Movies

YUK KENALAN SAMA AIMYON: J-POP STAR YANG MASIH UNDERRATED DI INDONESIA

Mungkin nama-nama kaya Kenshi Yonezu, Yoasobi, dan ONE OK ROCK udah ga asing lagi bagi para pendengar J-POP. Nah untuk kalian yang juga suka jeJepangan wajib dengerin Aimyon, musisi indie alternative yang lagunya kece parah…

title

FROYONION.COM - Musik J-Pop bisa dibilang udah menjadi bagian dari hidup gue, ketertarikan ini muncul karena banyaknya anime yang gue tonton sewaktu kecil. Dari Dragon Ball, Samurai X, Bleach, hingga One Piece dan sederet anime lain yang pernah tayang di TV Indonesia. Beberapa band seperti Aqua Timez, Number Girl, Amazarashi, Kinoko Teikoku, atau Hitsujibungaku sudah khatam gue dengerin.

Kalau kalian tahu band-band yang gue sebutin ini, kalian akan paham kalau kecenderungan musik gue lebih mengarah pada alternative rock dan juga shoegaze/Dreampop. Dan tidak terlepas dengan musisi yang akan gue bahas di sini, Aimyon(あいみょん).

Morii Aimi yang memiliki nama panggung Aimyon ini lahir pada 6 Maret 1995 di kota Nishinomiya prefektur Hyogo. Aimyon sejak kecil sudah mendapat dorongan sebagai seorang penyanyi dari ayahnya dan juga neneknya. Aimyon sendiri sudah bisa menulis lagu pertamanya sejak SMA.  

DARI INDIE HINGGA LABEL

Setelah Aimyon lulus SMA musical perform aimyon yang ada di YouTube membuatnya dilirik oleh salah satu label musik bernama Lastrum Music Entertainment. Hingga akhirnya ia dikenalkan oleh pihak agensinya kepada perwakilan dari unBORDE sebuah sub-label dari Warner Music Japan. 

Aimyon yang merasa bahwa harus menjadi musisi yang bertahan lama, ia tidak mau tergesa-gesa dalam melakukan perilisan lagu maupun album. Sebagai uji coba pasar Aimyon merilis “Anata kaibō jun’ai uta ~ shine ~” pada salah satu label indie tahun 2015. Lalu debutnya dimulai bukan sebagai penyanyi namun sebagai penulis lagu pada sebuah grup Boyband bernama Johnny’s WEST’s dengan judul “Time Goes By”. Lagu tersebut booming dan akhirnya membuat nama Aimyon perlahan naik ke permukaan. 

ALBUM PERTAMA

Pada 2017 Aimyon akhirnya merilis full album pertamanya “Seishun no excitement”. Salah satu lagu dari album ini “Kimi wa Rock wo Kikanai” memenangkan penghargaan Grand Prix. Bisa dibilang ini adalah penghargaan pertama aimyon memulai debutnya sebagai musisi professional.

Namun lagunya yang berjudul ‘Marigold” lah yang membawa namanya hingga ke ranah internasional. Per saat gue nulis artikel ini video klipnya sudah ditonton lebih dari 295 juta. Ada satu saat gue berusaha cari informasi lebih lebih tentang Aimyon, dan sempat gue baca dari salah satu thread di Quora, bahwa nama Aimyon di Negeri Sakura sangat besar, dia bisa dibilang sebagai salah satu penyanyi J-POP yang sangat terkenal di sana.

Untuk kalian yang belum pernah mendengar lagu Aimyon coba deh dengerin. Kalian akan tahu nanti kalo apa yang gue sampaikan ini apa adanya. Apalagi kalau kalian udah mulai bosen sama playlist kalian, Aimyon bisa jadi salah satu opsi tambahan yang layak untuk dicoba.(*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Khalid Asmadi

Seorang mahasiswa di jurusan Ilmu Komunikasi, katanya sih suka baca buku filsafat, cuma ga pinter pinter amat. Pengen jago ngegambar biar bisa bikin anime.