Potensi Diri

7 SKILLS YANG ANAK MUDA KREATIF HARUS TAHU KALO MAU SUKSES!

Khawatir sama masa depan itu wajar, tapi sebagai anak muda kreatif kita juga harus punya strategi untuk menghadapi masa depan supaya sukses. Biar nggak bingung lagi, nih simak 7 skills yang harus lo punya!

title

FROYONION.COM - Siapa yang pernah atau lagi ngalamin quarter life crisis? 

Krisis seperempat abad ini sering dialamin nih sama anak muda usia 18 tahun sampe akhir 20 tahun. Mereka yang mengalami krisis ini sering ngerasa hidup itu nggak ada tujuannya, bingung abis lulus sekolah atau kuliah mau ngapain, pusing sama percintaan, dan berbagai masalah lainnya yang bikin mereka merasa hidup itu berat banget. 

Mayoritas anak muda Indonesia pasti pernah merasakan ini–sadar atau nggak. Mungkin kalo boleh pilih satu masalah, nentuin tujuan hidup dan menghadapi masa depan jadi kekhawatiran anak muda Indonesia. 

Terlebih waktu masa-masa sekolah dan kuliah harus terbentur pandemi yang memaksa kita untuk bisa beradaptasi dengan cepat. Hal ini secara nggak langsung juga berpengaruh ke pola pikir anak muda untuk bisa bergerak cepat. 

Cepat dapet kerja. Cepat sukses. Cepat nikah. Cepat punya anak. Cepat-cepat lainnya. 

Padahal nggak semua anak muda sudah tahu rencana masa depan mereka kayak gimana dan nggak apa-apa juga kalo belom tahu. Kan semua orang punya waktunya masing-masing. Iya nggak? 

BACA JUGA: COMPUTATIONAL THINKING: CARA MEMECAHKAN MASALAH SECARA EFEKTIF BUAT ANAK MUDA KREATIF

Tapi biar nggak clueless banget, Prof. Rhenald KasaliFounder Rumah Perubahan dan Guru Besar UI– bersama Bakti Pendidikan Djarum Foundation bagikan 7 skills penting yang perlu dimiliki sama manusia supaya bisa terus berkembang–khususnya buat lo anak muda kreatif supaya bisa sukses di masa mendatang. 

  1. Self discipline: artinya kita harus bisa disiplin karena kesadaran diri sendiri dan bukan karena paksaan orang lain. Jadinya kita bisa melakukan segala sesuatu dengan alasan yang kuat, bukan karena disuruh doang. 
  2. Growth mindset: supaya bisa sukses kita harus bisa menghadapi tantangan. Kalo mengalami kesulitan, jangan cepet nyerah, Civs! Justru jadikan itu kesempatan untuk belajar dan upgrade diri sendiri. Selain itu, kita juga harus siap berkorban untuk sesuatu yang kita yakini akan berhasil. 
  3. Risk takerjangan takut untuk mengambil risiko. Justru orang yang nggak pernah ngambil risiko itu adalah orang yang paling berisiko. 
  4. Critical thinkinganak muda kreatif juga harus punya pola pikir kritis supaya nggak gampang kemakan hoax. 
  5. Creative thinking: situasi pandemi sebenernya udah melatih kita untuk bisa berpikir kreatif dan menghasilkan solusi kreatif juga. Dengan pola pikir kreatif, kita bahkan bisa mengubah masalah menjadi peluang bisnis lho!
  6. Simple power of simplicity: anak muda kreatif yang mau sukses juga harus punya kemampuan untuk menyederhanakan hal-hal rumit. Skill ini bakal kepake banget apapun pekerjaan kalian nanti. 
  7. Play to win: milikilah mindset untuk selalu berusaha menjadi pemenang di setiap ‘permainan’. Tapi bukan berarti lo jadi egois dan nggak membiarkan orang lain dapet kesempatan ya. Karena mental pemenang juga berarti kita harus bisa menerima kekalahan dengan hati terbuka. 

Tujuh skills ini udah terbukti bisa menghantarkan banyak anak muda di bawah Beswan Djarum untuk meraih kesuksesan di usia muda lho! Contohnya Neysa Valeria, Founder Havilla Gourmet Tea, perusahaan teh lokal Indonesia. 

BACA JUGA: NARATIK, APLIKASI BUATAN ANAK MUDA YANG BISA MENGIDENTIFIKASI JENIS HINGGA KEASLIAN BATIK

“Havilla Gourmet Tea muncul karena kami memiliki ketertarikan pada teh dan ingin mengembangkannya. Ketika pandemi melanda, bisnis kami yang semula business to business (B to B), putar haluan menjadi business to consumers (B to C) dan jualan online. Kalau nggak gitu, kami nggak bisa bertahan. Selain adaptasi di metode penjualan, kami juga terus berinovasi pada produk Havilla Gourmet Tea,” kisah Neysa.

Wah keren banget ya? Dari kisahnya, kira-kira Neysa udah menerapkan skill yang mana aja nih? 

Kalo Neysa bisa, berarti lo juga bisa, Civs! Yuk coba terapkan 7 skills ini di kehidupan sehari-hari. Mulai dari….nggak snooze alarm kalo bangun pagi mungkin? Hehehe.. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Sehari-hari menulis dan mengajukan pertanyaan random ke orang-orang. Di akhir pekan sibuk menyelami seni tarik suara dan keliling Jakarta.