Potensi Diri

MEDITASI BUAT NGUSIR ANXIETY

Buat mengatasi rasa cemas, kita bisa ngelakuin kegiatan yang bisa bikin kita lebih fokus ke masa ‘sekarang’ / be present, salah satu bentuk kegiatannya adalah meditasi.

title

FROYONION.COM - Civs, nggak kerasa ya, pandemi udah terjadi selama kurang lebih 2 tahun nih. Banyak banget hal yang terjadi ke masing-masing dari kita, dan rasanya segala hal kayak cepet banget berlalu.

Teknologi jadi salah satu sektor yang tetep berjalan dengan pesat meskipun dihantam pandemi. Contohnya aja kayak smartphone dengan fitur yang makin canggih dan masih terus dirilis setiap tahunnya meskipun banyak hambatan dari pandemi.

Nah, Civs, kalian tau nggak sih, kalo faktanya semakin banyak anak muda di negara kita yang menderita kecemasan akut dan bahkan depresi berat di zaman sekarang? Nggak cuma karena adanya COVID-19 aja, fenomena ini juga diperparah sama kemajuan teknologi yang pesat, jadi para millennials & Gen-Z ngerasa terlalu banyak ketidakpastian soal masa depan kehidupannya.

Perasaan gelisah dan cemas ini biasanya berasal dari kebiasaan generasi millenials & Gen-Z yang suka membandingkan dirinya dengan orang lain lewat media sosial. Sulit rasanya buat generasi muda untuk bisa settle secara mental dan nggak terpengaruh dengan pencapaian orang lain.

Menurut laporan dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI), sebanyak 64% dari total 1.522 responden riset mereka menderita gangguan  berupa kecemasan dan depresi. Gejalanya kayak rasa takut, khawatir yang berlebihan, gangguan tidur, juga rasa kewaspadaan yang terlalu tinggi.

Nah, anxiety (kecemasan) atau insecurity (perasaan tidak aman) sebenernya berkaitan erat sama keadaan diri & mindset kita dalam memandang sesuatu hal / kejadian tertentu. 

Buat mengatasi ini, kita bisa ngelakuin kegiatan yang bisa bikin kita lebih fokus ke masa ‘sekarang’ / be present, salah satu bentuk kegiatannya adalah meditasi. Kegiatan meditasi ini cocok sama semua jenis umur masyarakat, terutama buat generasi muda yang punya mobilitas yang tinggi dan kegiatan / kerjaan yang numpuk banget.

Manfaat meditasi tuh banyak banget, Civs. Buat kesehatan mental / emosional misalnya, meditasi diklaim bisa menghasilkan perspektif baru di keadaan yang ‘stressful’, meditasi juga bisa meningkatkan kreativitas dan imajinasi positif.

Buat yang lagi dalam keadaan sakit fisik, meditasi juga bisa membantu mengelola dan mengurangi gejala penyakit asma, tekanan darah tinggi, kepala pusing, juga penyakit jantung.

Meditasi juga terkadang suka disalahartikan sama kebanyakan orang. Banyak yang menganggap kegiatan meditasi ini butuh kondisi yang bener-bener hening tanpa gangguan suara, di tempat yang sepi, dan tanpa adanya kewajiban atau kerjaan yang lagi dilakuin.

Padahal, untuk ngelakuin meditasi tuh nggak perlu ribet-ribet. Cukup dengan duduk di kursi kerja / pas istirahat makan aja udah bisa kok untuk ngelakuin meditasi yang simpel. 

Elemen terpenting dari meditasi adalah fokus, pernafasan yang rileks, posisi duduk / tidur yang nyaman, dan keterbukaan diri.

Ada beberapa model meditasi yang bisa kalian coba sisipkan di kegiatan sehari-hari kalian, Civs. Untuk kalian yang punya mobilitas tinggi dan kerjaan yang numpuk, kalian bisa coba lakuin metode Mindfulness Meditation.

Mindfulness di sini punya arti ‘kualitas / keadaan sadar terhadap suatu hal atau kondisi tertentu’. Mudahnya, Mindfulness Meditation adalah metode yang berfokus ke kejadian yang lagi terjadi pas lagi meditasi. Contohnya, kita bisa fokus ke flow pernafasan diri sendiri, atau bisa fokus ke suara AC yang lagi bunyi kalo lagi di kantor, atau, yang paling simpelnya kita bisa fokus ke suara detak jantung.

Nah, metode ini bisa kita lakuin dalam jangka waktu tertentu, misalnya selama 5-10 menit. Metode ini cocok banget buat kalian yang susah fokus sama kerjaan, atau ketika lagi kerja / nugas terus suka banget terdistraksi sama hal-hal lain kayak notifikasi chat di HP dan hal lainnya.

Dengan Mindfulness Meditation, harapannya sih kita bisa balik fokus dan perhatian sama kegiatan yang kita lakuin setelahnya, karena terkadang kerjaan / tugas yang kita kerjain tuh nggak begitu sulit untuk diselesaikan, cuma kita aja yang kurang fokus dan commit sama kegiatan itu.

Model meditasi lainnya ada Mantra Meditation. Di metode ini, kita cukup mengulang sebuah ‘mantra’ di dalam hati, bisa pas lagi kerja, nugas, dan kegiatan lainnya. Mantra di sini artinya lebih ke penyebutan suatu kata atau frase, tujuannya supaya kita nggak terdistraksi sama pikiran-pikiran yang nggak penting.

Apa aja sih kata-kata yang bisa kita jadiin ‘mantra’? Umumnya, semua kata / kalimat bisa aja kita jadiin mantra, tapi kebanyakan sih kata-kata yang ‘calming’ gitu.

Untuk yang beragama Islam, dzikir juga merupakan salah satu bentuk mantra meditation, karena kegiatan dzikir mengandung pengulangan kalimat dan bertujuan untuk menghilangkan pikiran negatif.

Terakhir ada Guided Meditation, Civs. Sesuai namanya nih, untuk metode yang satu ini kita bisa minta bantuan dari orang lain. Guided meditation ini punya arti ‘Visualisasi terhadap tempat atau keadaan yang relaxing’, dan di metode ini kita bisa minta bantu sama orang lain untuk me-narasi-kan sebuah cerita yang sama relaxing-nya dengan imajinasi kita juga. Biasanya sih terapis / psikolog melakukan guided meditation buat membantu mengurangi kecemasan yang dirasakan client atau pasiennya.

Nah, dari sekian banyak jenis meditasi yang dah dijelasin, kalian bisa pilih metode yang cocok sama kesibukan kalian. Yang terpenting, kontrol emosi dan perasaan, dan berusaha untuk fokus ke keadaan ‘saat ini’ dan nggak terlalu membayangkan hal-hal yang belum tentu terjadi di masa depan.

Perasaan tentang uncertainty (ketidakpastian) akan masa depan emang udah jadi sebuah krisis tersendiri buat anak-anak muda zaman sekarang. Semakin banyak disrupsi teknologi yang terjadi di sekitar kita, maka semakin kuat mentalitas yang dibutuhkan buat bisa ikutan survive, Civs.

Selalu sempetin sedikit dari waktu kalian untuk ngelakuin kegiatan calming kayak gini ya, Civs. Produktivitas kerja / nugas dengan kesehatan mental itu 2 hal yang saling berkaitan lho. Jadi, pastiin kalian selalu perhatian sama diri sendiri demi kebaikan dan masa depan kalian sendiri.

Terakhir, gue mau tanya dong. Cara kalian mengatasi anxiety biasanya kayak gimana sih, Civs? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Garry

Content writer Froyonion, suka belajar hal-hal baru, gaming, dunia kreatif lah pokoknya.