Tips

5 HAL YANG BIKIN ANAK MUDA MAKIN TEKOR KELOLA KEUANGAN

Ternyata hal-hal berikut ini yang secara nggak sadar bikin lo tekor. Ada apa aja ya? Selengkapnya, simak di sini, Civs!

title

FROYONION.COMMengatur keuangan emang susah-susah gampang. Sebagai anak muda, tentunya lo paham begitu sulitnya menahan hasrat membelanjakan uang demi bisa nongkrong di kafe estetik, belanja baju di mal, atau ngetraktir pacar setiap akhir pekan.

Oleh karena itu, sebagai seseorang yang nggak ingin terjerumus tren anak muda Indonesia dengan perilaku hedon nan konsumtif, lo juga mesti cerdas mengatur tiap pemasukan dan pengeluaran keuangan per bulannya.

Emang sih, keuangan itu bagaikan pisau bermata dua, kadang bisa membawa kita kepada kesejahteraan, di sisi lain juga bisa bikin kita makin boros. Nah, kebiasaan menghamburkan uang ini yang bikin rugi diri sendiri, apalagi lo bisa kelilit hutang di dalamnya.

Hasil riset oleh OCBC NISP Financial Fitness Index menunjukkan bahwa anak muda Indonesia punya literasi keuangan rendah dibandingkan negara lain di kawasan Asia Tenggara. Jumlahnya aja cuma 37,72% berbanding dengan Singapura, yakni 61%.

Penyebabnya bukan hanya perilaku konsumtif yang lo lakukan secara sadar. Seramnya, ada beberapa hal yang secara nggak sadar ternyata jadi alasan mengapa lo selalu tekor dalam mengelola keuangan.

Mau tau apa aja hal-hal yang justru bikin lo tekor saat mengelola keuangan? Dan gimana caranya supaya lo makin melek soal keuangan? Selengkapnya, baca artikel ini sampai tuntas!

BACA JUGA: ALASAN KENAPA ANAK MUDA HARUS MELEK SOAL FESYEN

1. HOBI PESAN MAKAN SECARA ONLINE

Lo masih nggak habis pikir kenapa pesan makan secara online bikin lo tekor? Ya, gimana nggak tekor. Di balik manisnya diskon yang bertebaran dan segala kemudahan yang ditawarkan, menyimpan sisi lain buat lo makin boros. Efek ketagihan inilah yang sulit untuk dihindari, namun bukan berarti kebiasaan ini nggak bisa lo ubah ya, Civs!

2. NONGKRONG SEPULANG KERJA

Ngopi dulu yuk, ucap lo setiap pulang kerja. Yang namanya nongkrong sambil ngopi sih boleh-boleh aja, namun kalau lo lakukan setiap hari, apa nggak bikin tekor? 

Hitung aja pengeluarannya, terus lo kalikan per bulan. Nah loh, pengeluarannya udah setara cicilan gadget baru, kan? Makanya, nongkrong itu seperlunya aja dan lebih baik lo sempatkan di waktu akhir pekan, ya!

3. DIKIT-DIKIT HEALING BUAT LIBURAN

Dikit-dikit healing sambil liburan yang katanya sih buat menenangkan pikiran. Sejujurnya yang bikin boros bukan pada aktivitas liburannya, melainkan pengeluaran untuk ongkos transportasi, akomodasi, makan, sampai oleh-oleh yang totalnya mencapai jutaan rupiah. 

Kalau gitu kenapa lo nggak coba healing ke tempat terdekat di sekitar tempat tinggal lo?

4. LAPAR MATA BELANJA BARANG BRANDED

Lapar mata alias nggak bisa menahan godaan untuk belanja barang branded juga jadi salah satu penyebab lo tekor, Civs. Perilaku ini bikin lo cenderung konsumtif dan selalu mengesampingkan kebutuhan yang semestinya lo utamakan. 

Masa iya lo rela setiap hari makan mi instan demi dapat sebuah tas branded yang lagi hype dipakai artis Ibukota? Jangan lagi ya, Civs!

5. MALAS MENABUNG

Alasan yang satu ini emang agak klise. Mungkin lo udah paham tentang manfaat menabung yang bisa jadi dana darurat sewaktu-waktu dan bisa jadi tabungan untuk membelanjakan barang impian. 

Sebaliknya, jika lo malas menabung, siap-siap aja berurusan dengan hutang karena begitu masifnya pengeluaran yang lo lakukan secara tanpa sadar.

CARA MENGELOLA KEUANGAN UNTUK ANAK MUDA

Lantas, gimana caranya mengelola keuangan bagi lo anak muda biar nggak merasa makin tekor? Lo bisa ikuti cara-cara di bawah ini, Civs:

Pertama, jangan tergoda kredit dan diskon. Menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran emang praktis. Apalagi, banyak toko maupun merchant yang kasih potongan menarik alias diskon. Namun, jangan sampai lo tergoda. Selalu utamakan pembayaran secara tunai demi terhindar dari kelupaan untuk melunasi tagihan kredit.

Kedua, perkaya literasi keuangan. Saat ini ada banyak cara untuk meningkatkan literasi keuangan, misalnya ikut webinar, lokakarya, ataupun kelas-kelas yang membahas pentingnya pengelolaan keuangan dan apa aja alternatif investasi yang bisa lo terapkan. Dengan begitu lo bakal nggak tekor lagi.

Ketiga, hitung pemasukan dan pengeluaran secara rutin. Menghitung pemasukan dan pengeluaran secara rutin akan membiasakan lo untuk bijak mengelola keuangan. Bukan berarti pelit dan perhitungan, namun emang udah saatnya lo membiasakan mencatat biar nggak makin boros.

Keempat, mulailah menabung. Manfaat menabung, salah satunya adalah lo punya cukup dana darurat dan simpanan yang bisa digunakan sewaktu-waktu. Mulai sadar untuk menyisihkan gaji atau pendapatan lo untuk menjadi tabungan yang bakal berguna di masa depan.

Kelima, jangan tergoda paylaterSekarang, ketika lo ingin membeli barang, namun budget agak kepepet, paylater ibarat jalan terang. Lo bisa mencicil pembayaran di kemudian hari. Namun, akan lebih bijak jika lo menghindari penggunaan paylater dan menggantinya dengan pembayaran tunai yang jauh lebih aman.

Gimana, Civs? Udah makin paham caranya mengelola keuangan? Terlebih, ternyata ada beberapa hal yang nggak lo sadari selama ini menjadi penyebab kenapa lo sering merasa tekor.

Makanya, ayo makin bijak kelola keuangan sebagai budaya anak muda Indonesia masa kini yang tentunya bakal berpengaruh positif terhadap kemajuan perekonomian dan kesejahteraan kita sebagai penduduk Indonesia. (*/)

BACA JUGA: 5 HAL YANG BISA DILAKUKAN FREELANCERS SAAT SEPI JOB

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas