Trends

3 ALASAN JOURNALING BERMANFAAT MENINGKATKAN KESEHATAN MENTAL LO

Banyak yang mengira journaling itu cewek banget padahal melakukan  journaling bisa meningkatkan kesehatan mental lo, Civs.

title

FROYONION.COM - Journaling atau yang biasa dikenal dengan menulis diary adalah kegiatan menulis untuk menumpahkan segala pikiran, perasaan atau ide lo dalam catatan harian. Meski konsistensi menulis orang beda-beda, namun beberapa orang menulis journaling dengan rutin setiap hari untuk menceritakan kejadian sehari-hari yang dialaminya. Ya, biar jadi kenang-kenangan aja kayak album foto. Bedanya kalo album foto isinya gambar, kalo journaling itu tulisan.

Entah dari mana asalnya, tapi journaling seringkali dianggap sebagai kegiatan cewek aja. Cowok dianggap gak manly jika ketahuan menulis journaling. Gue juga gak tau kenapa, tapi asumsi gue karena journaling berkaitan dengan curhat dan perasaan (emosi). Sedangkan di masyarakat kita ini, perasaan atau emosi hanya diidentikan pada perempuan. Hayoo, siapa diantara kalian yang punya pikiran journaling itu cewek banget?

Gue kasih tau ya, melakukan journaling itu memiliki berbagai manfaat untuk makhluk yang memiliki emosi kompleks kayak kita, manusia. Hal ini terlepas dari jenis kelamin dan gender lo. Bahkan para praktisi di bidang kejiwaan seperti psikolog atau psikiater kerap kali menganjurkan klien dan pasiennya untuk melakukan journaling. Soalnya, dengan melakukan journaling seseorang dapat memahami perasaannya serta melampiaskannya dengan baik.

Selain itu, journaling membantu klien atau pasien untuk mengungkapkan pikiran dan perasaannya dengan jujur dan nyaman, sebab klien dan pasien akan merasa dapat menjadi diri sendiri dalam menulis journaling tanpa judgement dari siapapun. Hal ini akan membantu meningkatkan kesejahteraan mental mereka. Journaling yang dilakukan pasien dan klien juga membantu psikiater dan psikolog dalam mengidentifikasi pola pikir dan perilaku yang tidak efektif hingga destruktif. Inilah yang memudahkan psikiater dan psikolog untuk mengembangkan strategi membantu pasien dan klien. 

Berikut adalah alasan kenapa journaling memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan mental lo:

1. MEDIA MENGEKSPRESIKAN PIKIRAN DAN EMOSI

Seperti yang sudah gue sebutkan di atas, journaling dapat membantu kita untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan. Penyampaian perasaan lo akan lebih terorganisir dan terstruktur melalui journaling. Setelah lo memetakan pikiran atau perasaan lo, lo jadi lebih mudah memahaminya, sehingga lo pun cepat dalam memproses segala perasaan sedih, kesal, kecewa ataupun marah yang sedang dirasakan.

Ketika lo sedang merasa terlalu emosional dan sulit mengendalikan diri, lo bisa menggunakan journaling untuk menjelaskan apa yang lo rasakan. Hal ini meminimalisir resiko akan perilaku atau kata-kata impulsif yang terjadi saat kita marah.  

BACA JUGA: KEUNTUNGAN PUNYA SKILL MENULIS DI PERKULIAHAN YANG NGGAK LO SADARI

2. MEMBANTU MENGELOLA STRESS

Stress adalah reaksi yang terjadi ketika lo dihadapkan pada ancaman, tekanan ataupun sebuah situasi baru yang asing. Stress bisa meliputi perasaan pusing dan cemas, sebab ini memang reaksi alamiah tubuh lo untuk mendorong lo mencari jalan keluar dari tekanan atau situasi asing yang membuat tidak nyaman. 

Melalui journaling lo menjadi paham tentang apa yang lo pikirkan dan rasakan, hal ini membantu lo untuk mengidentifikasi sumber stress yang dialami. Apakah karena lingkungan baru? rekan yang tidak suportif? Atau karena ada masalah lain yang mengganjal? Nah, dengan mengetahui sumber stress, lo akan terbantu untuk menentukan langkah penyelesaiannya.

3. MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOLA MASALAH

Seumur hidup pasti lo mengalami berbagai masalah. Entah permasalahan dengan keluarga, teman, rekan kerja atau pasangan lo sendiri. Menurut gue dalam menyelesaikan masalah, hal pertama yang wajib lo ketahui adalah penyebabnya. 

Semisal lo berantem sama rekan kerja lo perihal project yang gak memenuhi target. Alasannya apa? salah satu dari kalian ada yang tidak mengerjakan bagiannya dengan serius. Setelah lo mengetahui penyebab dari masalah tersebut bukankah lebih enak buat lo ambil langkah perbaikan untuk kedepannya?

Nah, melalui journaling, lo jadi bisa menjabarkan segala permasalahan lo dan mencari titik permasalahannya, sehingga akan lebih mudah buat lo mencari jalan keluarnya. Lo jadi lebih paham bagaimana permasalahan bisa terjadi dan apa penyebabnya dengan dijabarkan dalam tulisan. Beda halnya jika cuma dipikirkan, pikiran lo akan terasa sangat ruwet dan berisik. Alih-alih menemukan jalan keluar, lo malah jadi pusing sendiri. Hal ini gak seefektif ketika lo jabarkan melalui journaling.

Jadi intinya adalah melakukan journaling membantu lo memahami perasaan, menuangkan gagasan hingga menemukan akar permasalahan. Dan yang paling penting melakukan journaling membantu lo untuk menyalurkan emosi-emosi yang negatif secara baik dan terstruktur. Nah hal inilah yang akan meningkatkan kesehatan mental lo. Selamat mencoba ya! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Kal

Seorang gadis sederhana dengan pikiran ruwet. Punya kecanduan sama film serta buku.