Potensi Diri

CARA BACA KEPRIBADIAN GEBETAN DARI PERILAKUNYA DI MEDSOS

Sedikit banyak, perilaku yang ditunjukkan orang-orang di medsos bisa mencerminkan kepribadiannya yang asli. Terutama buat membaca kepribadian gebetan, lo perlu banget buat tau hal-hal ini, Civs!

title

FROYONION.COM - Jaman sekarang, media sosial tuh seakan-akan udah jadi kebutuhan primer bagi sebagian besar masyarakat. Dari bangun tidur sampe mau tidur  itu HP nggak pernah lepas dari genggaman, meskipun cuma berlaku buat orang-orang yang nganggur sih.

Wajar banget untuk orang-orang ‘memoles’ image yang ideal di medsos. Selain buat urusan personal branding kerjaan, kehidupan sosial di luar kerjaan kayak pertemanan pun jadi fokus yang sama pentingnya untuk dijaga.

Impresi dan persepsi orang lain juga jadi elemen yang vital di medsos. Mau di Twitter, Instagram, atau medsos lainnya, apa yang seseorang share itu jadi hal yang penting buat kita perhatiin, apalagi kalo ada gebetan atau crush yang lagi pengen kita ‘gambar’ nih, Civs. Sadar atau nggak, perilaku seseorang di medsos itu bisa menggambarkan kepribadian aslinya.

Ngomong-ngomong soal gebetan, ada beberapa golongan kepribadian seseorang yang bisa kita liat dari apa yang sering doi bagikan di medsos.

“AKTIVIS” YANG SUKA SHARE ISU SOSIAL POLITIK

Kalo gebetan lo suka share pandangan pribadinya tentang hal-hal berbau politik atau isu-isu sosial, maka bisa dibilang bahwa doi adalah orang yang suka dialog dan ‘lempar-tangkap’ argumen, Civs.

Orang-orang ini termasuk golongan ‘aktivis’. Biasanya doi suka kalo dirinya menjadi center of attention. Kalo lo ‘nyenggol’ gebetan lo dengan pembahasan yang kritis, nggak peduli pendapat lo sama atau nggak kayak dia, yang pasti lo bakalan diladenin debat sama doi ampe pagi karena doi termasuk orang yang mudah berdialog.

Seorang ‘aktivis’ cenderung lebih menanggapi sesuatu dengan serius, termasuk di hubungan percintaan. Doi orangnya bisa commit sama suatu hubungan, pandai menilai dan menimbang. Kalo gebetan lo termasuk golongan ini, maka lo harus bisa nunjukin tekad, niat, serta action yang sesuai buat menangin hati doi cuy.

SI “NARSIS”, WAJIB UNGGAH SWAFOTO TIAP HARI

Kalo gebetan lo demen banget nge-share foto komuk tiap hari di insta story atau bahkan feeds, maka safe to say bahwa doi adalah seorang yang narsis!

Dalam kajian ilmiah, kepribadian kayak gini biasa disebut sebagai Grandiose Narcissism. Ciri-cirinya antara lain punya tingkat PD yang selangit, punya ‘dominasi’ interpersonal, dan punya kecenderungan untuk menganggap ‘tinggi’ dirinya di antara orang-orang lain.

Gebetan yang demen narsis kayak gini sih approach-nya gampang. Buat lo yang dompetnya tebel bisa lah sering-sering ajak doi nongkrong ke tempat-tempat baru yang lagi hits. Juga karena doi sering upload selfie / konten tiap hari, lo bisa ajak collab bikin konten ama doi. Lumayan kalo lo bisa jadi YouTuber dan dapet AdSense, PDKT-nya jadi produktif cuy.

SI “GALAU”, BIKIN INSTA STORY DARI LISTENING SPOTIFY 

Golongan orang kayak gini banyak banget kita temui di Instagram. Biasanya, mereka tuh jarang banget nge-share foto. Sekalinya nge-share foto tentang momen tertentu, ya mereka cuma nge-repost insta story dari temen-temennya aja.

Nah, untuk lagu-lagu yang di-share biasanya punya makna-makna tertentu nih, Civs. Setiap lagu yang doi bagiin lewat insta story biasanya mewakilkan perasaan doi di momen itu.

Contohnya, kalo doi share lagu-lagunya Adele atau Taylor Swift, mungkin tandanya lagi galau. Lo bisa memanfaatkan insta story doi dengan langsung approach secara personal, Civs. Manfaatkan ke-sotoy-an lo untuk menenangkan hati gebetan ketika doi lagi share insta story lagu galau.

Nah, kepribadian kayak gini disebut sebagai “Neuroticism”. Istilah ini sebenarnya erat diartikan sebagai kepribadian yang negatif. Nggak cuma sekedar galau atau mellow, emosi kayak kemarahan, kecemasan, bahkan depresi pun bisa disebut sebagai neuroticism.

Kalo gebetan lo termasuk ke dalam golongan ini, alangkah baiknya kalo lo bisa menempatkan diri jadi penenang hari-hari galaunya doi. Dijamin lo pasti bakal jadi sumber kebahagiaan doi, karena neuroticism nggak berarti seseorang itu seutuhnya ‘negatif’, kita bisa membantu mengubah persepsi doi dalam melihat dunia dan mengubah negativitas di hidupnya jadi hal yang positif. Tjakeppp.

SI “MISTERIUS”, TERAKHIR UPLOAD FEED 1 TAHUN YANG LALU

Dari semua macam kepribadian, ini yang paling susah dibaca cuy. Doi jarang upload insta story, juga terakhir upload feed setahun yang lalu. Kalo medsos doi isinya begini, maka simpelnya doi nggak punya waktu buat sering-sering upload konten atau menganggap medsos nggak ‘sepenting’ itu... 

Atau mungkin, doi termasuk golongan orang yang punya ‘Reflective Personality’ Civs.

Orang dengan kepribadian reflective ini ngabisin banyak waktu untuk berkontemplasi dan berimajinasi tentang action yang mereka lakukan. Istilahnya sih punya self-awareness yang tinggi, suka overthink kalo action yang dia lakukan nggak sesuai sama apa yang mayoritas orang lakukan.

Buat yang belom kenal deket, orang dengan kepribadian reflective bakal terkesan misterius dan nggak ketebak. Karena sebenarnya, orang dengan reflective personality ini bisa experimental banget, Civs. Mereka tuh nggak tahan berkonsentrasi untuk 1 ide aja, sukanya loncat-loncat dari ide satu ke ide lainnya.

Buat lo yang lagi nge-gebet orang macam ini, gue saranin untuk lebih berhati-hati, ehh tapi bukan karena doi bahaya, tapi karena doi susah ditebak! 

Jangan sampe lo mengeluarkan kata-kata atau kalimat yang bisa bikin gebetan mikir seharian, apalagi sampe overthink.

Nah Civs, meskipun kita nggak bisa sepenuhnya menilai seseorang dari perilakunya di medsos, tapi kita perlu tau kalo medsos itu bisa membongkar banyak hal tentang diri kita lebih dari yang kita sadari.

Buat lo yang lagi OTW PDKT ama gebetan, jangan lupa untuk selalu berhati-hati dan selalu waspada ama kepribadian doi yak. Bisa jadi apa yang doi sering lakukan di medsos bisa menggambarkan sedikit tentang diri doi yang aslinya. Intinya mah lo kudu PEKA, Civs! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Garry

Content writer Froyonion, suka belajar hal-hal baru, gaming, dunia kreatif lah pokoknya.