Potensi Diri

DILEMA FRESH GRAD: KERJA DULU ATAU LANJUT S2?

Lo yang baru aja lulus biasanya dihadapkan pada satu masalah besar lagi: nerusin S2 ato kerja aja? Berikut pembahasannya buat lo, Civs.

title

FROYONION.COM -  Setelah dinyatakan lulus kuliah dan dinyatakan sebagai seorang sarjana, pasti kita ngerasa lega dong ya? 

Tapi nih, lulus S1 ternyata bukan capaian akhir, justru awal dari perjalanan hidup selanjutnya sebagai orang dewasa. 

Hidup adalah perjuangan katanya. Nampak klise, tapi begitu adanya. Setelah hari kelulusan itu, kita akan dihadapkan pada berbagai situasi juga pilihan-pilihan yang bisa jadi tidak lebih mudah daripada sebelumnya. Termasuk soal karir nih. Pertanyaan untuk para fresh graduate; abis ini mau ngapain? 

Terdengar simple tapi bingung nggak tuh jawabnya? Pengen kerja, tapi belum ada pengalaman. Hmm, apa lanjut S2 aja kali, ya? 

Ada yang berpikiran serupa? Atau bingung memilih antara keduanya? Jadi mendingan KERJA dulu atau LANJUT KULIAH dulu sih? 

Ada beberapa poin yang bisa jadi pertimbangan untuk memutuskan apakah lebih baik kerja dulu atau lanjut S2. Nih beberapa di antaranya, Civs.

1. Kondisi

Jika secara kemampuan, termasuk finansial cukup untuk lanjut studi, maka S2 bisa jadi opsi yang dipilih. Baiknya, pertimbangkan poin ini dengan matang ya. Karena kondisi kita, ya cuma kita yang tau. 

2. Tujuan

Kebanyakan orang yang lanjut studi, udah punya tujuan sejak awal. Jadi dosen, misalnya. Kalo gini sih lebih enak untuk lanjut studi. Ini pentingnya untuk kenalin diri dan apa tujuan lo, biar tau langkah apa yang akan diambil berikutnya. 

Simpelnya, bisa mulai dengan pertanyaan; 2-3 tahun ke depan, gue pengen jadi apa ya? Kalo udah tau mau ngapain, mulailah dengan menyusun rencana dan langkah strategis untuk meraihnya. Terus, liat deh, jalan ini akan lebih memungkinkan dengan cara kerja dulu atau lanjut kuliah?

3. Motivasi

Coba tanya sama diri sendiri, kalo kerja mau apa? Kalo lanjut studi mau apa? Semisal ingin cari pengalaman, start dari kerja nggak apa-apa, kok. Hindari pilihan yang sekiranya lo belum bisa fokus di sana. Takutnya jadi nggak maksimal. Bagi yang merasa jenuh di dunia kampus, bisa kerja dulu. Kalo merasa punya passion di pendidikan, lanjut kuliah bisa jadi pilihan. Motivasi dan keinginan yang lebih besar, memungkinkan kita untuk lebih total menjalani jalan yang akan dilalui, mau itu kuliah ataupun kerja.

KELEBIHAN KERJA DULU

  • Punya pengalaman

Karena pengalaman itu bisa jadi pertimbangan penting recruiter dan bagus untuk karir lo selanjutnya.  Dari tempat kerja, kita bukan cuma dapet pengalaman, tapi juga pelajaran. Ambil ilmu sebanyak-banyaknya di sana. Dari atasan atau profesional, misalnya. Ini akan berguna untuk langkah serta karir selanjutnya. 

  • Punya penghasilan

Kalo yang ini sih, pasti ya.  Udah bisa menghasilkan gaji sendiri. Dengan bekerja, lo bisa lebih mandiri. Bahkan bisa lebih membahagiakan diri sendiri, bisa beli apa yang dipengenin, dan membahagiakan orang-orang tersayang.

  • Langsung praktik

Ilmu yang baru didapat dari bangku kuliah S1 bisa langsung dipraktikkan juga didalami dan nggak menutup kemungkinan bisa jadi expert di kemudian hari, selama kita tekun menjalaninya.

KELEBIHAN LANJUT STUDI DULU

  • Masih terbiasa dengan suasana kelas

Karena baru lulus, kemungkinan lo masih akan terbiasa dengan suasana kelas yang nantinya akan bikin lebih mudah beradaptasi. Kebanyakan juga semangatnya masih tinggi dan menggebu.

  • Menambah pengetahuan

Ya, namanya juga sekolah, di sana kita tentu akan belajar dan mendapatkan pengetahuan. Untuk yang linier, bisa memperkuat dan memperluas apa yang udah ada, sedangkan untuk yang lintas jurusan, bisa dapat ilmu baru, ya kan? 

  • Bisa jadi modal ke depannya

Kalo serius dengan pilihan lanjut studi, maka jalani dengan sebaik-baiknya, karena jalan ini bisa jadi modal baik ke depannya. Dengan gelar akademis yang lebih tinggi nantinya bisa jadi pertimbangan, atau jadi pembuka peluang berikutnya, karena di kelas nanti kita bisa ketemu dengan rekan-rekan yang mungkin berasal dari berbagai profesi. 

Apapun pilihannya, mau kerja dulu atau lanjut studi, mau kerja nyambi studi atau mau kerja untuk nabung lanjut studi, semuanya baik kok, selama kita bisa tanggung jawab sama apa yang dipilih. Jadi, mau pilih yang mana, nih? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Desprianti Barkah

Communication Enthusiast | Content Writer