Tips

5 TIPS MANAJEMEN WAKTU, SUPAYA KERJAAN CEPET KELAR

Sama-sama memiliki 24 jam dalam sehari, tapi kenapa mereka bisa mendapatkan hasil maksimal dalam sehari? Gue yakin, mereka nggak punya kekuatan untuk bikin lambat waktu tapi tau ngatur waktu dengan benar.

title

FROYONION.COM - Tips terbaik seputar manajemen waktu rasanya memang harus lo ketahui. Apalagi lo saat ini punya title sebagai pekerja professional. Manajemen waktu jadi hal yang nggak bisa lo abaikan betul?

Sebenernya manajemen waktu itu bukan sekedar pengulangan atau kegiatan yang harus lo ikuti terus menerus. Ini soal bagaimana caranya lo bisa terus berkembang dan berimprovisasi dengan baik.

Nah punya manajemen waktu yang baik jadi penting banget nih Civs, agar semua kewajiban dan target dapat selesai sesuai tenggat yang ditentukan. Tapi kadang beberapa orang suka nggak paham dalam mengatur waktu. Akibatnya, lo tau sendiri pekerjaan nggak rampung, atau kadang badan ngerasa lelah banget.

Mungkin beberapa tips ini coba dijalani untuk bisa terus mengembangkan manajemen waktu yang udah lo miliki. Yang perlu dilakukan adalah mempelajari langkah-langkah tersebut agar bisa memanfaatkan dengan baik. Berikut adalah 5 tips yang harus lo lakukan supaya kerjaan cepet kelar.

BUAT AGENDA DAN PRIORITAS

Seringkali, kita tuh nggak tau apa yang mau dikerjain karena semuanya dibiarkan mengalir gitu aja dan nggak pake rencana. Nah agenda dan skala prioritas bisa digunakan nih sebagai patokan.

Misalnya di minggu ini lo mau ngapain aja dan apa yang mau lo capai. Catat dalam sebuat notes, jangan sampai ada yang kelewat. Oiya jangan banyak pekerjaan, ini juga bikin rencana lo berantakan. Sehingga energi dan waktu yang lo punya jadi nggak terarah dan efisien.

Coba dimulai dengan memprioritaskan pekerjaan dalam empat bagian: penting dan menghasilkan, penting nggak menghasilkan, nggak penting tetapi menghasilkan, dan nggak penting serta nggak menghasilkan.

KURANGI MULTITASKING

Menurut professor neurosains Earl K. Miller, cara kerja multitasking malah cenderung menghambat kreatifitas dan memperbesar peluang kesalahan dalam bekerja. Nah yang suka bekerja multitasking suka ngerasa kayak gitu nggak?

Kalau sudah salah, jadinya kita malah harus meluangkan waktu buat memperbaiki kesalahan tersebut, iya nggak sih? Waktu yang dibutuhkan jadinya makin banyak malah mengganggu rencana yang udah lo susun rapi.

Coba selesaikan satu per satu aja pekerjaan, supaya lo nggak cepet lelah juga.

BATASI WAKTU PEKERJAAN

Intinya lo harus menyeimbangkan waktu kerja dan waktu istirahat, supaya energi yang lo gunakan nggak cepat habis. Otak yang dipaksa bekerja terus menerus bakalan kelelahan dan tentu saja ngaruh pada kerjaan lo, hasilnya bakal nggak maksimal.

Lo mungkin bisa kasih jeda sekitar 10-15 menit dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain. Ini penting untuk menjernihkan pikiran dan menyegarkan diri. Lo bisa tidur sebentar, berjalan-jalan sebentar, bermeditasi, bikin teh, dan banyak hal lainnya yang bisa lo lakukan ketika beristirahat.

APRESIASI

Karena terlalu padat dan terlalu banyak agenda, bisa jadi lo udah merasa tertekan duluan. Untuk membangkitkan semangat dan motivasi, apresiasi langkah-langkah kecil yang udah lo capai.

Misalnya ketika lo menyelesaikan satu pekerjaan tepat waktu, lo bisa apresiasi dengan beli makanan enak, minum kopi, atau beli cemilan kesukaan. Bisa juga hadiahkan diri dengan waktu istirahat lebih.

Ini bakal membuat lo lebih termotivasi untuk melakukan kebiasaan baik yang dapat tingkatkan manajemen waktu. Mengapresiasi diri atas keberhasilan-keberhasilan kecil ini juga dinilai baik untuk kesehatan mental Civs. Dengan begitu pekerjaan terasa lebih ringan dan menyenangkan.

KURANGI DISTRAKSI

Kadang, pekerjaan kita sulit selesai karena mudah terdistraksi oleh hal-hal lain. Misalnya, baru 10 menit kerja udah ngecek sosial media terus malah keterusan scroll. Tau-tau udah 30 menit di layar handphone, seneng iya tapi kerjaan nggak selesai.

Memang ini nggak mudah untuk mengabaikan hal tersebut. Tapi dengan mengurangi distraksi, fokus menjadi sebuah kemampuan yang harus lo kuasai untuk mengefektifkan manajemen waktu.

Mulailah belajar untuk fokus dalam mengerjakan sebuah tugas, buang sementara pikiran-pikiran lain yang dapat menghambat lo ketika mengerjakan tugas. Lo bisa jauhkan dulu handphone, atau hal-hal lain yang menghambat hingga pekerjaan lo selesai.

Nah itu dia Civs tips manajemen waktu yang lebih efektif. Coba untuk diterapkan satu per satu ya agar mendapatkan hasil maksimal!

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Abdurrahman Rabbani

Cuma buruh tinta yang banyak cita-cita.