Potensi Diri

KEUNTUNGAN PUNYA SKILL MENULIS DI PERKULIAHAN YANG NGGAK LO SADARI

Cuman nulis kan semua orang bisa, terus apa spesialnya?

title

FROYONION.COM - Mending kurangin deh ngomong hal semacam kalimat di atas kalau lo punya temen yang jago nulis, nyatanya omongan kayak gitu justru hanya mematikan potensi banyak orang yang seharusnya dia bisa sukses dari kemampuannya malah terhambat karena sudah tersugesti kalau kemampuan yang dia punya tidak istimewa dan dipandang sebelah mata.

Mungkin akan sama jika lo berucap ‘’Semua orang juga bisa lari’’ ke atlet yang sangat membutuhkan kecepatan berlari seperti basket, sepak bola, atau bahkan atlet lari estafet dan maraton. Memang betul, semua orang bisa berlari jika kakinya tidak bermasalah, tetapi apa bisa lo kayak mereka yang bersyukur dengan kecepatan dan kemampuan berlarinya sehingga dapat meraih kemenangan sekaligus bisa membuat banyak orang bangga. Pastinya untuk bisa seperti itu juga sangat dibutuhkan banyak latihan dan pengorbanan waktu. Lalu, bayangkan jika ada yang mengatakan “Cuman lari semua orang juga bisa”.

Ya, atau “semua orang bisa ngomong”. Kalau begitu suruh saja mereka berbicara di depan orang banyak, apa orang itu masih bisa berbicara dengan baik dengan lancar? Tentu saja belum tentu.

Nah, sama seperti menulis, nggak salah sih semua orang pasti bisa menulis bahkan sejak awal bangku sekolah pun lo diajari nulis. Tapi beda lho menulis karena tuntutan sesuatu seperti memenuhi tugas dan perintah dengan menulis untuk menyalurkan perasaan dan berkarya.

Semua orang memang mungkin bisa menulis, tapi tidak semua orang bisa merangkai kata, tidak semua orang bisa menjelaskan makna dari yang ia tulis, dan yang paling penting tidak semua orang bisa memberikan pengaruh baik ke orang lain yang membacanya tulisannya.

Jadi, kemampuan yang kalau dipikir kayaknya semua orang juga bisa sebenarnya belum tentu kemampuan tersebut biasa-biasa saja. Seperti menulis, bahkan tanpa adanya seseorang yang menulis lirik lagu mungkin lo nggak bisa menikmati musik yang setiap hari lo dengerin. Di balik lirik lagu yang menyentuh, ada seorang penulis lagu di belakangnya.

Saking dianggap biasa, gue pribadi pun sampai baru sadar ternyata ada banyak keuntungannya terutama di dunia perkuliahan dan untuk lo yang masih menempuh pendidikan sekolah, kuliah, atau lo yang sudah bekerja sekalipun gue yakin pasti akan lumayan relate. Emang apa aja sih?

TUGAS LO AKAN JAUH LEBIH SEMPURNA

Di perkuliahan, lo akan jarang menemukan tugas yang tinggal silang atau coret, bahkan terkadang lo seperti nggak butuh alat tulis. Karena mayoritas tugas yang akan lo kerjakan ialah membutuhkan jawaban yang murni dari isi otak lo seperti esai, paper, membuat laporan. Bahkan ketika lo membuat PPT pun walau bisa tinggal copy paste dari Google, tetapi kerapian tulisan masih sangat diperlukan.

Dengan memiliki skill menulis yang baik, pastinya lo sudah tau aturan-aturan penyusunan kata yang benar seperti apa. Bahkan lo ada kesempatan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan penulisan atau kalau nggak mau terkesan copy paste banget lo bisa menggunakan kemampuan parafrase lo.

Walau kebanyakan dosen jarang notice hal sekecil ini, tapi percayalah akan sangat berguna ketika lo semester akhir nanti menyusun skripsi. Selain itu, memiliki penulisan yang rapi akan membuat lo terlihat lebih standout bukan dari temen-temen lo dan lo nggak perlu pusing berlebih ketika diberi tugas yang mengharuskan lo menulis murni dari isi kepala lo.

LO AKAN LEBIH DIPERCAYA JADI PENGURUS KELAS

Untuk berkomunikasi dengan dosen yang terkadang sensitif dan harus berhati-hati dalam menggunakan kata, pastinya akan lebih mengandalkan seseorang yang bisa menyusun kata dengan baik dan jelas akan maksud dari perkataannya. Pastinya ketika lo mempunyai kemampuan menulis yang baik, secara tidak sadar kemampuan berkomunikasi lo akan lebih meningkat dan dalam situasi ini mungkin lo akan lebih berpeluang untuk dipilih menjadi pengurus kelas.

Memang sih menjabat sebagai pengurus kelas seperti penanggung jawab mata kuliah dihindari oleh banyak mahasiswa karena ingin terbebas dari dosen atau mau kuliah yang santai saja. Namun, percaya tidak percaya ini akan melatih soft skill lo ketika memasuki dunia kerja nantinya karena lo sudah memiliki pengalaman dan gambaran bagaimana berkomunikasi dengan rangkaian kata yang baik. Jadi, tidak ada salahnya memanfaatkan kesempatan dan kepercayaan yang teman-teman lo berikan.

Ya, atau misalkan saat dosen lo ngambek, lo bisa mengeluarkan skill nulis ajaib lo supaya dosen lo luluh..

MEMUDAHKAN LO SAAT APPLY MAGANG

Saat kuliah memang mengharuskan kita untuk belajar banyak dan membangun relasi, magang selalu jadi pilihan yang tepat buat lo yang mau improve diri. Tapi tau nggak sih, mengikuti proses rekrutmen itu nggak segampang yang lo kira. Bahkan ketika di langkah awal yang mengharuskan lo mengirim email, kalimat dan penggunaan kata yang lo pakai itu sangat diperhatikan sekaligus menjadikan lo bahan pertimbangan.

Tentu saja ketika lo memiliki kemampuan menulis yang baik lo tidak akan kesulitan untuk menyusun kata dan meminimalisir kesalahan fatal yang memperkecil peluang lo. Tidak hanya berlaku saat mendaftar magang, memiliki skill menulis yang baik akan lebih memudahkan langkah lo seperti mendaftar beasiswa atau organisasi, apalagi kalau lo bisa menjadi orang yang persuasif dan meyakinkan melalui tulisan lo. 

Sebenarnya banyak ya, Civs. Benefit dari punya keahlian menulis itu sendiri yang mungkin lo sendiri nggak sadar kalau itu sangat membantu lo. Jadi, jangan terlalu menganggap kemampuan yang lo punya itu biasa saja dan nggak ada apa-apanya. Mulai percaya diri dan tingkatkan terus. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Erina Anindhita

Mahasiswa Psikologi yang bosen nganggur dan sedang mengasah kemampuan menulis