Potensi Diri

BERMAIN ALAT MUSIK DRUM UNTUK KESEHATAN, MEMANG BISA?

Apakah kalian suka bermain drum? Atau malah kalian adalah seorang drummer sebuah band? Ada banyak manfaatnya dalam bermain drum untuk kesehatan lho, Civs. Yuk kita simak.  

title

FROYONION.COMBermain alat musik drum ternyata dapat meningkatkan kesehatan tubuh, menggebuk drum juga dapat membantu menghilangkan stress sehingga dapat membuat tubuh kita lebih rileks. Drum merupakan kelompok alat musik perkusi yang cara memainkannya dengan cara dipukul menggunakan stick drum.

Ada dua macam jenis alat musik ini, yaitu drum akustik dan drum elektrik, kegunaannya sama saja, tetapi untuk memainkan drum elektrik membutuhkan aliran listrik, supaya ketukannya dapat bernada, dan secara penampilan lebih simpel, tetapi untuk drum akustik, benda tersebut tidak tersambung menggunakan listrik, melainkan memunculkan sumber suara dari benda itu langsung.

Bagian-bagian alat musik drum terdiri dari : snare drum, 3 tom,(tinggi, rendah, sedang), cymbal, hi-hat, dan bass drum, serta dengan tambahan-tambahan Cymbal lain sesuai keinginan penggunanya.

Bermain drum adalah sesuatu yang menyenangkan dan seru, dalam beberapa penelitian menyebutkan jika bermain drum juga dapat membuat otak semakin cerdas dan kreatif, karena dapat mensinkronkan otak kiri dan otak kanan.

Berikut ini adalah manfaat bermain drum bagi kesehatan :

1. MENGATASI KECEMASAN DAN STRESS

Bermain drum dapat merilis hormon kortisol, yaitu suatu hormon yang dapat menyebabkan stress maupun cemas. Dengan demikian, apabila kita bermain alat musik drum, kita jadi dapat merasakan suatu hal yang bahagia untuk tubuh kita.

Menurut penelitian Dr. Barry Bittman, menggebuk drum juga dapat membuat tubuh kita semakin rileks, dapat menurunkan tekanan darah, serta mengurangi stress. Apabila stress berkurang, maka akan membuat risiko penyakit jantung dan stroke juga berkurang.

Selain itu, bermain drum juga dapat meluapkan perasaan emosi serta perasaan negatif. Mengapa bisa begitu? Ternyata, hasil suara getaran dari drum akan beresonansi serta merangsang pelepasan memori atau pikiran-pikiran negatif yang disebabkan oleh perasaan emosi ataupun trauma yang emosional.

Memainkan drum juga sebagai salah satu sarana untuk melupakan sementara hal-hal yang bersifat wajib, seperti tugas sekolah, kuliah, atau sebagainya. Apalagi bila sudah menjadi suatu hobi. Dengan bermain drum, setidaknya hal-hal tersebut dapat dilupakan sejenak, serta dapat membuat pikiran atau otak kita lebih fresh,  selain itu juga dapat memberi kesehatan kepada kita melalui bermain musik terlebih drum.

2. MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH

Menggebuk drum juga kabarnya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Karena dalam memainkan drum juga dapat memperlancar aliran darah atau sirkulasi darah menjadi semakin lancar. Selain itu, bermain drum juga dapat membuat tubuh kita lebih mampu untuk memerangi beberapa penyakit kronis atau penyakit yang dapat disebabkan oleh virus. Terlebih dengan adanya pandemi, kita yang tadinya tidak dapat keluar rumah atau harus beraktivitas dari rumah, bermain drum merupakan solusi yang baik, karena juga dapat dilakukan di rumah sendiri maupun sewa studio musik, sehingga tidak menyebabkan kerumunan orang.

3. MENGOPTIMALKAN DETAK JANTUNG

Memainkan drum juga dapat mengoptimalkan detak jantung dan aliran darah, karena dalam permainan drum juga harus menjaga suatu tempo dan irama, sehingga tidak banyak mengeluarkan keringat. Selain itu, memainkan drum merupakan kegiatan secara fisik yang melibatkan seluruh anggota tubuh. Karena secara permainannya dilakukan dengan cara memukul sehingga dapat membakar kalori, mengencangkan otot-otot pada tubuh, serta membuat stamina semakin meningkat. 

4. MEMBAKAR KALORI

Bermain drum secara teknik dilakukan dengan menggunakan seluruh anggota tubuh, mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Karena kegiatan ini dapat mengeluarkan tenaga yang lebih banyak, maka bermain drum sangat cocok untuk kalian yang ingin meningkatkan kebugaran serta membakar kalori. Mengutip dari CalorieLab, apabila seseorang memiliki berat 84kg, kalori yang akan terbakar sekitar 252 kalori jika orang tersebut memainkan drum selama kurang lebih satu jam. 

5. MENSINKRONKAN TUBUH DAN PIKIRAN

Dalam bermain drum juga tidak hanya mengandalkan kekuatan maupun kecepatan saja, tetapi juga membutuhkan suatu keterampilan lain, seperti kontrol pada jari yang diperlukan untuk memainkan pukulan drum yang halus dan mulus.

Seiring berjalannya waktu, usia setiap orang pasti akan bertambah, salah satu kelemahan dari seseorang ketika umur sudah tidak muda lagi adalah hilangnya koordinasi. Dengan bermain drum, kita setidaknya sedikit mengurangi penurunan/kelemahan tersebut, karena bermain drum merupakan kegiatan yang memainkannya dengan menggunakan seluruh anggota tubuh dan melakukannya secara bersamaan (tangan, kaki, otak) sehingga dapat menahan penurunan fisik tersebut.

6. DAPAT MENINGKATKAN SOSIAL DENGAN SEKITAR

Drum lebih enak didengar apabila digunakannya bersamaan dengan alat musik lainnya, tidak seperti gitar atau piano yang dapat dimainkannya sendiri (solo) . Oleh karena itu, bermain drum dapat meningkatkan sosialisasi kita dengan sekitar kita, karena kita dapat bermain bersama dengan orang/teman yang menyukai suatu genre yang sama maupun berbeda, sehingga dapat bertukar pikiran juga dalam merencanakan atau ngulik musik apa saja yang akan dibawakan. 

Kita juga dapat bermain dengan cara kerjasama tim atau bersama-sama, sehingga dapat meningkatkan serta menjaga komunikasi dengan personel lain.

Karena semakin bertambahnya usia, terkadang mencari teman semakin sulit, dengan cara bermain musik, maka menjadi salah satu cara untuk memperluas jaringan teman.

Oh ya Civs, apabila kita sudah mempunyai band, bisa saja kita manggung atau tampil di cafe maupun tempat yang cocok dengan tongkrongan anak muda lainnya lho Civs. Selain kita dapat menghibur dan bernyanyi bersama di tempat tersebut, kita juga dapat cuan dari tempat manggung kita ini. 

Bagaimana Civs?, apakah kalian tertarik untuk bermain drum juga? Apabila belum bisa memainkannya, bisa juga untuk melakukan latihan terlebih dahulu, karena berlatih drum itu tergolong cukup mudah. 

Tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu, selama kita bersungguh-sungguh dalam melakukan hal tersebut maka akan mendapatkan hasil yang baik juga. Bermain drum bukan hanya sekedar hobi, tetapi juga untuk kesehatan tubuh kita juga.

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Yudha Persada

Seorang freelancer yang sedang mencoba mengembangkan skill menulis di Froyonion.com.