Esensi

MAGANG MERDEKA: SATU SEMESTER MERDEKA DARI KELAS!

Magang adalah salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswa. Tentu persaingan buat mendapatkan tempat magang sangat sulit, apalagi buat magang di perusahaan ternama. Tapi lo nggak perlu khawatir, sekarang Kemendikbud RIstek Dikti memberikan beragam program yang bisa lo ikuti, salah satunya adalah Magang Merdeka!

title

FROYONION.COM - Pengen magang di well known company? Atau ada yang masih bingung mau magang di mana? Atau bahkan, lo belum tahu program-program magang?

Jangan khawatir civs! Sekarang ada beragam program menarik buat lo yang pengen belajar ini-itu, atau mau magang di perusahaan besar dan ternama!

Pada tahun 2020, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemendikbud Ristek Dikti) mengeluarkan program untuk mahasiswa di perguruan tinggi dengan nama Kampus Merdeka. Dalam program ini, mahasiswa diberi hak untuk mengambil mata kuliah di luar perguruan tinggi asal sebanyak 40 SKS (setara dengan 2 semester).

Nggak cuma bisa ambil mata kuliah lintas prodi atau universitas, Kampus Merdeka juga menawarkan beragam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bisa lo ikuti. Mulai dari kegiatan wirausaha, riset, pertukaran pelajar, dan masih ada beragam program lainnya.

Sekarang, ada kurang lebih 9 Program Kampus Merdeka yang bisa lo kepoin di websitenyakampusmerdeka.kemdikbud.go.id. Lo bisa pilih program yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan lo. Kalau lo lagi cari tempat magang, tentu Program Magang Merdeka jawabannya!

Karena program ini memiliki bobot sebanyak 20 SKS, lo berhak untuk meninggalkan kelas, alias nggak kelas satu semester! Jadi, lo bisa magang dengan maksimal tanpa terbebani tugas dan ujian dari kelas.

Tapi, kalau lo punya jatah 24 SKS, sisa 4 SKS tetap bisa lo ambil kok. Paling nggak, dengan ikut program ini lo nggak perlu pusing mikir tugas dan ujian dari beragam mata kuliah sambil magang.

Dalam pelaksanaannya program ini tidak hanya dikelola oleh Kemendikbud Ristek Dikti saja, perguruan tinggi juga menjadi salah satu pengelolanya. Maka dari itu, ada beberapa hal yang harus lo perhatikan dan pahami buat ikut program ini.

MAGANG MERDEKA: MITRA KEMENTRIAN

Di program ini, lo bisa mendaftar ke berbagai perusahaan mitra Kemendikbud Ristek Dikti. Jadi, buat lo yang punya impian magang di perusahaan besar, lo boleh coba untuk daftar di program ini. Untuk tata cara daftar dan ketentuan lainnya bisa lo baca di laman Kampus Merdeka.

Karena dikelola langsung oleh kementrian, seleksi dalam program ini dilakukan secara nasional, yang berarti persaingan cukup ketat. Tapi, lo juga diberikan kesempatan untuk apply magang di lebih dari satu perusahaan. Jadi kalau gugur satu, lo masih punya kesempatan di perusahaan lain!

Kalu lolos di program ini, lo berhak buat magang selama 4-6 bulan dan tidak menghadiri kelas, sebanyak 20 SKS. Tapi jangan lupa, lo punya tanggung jawab untuk menulis laporan dan sidang magang.

MAGANG MERDEKA: MITRA PERGURUAN TINGGI

Nah, buat lo yang mungkin ketinggalan pendaftaran Magang Merdeka yang diselenggarakan oleh kementrian atau lo belum lolos, lo masih punya kesempatan kedua!

Berbeda dengan yang dilaksanakan oleh kementrian yang proses seleksinya berskala nasional, di sini proses seleksi lo sedikit lebih longgar. Karena diselenggarakan oleh kampus, lo akan bersaing dengan teman satu kampus atau prodi. Tapi perlu diingat, lo cuma bisa apply di perusahaan mitra kampus lo.

Menurut yang udah gue jalani, di program ini lo akan lebih mudah dalam mencari dan mendapatkan lowongan magang yang selaras dengan jurusan lo. Di sini, kampus akan menyediakan mitra yang bisa kita jadikan untuk tempat magang dan terjamin kesesuaiannya dengan kurikulum program studi atau kampus lo!

Hak dan kewajiban lo tetap sama, yaitu melaksanakan magang selama 4-6 bulan, bebas dari kelas sebanyak 20 SKS, dan membuat laporan dan sidang magang!

Nah, buat info pendaftaran dan hal-hal lain dari program satu ini, lo harus sering-sering tanya ke dosen atau Kepala Program Studi lo. Karena kebijakan dan mitra dari tiap universitas pasti berbeda. Kalau gue tiap semester ada lowongan Magang Merdeka, belum tentu di kampus lo juga bakal ada. Jadi, rajin-rajin tanya ya!

KONVERSI MATA KULIAH

Ini dia yang jadi kekhawatiran besar calon peserta Magang Merdeka. Gue juga sempat cemas dengan kendala konversi, karena konversi SKS nggak asal dikonversi sesuai yang lagi lo ambil di semester itu. 

Sedikit tips dari gue, lo harus pelajari dulu jobdesc posisi yang lo incar di perusahaan tempat lo magang. Selidiki dan catat pekerjaannya, dengan begitu lo akan lebih mudah memprediksi mata kuliah yang bisa terkonversi setelah lo selesai magang.

Cek juga mata kuliah yang lagi lo tempuh di semester itu, supaya "bolos kelas" satu semester lo nggak sia-sia dan bisa terkonversi dengan maksimal! Prosedur konversi ini juga dijelaskan di laman Kampus Merdeka, kalau lo mau pelajari lebih lanjut.

Menurut gue, Program Kampus Merdeka adalah program yang menarik dan patut untuk dicoba. Dengan hadirnya program ini, kita diberi kebebasan untuk mengambil jalan hidup sendiri, nggak terkungkung di perguruan tinggi asal kita.

Dari program ini, lo bisa membuka kesempatan belajar lebih luas dan mencari pengalaman kerja yang menguntungkan, karena lo bisa magang dengan bobot 20 SKS. Jadi, sekali dayung, 2-3 pulau terlewati!

Semua informasi diatas gue tulis berdasarkan informasi dari laman Kampus Merdeka dan berdasarkan pengalaman pribadi gue. Jadi, gue harap lo juga konfirmasi dan cari tahu lagi ke prodi atau universitas lo. Karena sekali lagi, kebijakan dan program dari tiap kampus pasti beda.

Nah, gimana Civs? Tertarik buat ikutan Program Kampus Merdeka? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Arvy

Musisi kamar mandi, suka Reality Club dan 1975