Potensi Diri

7 CARA MENGATASI ‘HANGOVER’ ATAU BASIAN BUAT LO YANG DOYAN MINUM

Hangover atau basian sering kali bikin lo jadi merasa gak enak badan. Hal-hal kayak gitu bisa lo atasi dengan treatment atau perlakuan yang tepat.

title

FROYONION.COM - Sebagian anak muda pasti punya kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol di malam hari. Efek pusing yang lo rasain setelah minum itu namanya hangover. Kadang hangover bisa sampai pagi setelah lo bangun tidur. Efek pusing yang masih dirasa padahal sudah berjam-jam disebut basian. Tentu lo bisa mengatasi hangover dengan perlakuan yang tepat.

Gejala yang biasanya lo rasain setelah mengkonsumsi minuman beralkohol antara lain pusing, mual, dan sakit perut. Terkadang ada yang jadi sensitif dengan cahaya dan suara. Ada juga yang merasa dunia seperti berputar lebih cepat, seperti sensasi vertigo. Mengutip dari Harvard Health Publishing, alkohol sejatinya adalah zat beracun dan dapat mengganggu kinerja otak lo.

Basian yang lo rasa ketika pagi adalah dampak dari alkohol yang lo minum semalam, dan bikin tidur lo jadi tidak kondusif. Bisa dibilang, efek basian di pagi hari rasanya sama kayak efek ketika lo kurang tidur. Di saat mengalami hangover atau basian, ada baiknya lo melakukan perlakuan yang tepat biar badan lo bisa merasa enakan lagi.

1. Minum air putih secukupnya

Mengkonsumsi minuman beralkohol bisa bikin lo ingin buang air kecil terus. Lo bisa dehidrasi kalau terus-terusan buang air kecil, apalagi kalau lo juga sampai jackpot (muntah) dan buang air besar. Lo harus sempatin diri lo buat minum air putih ketika sebelum tidur dan bangun tidur, supaya badan lo tetap terhidrasi.

2. Konsumsi makanan berkarbohidrat

Kadar gula darah lo bisa menurun ketika lo mengkonsumsi minuman alkohol. Pusing yang lo rasa bisa jadi karena otak lo kurang asupan gula darah. Untuk mengatasi hal tersebut, lo bisa makan roti atau minum jus untuk mengembalikan kadar gula darah yang lo butuhkan.

3. Tidur yang cukup

Mengkonsumsi minuman beralkohol bisa mengganggu kualitas tidur lo, apalagi yang memiliki kadar alkohol tinggi. Mengutip dari Healthline, alkohol dalam jumlah rendah bisa membantu lo buat tidur, tapi alkohol dengan jumlah tinggi bisa ganggu tidur lo. Maka dari itu, lo perlu memulihkan tubuh lo dengan tidur yang cukup.

4. Sarapan

Begitu lo bangun tidur sehabis mabuk, lo mungkin masih merasa gak enak badan dan mual. Mengkonsumsi minuman beralkohol bisa menyebabkan asidosis metabolik yang bikin lo merasa lemas dan mual. Sarapan yang sehat dapat memberikan vitamin dan mineral penting yang tubuh lo butuhin akibat dari minum semalam.

5. Konsumsi Ibuprofen atau Aspirin

Obat Ibuprofen dan Aspirin harganya terjangkau dan bisa lo beli di Kimia Farma atau apotek 24 jam. Mengkonsumsi obat Ibuprofen dan Aspirin dapat membantu mengatasi pusing, badan pegal, dan mengatasi iritasi yang dialami oleh perut lo karena mengkonsumsi minuman beralkohol.

6. Konsumsi vitamin B dan Zinc

Menurut studi yang diterbitkan dalam The Journal of Clinical Medicine, mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengan vitamin B dan Zinc dalam jumlah yang lebih besar, bisa bikin lo lebih tahan mabuk alias lo cuman mengalami mabuk yang lebih ringan.

7. Membuat ramuan khusus

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ramuan tertentu dapat meredakan mabuk, misalnya jahe dan ginseng merah. Studi dalam National Library of Medicine menunjukkan, bahwa suplemen dengan ginseng merah bisa mengurangi kadar alkohol dalam darah dan tingkat keparahan mabuk.

Studi lain dalam National Library Medicine mengatakan bahwa jahe, gula merah, dan ekstrak jeruk keprok bisa memperbaiki gejala mabuk tertentu. Menurut studi, senyawa yang ditemukan dalam jahe juga dapat melindungi terhadap kerusakan hati akibat alkohol. (*/)

BACA JUGA: COLDHEART: BAR COCKTAIL LOKAL HALAL BUAT PENYUKA MINUMAN EKSPERIMENTAL

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung