Potensi Diri

MENGGAMBAR: DARI PENDONGKRAK KREATIVITAS HINGGA TERAPI KECEMASAN

Menggambar dapat dilakukan di mana saja, tentunya pada saat kita sedang santai, ternyata terdapat beberapa manfaat saat kita melakukan aktivitas ini lho Civs. Cekidot.

title

FROYONION.COMMenggambar menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan bagi kalian yang hobi menggambar. Kadang ada orang yang selalu berpikiran bahwa dia tidak bisa menggambar, padahal sebenarnya dia bisa, hanya saja dia kurang percaya diri saja.

Pada saat kita masih kecil, kita pasti suka mencoret-coret tidak jelas di kertas kosong dengan crayon, spidol ataupun pensil warna kita ya, Civs. Tentu hal tersebut sangat wajar karena kita melakukannya saat kita masih anak-anak. Namun, jika kita mau belajar, pasti kita akan berbakat dalam urusan menggambar.

Apalagi menggambar hanya membutuhkan unsur garis, bayangan dan coretan saja, jadi pasti semua orang akan bisa menggambar jika kita mau mengasahnya. Dengan kita mau mengasahnya, pasti kita bisa lebih kreatif dan inovatif dalam menggambar.

Sebagai anak muda, kita juga harus berpikir kreatif dalam menghadapi berbagai kegiatan, salah satunya adalah kegiatan menggambar ini. Dengan melakukan aktivitas menggambar yang jelas, nantinya akan membuat otak kita semakin kreatif, dan kemampuan menggambar kita jadi semakin bagus.

1. MENINGKATKAN KREATIVITAS

Menggambar sesuatu akan membuat otak kita semakin kreatif. Karena saat melakukan aktivitas menggambar, dapat memungkinkan kemampuan otak kita untuk berpikir dengan cara yang berbeda, serta bisa membuat pikiran lebih terbuka.

Dalam hal tentang pengembangan pribadi, bisa saja muncul melalui sketsa gambar yang kita gambarkan. Selain itu, menggambar juga bisa memungkinkan kita untuk berpikir kritis. Dengan begitu, maka akan menghasilkan wawasan baru dan pemikiran yang kreatif.

Menggambar merupakan salah satu karya seni, apabila kita semakin banyak membuat karya seni, maka akan menunjukkan bahwa kita merupakan anak muda yang kreatif. 

Menurut penelitian dari jurnal ilmiah Neurolmage pada tahun 2015, mengungkapkan bahwa mahasiswa yang belajar menggambar dan melukis benar-benar menjadi seniman yang lebih baik.

2. MEMBUAT FOKUS 

Saat menggambar, kita pasti menggunakan kedua otak kita, yaitu otak kanan untuk kreativitas, serta otak kiri untuk berpikir logis. Saat menggunakan kedua otak ini secara bersamaan, akan mengembangkan kemampuan otak kita untuk fokus serta bisa berpikir secara strategis.

Apalagi pada saat menggambar, kita memanfaatkan otak kita tidak hanya untuk melepaskan endorfin, tetapi membantu untuk membangun koneksi juga. 

Selain itu, menggambar juga perlu berkonsentrasi, supaya gambar yang kita buat bisa sesuai dengan apa yang kita harapkan. Kita akan lebih berkonsentrasi pada saat menggambar dengan serius.

Pada saat menggambar, pasti akan membutuhkan rencana yang baik, karena dalam menggambar, kita akan melakukan rencana apa saja yang akan dilakukan. Misalnya, apa yang akan digambar dahulu, warna apa yang akan digunakan terlebih dahulu.

Dengan memikirkan hal-hal tersebut, maka akan membuat diri kita untuk belajar menentukan rencana-rencana apa saja yang harus dilakukan terlebih dahulu. Hal ini dapat membuat otak kita berkembang dengan baik. 

3. SEBAGAI MEDIA MENGEKSPRESIKAN EMOSI

Pada saat menggambar, pastinya kita meluapkan apa yang ada di dalam isi hati kita pada sebuah gambar. Apalagi mood kita sebagai anak muda kadang-kadang juga akan berubah-ubah ya Civs.

Dengan beraktivitas menggambar, pastinya akan ada hal-hal yang tersampaikan saat kita menggambar sesuatu. Selain itu, kita juga bisa mengatasi mood kita dengan cara yang positif, yaitu dengan mengekspresikan emosi kita melalui sketsa-sketsa yang kita gambarkan di atas kertas putih.

Jika orang-orang yang suka menulis untuk mengekspresikan emosinya dengan cara menulis puisi melalui kata-kata yang ada di dalam hatinya, kita juga dapat mengekspresikannya melalui gambar.

Pada saat menggambar atau menulis, mood bisa sedang baik-baik saja atau malah sedang buruk, dengan begitu pasti akan tercipta karya seni yang berbeda-beda, tergantung dengan mood kita saat kita membuat karya seni tersebut.

4. MELATIH KESABARAN

Salah satu hal yang penting saat menggambar adalah “sabar”, apalagi untuk seorang pemula, kadang saat membuat sketsa gambar, pikiran mereka hanya bertujuan  agar gambarnya cepat selesai, kadang juga terburu-buru. Ini merupakan salah satu cara yang salah ya, Civs

Apalagi tidak semua pemula dapat menyelesaikan gambar mereka dengan hasil yang memuaskan, karena pasti perlu yang namanya belajar. Jadi, kita perlu menunjukkan rasa sabar kita, supaya gambar yang kita buat itu bisa menghasilkan gambar yang maksimal dan memuaskan, sesuai dengan keinginan kita. 

Bersabar dan nikmati proses yang sedang dilakukan, apalagi menggambar juga membutuhkan fokus dan konsentrasi yang baik, supaya gambar yang dibuat menghasilkan karya yang baik.

5. MENGURANGI KECEMASAN

Banyak orang yang mengatasi rasa cemasnya dengan melakukan healing, maupun yang lainnya. Namun, makna healing tidak selalu tentang jalan-jalan ya CivsHealing juga bisa dikatakan penyaluran hobi kita masing-masing, salah satunya menggambar.

Jika kita melakukan kegiatan menggambar dapat membuat perasaan kita senang, maka hal tersebut juga akan berdampak baik untuk kesehatan kita, karena dengan menggambar dapat membuat diri kita tidak cemas atau stress

Menggambar juga bisa membuat diri kita menjadi lebih rileks. Selain itu, menggambar juga akan membuat diri kita merasa lebih bahagia.

Nah Civs, sebagai anak muda Indonesia, kita juga berharap bahwa menggambar bisa menjadi salah satu wadah untuk perkembangan dunia kreatif di Indonesia. Apalagi saat-saat sekarang ini, menggambar juga sudah bisa melalui teknologi digital. Sebagai anak muda, hal tersebut juga semakin memudahkan kita untuk bisa lebih berkreasi, sehingga melalui karya seni menggambar ini dapat melahirkan bibit-bibit baru untuk industri kreatif di Indonesia. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Yudha Persada

Seorang freelancer yang sedang mencoba mengembangkan skill menulis di Froyonion.com.