working space Jakarta untuk kebutuhan kerja? Nih beberapa rekomendasi tempat kerja yang nyaman bagi lo pekerja kreatif !

title

FROYONION.COM - Bekerja di era yang serba digital ini, memunculkan aktivitas yang membuat lo ga harus datang ke kantor dengan jam kerja yang ketat. Karena dengan bertebarannya para pelaku industri kreatif maupun anak-anak muda yang bergerak di dunia digital seperti Startup, ngebikin anak muda zaman sekarang bisa bekerja secara lebih fleksibel, nyaman, dan gak kaku dengan batasan jam kerja tertentu.

Di samping itu, sejalan dengan karakteristik anak muda yang gemar bekerja tanpa terikat oleh waktu dan tempat, dan cenderung suka memanfaatkan teknologi dalam bekerja serta berkomunikasi. Fenomena itu ngebikin para pelaku usaha berlomba-lomba memberikan dukungan dengan merintis sebuah tempat kerja bernama co-working space. Hadirnya co-working space ini tentu sangat berguna oleh masyarakat terutama bagi pelaku kreatif agar selalu produktif dengan suasana kerja yang kondusif.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak co-working space yang telah menjamur di berbagai tempat untuk menunjang kegiatan kolaboratif bagi masyarakat terutama anak-anak muda yang berkarir dalam dunia industri kreatif.  Pada artikel ini, gw bakal ngerangkum beberapa co-working space yang sangat cocok bagi anak muda industri kreatif dari berbagai daerah.

GREEN HOUSE


greenhouse.jpeg



 

Co-working space satu ini rekomendasi pertama dari gw buat lo anak muda yang butuh tempat untuk menghasilkan ide kreatif. Bertempat di Menteng, Jakarta Selatan, Greenhouse mengusung konsep kantor ala penthouse. Ngomongin soal ruangan? Lo ga usah khawatir, Civs. Karena Greenhouse punya kapasitas sekitaran 500 orang untuk kerja secara kreatif dalam ruangan berdesain hijau ala-ala taman gitu.

Yaa sesuai dengan namanya, Greenhouse punya langit-langit ruangan setinggi 9 meter dengan jendela transparan dan dipenuhi oleh berbagai pohon dan tanaman hidup yang bisa ngebikin suasana kerja lo adem plus segar, Civs.

Kalo lu kepengen ngopi, mereka juga menyediakan kafe yang siap menjadi tempat nyeruput lo. Selain itu, co-working space satu ini juga memiliki komitmen yang kuat dalam membantu pengembangan komunitasnya. Dengan berbagai event yang mereka adakan, lo bisa mengatasi kesulitan dalam mengembangkan bisnis atau relasi lo. Tertarik nyoba, Civs? 

BASE COWORK LOUNGE

WhatsApp Image 2022-09-25 at 18.32.18.jpeg

Buat lo yang kepengen suasana kerja plus formal layaknya pekerja kantoran, Base Cowork Lounge bisa jadi tempat  yang tepat buat lo pekerja kreatif. Co-working space yang berada di Jakarta Pusat ini bisa lo pake untuk ngadain event, gathering dan lain-lain.

Apalagi dengan fasilitas yang ajib dan lengkap, mulai dari loker pribadi buat jagain barang-barang lo, printer buat nyetak foto atau dokumen lo, hingga alat scanner pun bisa lo gunain sesuai dengan keperluan lo masing-masing.

Tempat ini cocok banget sih bagi anak muda kreatif yang sangat butuh tempat kondusif, terutama bagi para penulis. Karena di tempat ini lo juga bisa ngerasain perpustakaan dengan koleksi buku yang cukup lengkap, mereka juga menyediakan air minum seperti kopi dan teh gratis. Tempat ini bisa lo kunjungi di Jalan Sudirman Kav. 79, Jakarta pusat.

COHIVE SPACE


WhatsApp Image 2022-09-26 at 12.54.31.jpeg





 

Nah, rekomendasi ini cocok banget buat anak muda yang kerja di Industri kreatif, selain tempatnya yang nyaman, CoHive memiliki suasana kerja yang berbeda dari kantor. Dengan ruangan kerja yang semi-outdoor plus vertikal garden bisa ngebikin mata lo jadi seger.

Selain nyediain workspace dan ruangan rapat, CoHive juga memfasilitasi lo sleeping pod, hoverboard, ping-pong table, dan game room. Kurang apa lagi coba tempat satu ini? Dengan fasilitas yang begitu banyak lo dijamin gak bakal jenuh deh dengan pekerjaan kantor.

Fyi, CoHive udah punya 37 cabang co-working space yang tersebar di Indonesia kok, jadi gak perlu khawatir bagi yang bukan domisili Jakarta. Lo bisa langsung kepoin tentang lokasi atau harga sewa CoHive dari website resminya.

GOWORK


WhatsApp Image 2022-09-25 at 19.50.34.jpeg






 

Buat lo yang masih kebingungan buat dapetin tempat kerja yang enak, lo bisa nyoba untuk pergi ke GoWork. Karena co-working space satu ini tersedia dibanyak lokasi, yaitu Mega Kuningan, Senayan City, Setiabudi, Kemang, Fatmawati, Pondok Indah, dan bahkan juga tersebar hingga ke luar kota dan pulau seperti, Surabaya, Bali dan Medan.

Dengan mengusung konsep desain yang elegan dan mevvah, GoWork hanya membandrol harga sewa senilai 125 ribu per harinya. Gak cuman itu, bagi lo yang sedang bangun usaha dan butuh tempat kantor untuk kegunaan meeting dan kerja, mereka menyediakan kantor tetap untuk lo sewa.

Mereka punya fasilitas yang cukup lengkap, salah satunya fasilitas dedicated desk yang bisa memungkinkan lo untuk menempati ruangan kerja yang sama setiap hari agar lo ga perlu waktu lagi untuk beradaptasi. Jika tertarik, lo bisa kunjungi tempatnya sesuai dengan jarak rumah lo, GoWork buka setiap hari Senin sampai Jumat pada pukul 09:00 - 18.00 WIB. (*/)

TIER SPACE

WhatsApp Image 2022-09-26 at 12.53.49.jpeg

Rekomendasi terakhir dari gw ialah Tier Space, harga sewanya pas banget dikantong anak-anak mahasiswa yang kepengen nugas dengan suasana yang nyaman. Dengan gaya ruangan yang industrial minimalis, tempat ini banyak digemari oleh kalangan anak muda karena memiliki suasana nyantuy tapi tetep serius.

Lo bisa dapet beberapa jenis ruangan di Tier Space, mulai dari outdoor area, meeting room, lounge area, private suite, dan lainnya. Harga sewa yang mereka tawarkan pun sangat murah, yaitu 40 ribu. Untuk info lebih lengkapnya, lo bisa pantengin website resmi Tier Space.

Itulah beberapa rekomendasi co-working space yang bisa lo datengi sewaktu-waktu. Selain lima co-working space di atas, masih banyak kok tempat kerja yang tersebar di Indonesia. Saran gw, jika lo emang ingin nyari co-working space, hal pertama yang bisa lo pertimbangkan ialah pastiin lokasinya gak jauh beda ama tempat tinggal lo. Kemudian sesuaikan ama budget kantong lo, dan lakukan percobaan sewa beberapa hari dulu buat nentuin apa lo emang nyaman atau enggak dengan tempatnya.

Selamat mencoba, Civs! 


 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Bayu Dewantara

Mahasiswa UI(n) Jakarta, Content Writer, Civillion, Penulis buku antologi "Jangan Bandingkan Diriku" dan "Kumpulan Esai Tafsir Progresif"