Tips

LAW OF ATTRACTION BUAT ANAK MUDA YANG INGIN RAIH CITA-CITA DI TAHUN BARU

Mungkin lo dah pernah denger tapi belom pernah nerapin. Nih cara menerapkannya buat lo yang mau coba wujudkan cita-cita di tahun 2023, Civs.

title

FROYONION.COM - Pernah nggak sih, lo mendengar tentang law of attraction, Civs? Istilah ini merujuk pada hukum fisika yang mengungkapkan bahwa energi positif atau negatif yang ada di dalam pikiran akan menarik energi yang asalnya dari luar supaya bisa ikut hadir dalam pikiran lo.

Meskipun udah banyak penulis, akademisi, sampai influencers yang membahas topik tersebut akhir-akhir ini, namun sebenarnya konsep law of attraction sudah muncul sejak abad ke-19.

Dalam pandangan law of attraction, realitas pikiran merupakan inti manusia itu sendiri yang memiliki kekuatan sangat dahsyat.

Jadi, pikiran kita merupakan keajaiban terbesar yang ada di alam semesta dan setiap orang mempunyai harta menakjubkan tersebut dalam tubuhnya. Kita bisa mengendalikan atau mengarahkan pikiran kita sendiri untuk melakukan segala sesuatu yang dikehendaki, Civs. Misalnya, dengan merasakan emosi, semangat, gairah, intuisi, kecenderungan, suasana hati, hingga perilaku. Semuanya bisa terjadi di bawah kendali kita.

PIKIRAN DAN ALAM SEMESTA YANG TERKONEKSI

Setiap pandangan, spekulasi, atau opini  yang kita miliki bisa menciptakan aliran energi ke dalam diri atau di sekitar makhluk lainnya.

Jadi, energi ini akan menarik persamaannya. Dengan kata lain, kalau lo mikir diri lo bodoh, ya lo akan bodoh beneran. Kalau lo menganggap diri lo pembawa sial, ya hidup lo akan cenderung susah dan mengalami sial terus.

Lain halnya kalau lo membangun afirmasi yang positif, misalnya dengan mengatakan gue keren, gue capable, gue ahli negosiasi, gue mandiri, dan berbagai afirmasi positif lainnya.

Jika dilihat dari segi ilmiah, law of attraction menunjukkan sisi manusia sebagai pencipta masa depan dengan menggunakan kekuatan pikiran dan juga perasaannya.

Law of attraction disebut juga dengan hukum ketertarikan. Hal ini menandakan bahwa alam semesta dan pikiran manusia sebenarnya saling terkoneksi karena mempunyai frekuensi yang sama. Jadi, pikiran manusia menyimpan semacam daya magnet yang membuat alam semesta seakan ikut merealisasikan impian yang lo pikirkan terus menerus.

Lo bisa memancarkan energi optimisme dan pada akhirnya akan menarik pengalaman-pengalaman hebat dalam hidup lo, Civs. Seru banget, kan?

PRINSIP-PRINSIP

Menurut Rury Ahmad Sururie dalam buku Berpikir Positif dan Melepaskan Energi Negatif (2022), ada tiga prinsip utama law of attraction. Inilah penjelasan yang perlu lo pahami: 

1. Tarik Menarik

Sesuai dengan namanya, prinsip law of attraction adalah tarik menarik. Sesuai dengan yang sudah dijelaskan di atas, dalam hukum ini sesuatu yang serupa di dunia ini akan saling menarik.

Contoh yang mungkin mudah lo temukan dalam kehidupan sehari-hari adalah seseorang akan cenderung suka dengan orang yang mempunyai ketertarikan yang sama dengan dia.

Hal ini biasanya berlaku ketika lo mencari teman, mencari jodoh, dan sebagainya. Dengan kata lain, lo akan mencari sesuatu yang sefrekuensi sama lo.

2. Alam Semesta Tidak Menyukai Kekosongan

Prinsip law of attraction yang kedua adalah alam semesta tidak suka dengan kekosongan karena hukum ini selalu membentuk gaya tarik-menarik antara pikiran dan alam semesta.

Hal inilah yang menyebabkan pikiran lo akan selalu menyimpan ruang untuk berpikir. Itulah mengapa penting banget menyeleksi hal-hal yang memang pantas untuk dipikirin. Jadi, sebaiknya lo lebih sering mikirin hal-hal yang positif dan bermanfaat deh Civs biar feedback yang lo terima juga positif.

3. Hiduplah untuk Hari Ini

Prinsip law of attraction menegaskan bahwa lo bisa lebih menikmati hidup dengan melakukan segala sesuatu di hari ini. Dengan kata lain, lo harus menyalurkan energi untuk kehidupan di masa sekarang, bukan di masa lalu apalagi masa depan.

Masa lalu adalah sesuatu yang sudah tidak bisa diubah dan masa depan adalah sesuatu yang tidak pasti. Kita harus mengakui bahwa ada hal-hal yang bisa kita kendalikan, tapi ada juga hal-hal yang tidak bisa kita arahkan.

Jadi, lebih baik fokus sama apa yang ada di hadapan lo hari ini dan kerjakan sebaik yang lo bisa supaya hasilnya memuaskan.

CARA MENERAPKAN

Dengan menerapkan law of attraction, artinya lo harus mengatur alam bawah sadar untuk merealisasikan mimpi yang lo idam-idamkan. Ada beberapa cara yang yang bisa Lo terapkan nih Civs, di antaranya sebagai berikut:

1. Memvisualisasikan Ide

Memvisualisasikan ide adalah salah satu cara yang bisa dicoba untuk mewujudkan cita-cita atau impian yang selama ini lo harapkan. Cara memvisualisasikan mimpi yaitu dengan melalui gambar, tulisan, atau media lainnya.

Usahakan untuk menaruh visualisasi tersebut di tempat yang sering lo lihat, misalnya kayak meja kerja atau wallpaper HP lo. Menulis motivasi dan menempelkannya di dinding kamar, laptop, atau pintu juga bisa semakin memompa semangat lo untuk mewujudkan impian itu.

2. Menulis Jurnal

Menulis adalah salah satu alternatif untuk memperjelas apa yang selama ini lo mau dan impikan. Terkadang, memikirkannya saja masih kurang karena lo butuh media untuk menggambarkan dan mendeskripsikan mimpi yang selama ini lo mau.

Kebiasaan ini secara alami akan memotivasi pikiran lo untuk melakukan sesuatu sesuai dengan jurnal tersebut.

3. Berlatih Mengucapkan Keinginan

Sejak kecil, mungkin lo sudah diajarkan bahwa ucapan adalah doa. Jadi, segala ucapan yang kita utarakan bisa saja jadi kenyataan. Hal ini juga bisa dijadikan sebagai metode dalam mewujudkan impian menjadi kenyataan.

Dengan mengucapkan apa yang lo rasakan dan apa yang lo inginkan secara rutin, maka semesta akan semakin mendekatkan impian tersebut dalam kehidupan lo.

Contohnya nih, lo punya mimpi untuk bisa kuliah di tengah keterbatasan yang lo punya. Coba deh ucapkan keinginan tersebut secara terus-menerus. Bukan masalah kalau lo mau ngomong sama diri sendiri, cerita sama diri sendiri, dan rasakan energi yang besar mengalir dalam diri lo.

4. Ingat Setiap Pelajaran Positif

Meskipun sudah berusaha untuk selalu berpikir positif, ada kalanya kita juga bisa menemukan kesulitan dan hambatan dalam meraih impian. Ya, namanya juga hidup Civs, pasti ada saja hal-hal tidak terduga yang mungkin terjadi di luar kendali kita. 

Oleh karena itu, lo bisa ambil hikmah dan pelajaran dari setiap peristiwa yang terjadi tersebut.

Mengeluh tidak akan membawa perubahan. Justru berpikir positif dan berusaha bangkit adalah hal yang harus dilakukan supaya semakin dekat dengan tujuan lo.

5. Pikirkan dan Percayalah

Meskipun law of attraction mengandalkan pikiran sebagai cara kerjanya, namun bukan berarti lo harus memikirkan itu secara terus menerus dan tanpa jeda. Bisa-bisa, lo malah stres sendiri kalau cuma memikirkan tanpa mengaktualisasikannya dalam tindakan.

Paling tidak, sisihkan waktu sedikit, namun konsisten setiap hari untuk memikirkan impian yang ingin lo capai. Akses perasaan dan alam bawah sadar lo melalui kegiatan meditasi.

Biarkan pikiran mengirim informasi tentang perasaan yang lo rasakan dan biarkan perasaan itu mengambil alih energi yang lo punya. Semakin lo sadar dengan apa yang lo inginkan, semakin dekat impian tersebut dalam hidup lo.

Law of attraction membuktikan bahwa pikiran dan perasaan manusia memiliki kekuatan yang begitu dahsyat. Jangan sia-siakan anugerah ini untuk memikirkan atau melakukan hal-hal negatif dan fokus saja sama impian dan tujuan yang ingin lo capai. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Dilla Hardina

Content writer dan Japanese pop culture entusiast