Pop

TERDISTRAKSI LIRIK ‘BERTEMU DI BELANGA’ DI LAGU TULUS ‘HATI-HATI DI JALAN’

Lagu terbaru dari Tulus yang berjudul 'Bertemu di Belanga' cukup menyita perhatian netizen. Peribahasa ini nampaknya masih terdengar asing bagi kebanyakan pendengar lagunya. Tapi, apasih sebenarnya maksud dari lagu yang berhasil bikin galau ini?

title

Sound yang lewat di fyp tiktok emang lagi sedih – sedih yaa? Kurang melow apa coba lagu merasa indah-nya Tiara Andini? Sekarang giliran lagu hati – hati di jalan-nya Tulus bikin baper se-fyp tiktok? Apalagi yang dihiglight bagian lirik ‘bertemu di belanga’? Ternyata artinya bikin nyesek dan banyak yang ngerasa relate?

Lagu – lagu Tulus soal cinta emang selalu dibawain serius. Mau lagi kasmaran, LDR, kesepian, ghosting, gaslighting, posesif, self growth sampe perpisahan liriknya pake bahasa baku. Walaupun kedengerannya asing, tapi lama kelamaan kita terbiasa denger kosakata baru dari lagu – lagu Tulus. Apalagi instrumen lagunya easy listening jadi gak ngurangin rasa suka kita sama setiap lagunya. Saking ngerasa relate sama lagunya kadang jadi gak ngeh, kalau ada kata atau istilah yang belum pernah kita denger sebelumnya.

Contohnya lagu hati – hati di jalan ini yang sukses bikin netizen shock sama lirik dibagian intronya. Funfact-nya terbukti dari video tiktok @hijheelly yang nge-spill arti peribahasa ‘bertemu di belanga’ udah di-reply 1345 warga tiktok. Di kolom komentarnya gak sedikit yang ngaku baru denger peribahasa itu dan baru tau artinya lewat konten ini. Banyak juga yang ngasih pujian buat Tulus karna perbendaharaan katanya luas dan gak ketinggalan curhat colongan sambil mention akun crush mereka.

(akun tiktok : https://vt.tiktok.com/ZSeExea7x)

Apa kalian juga sama? Pas denger lagu hati – hati di jalan langsung suka tapi gak ngeh liriknya disisipin peribahasa yang artinya bikin miris. Sebagai pendengar setia musik Tulus, rasanya gak afdol kalo gak kedistract sama majas atau diksi baru dilirik lagunya. Begitupun waktu dengerin lagu hati – hati di jalan sampe abis, emang kedistract sama lirik ‘kukira kita asam dan garam’ ‘dan kita bertemu di belanga’. Karna baru pertama kali denger, jadi penasaran sama arti dari kalimat itu apa?

(video lirik lagu hati – hati dijalan)

Ternyata bagian itu emang jadi keresahan bersama yang akhirnya terungkap juga. Lirik itu ternyata berasal dari peribahasa ‘Asam di gunung garam di laut bertemu dalam satu belanga’ yang artinya jodoh kita bisa berasal dari tempat yang jauh, tapi akhirnya dipertemukan juga. Dikutip dari wikiquote peribahasa ini bisa diartikan menghibur hati orang yang belum berjodoh untuk tidak patah semangat. Wow deep banget gak sih maknanya? Berkaca – kaca sih bacanya, pantesan banyak yang kaget pas tau artinya.

Selain musiknya enak didenger, serunya dengerin lagu Tulus itu pas kita kedistract sama lirik lagunya. Terus kita kepoin artinya jadi experience yang gak didapetin lewat lagu lain. Gak cuman musiknya doang yang bisa dinikmatin, tapi lirik lagunya juga seru buat diulik. Kerasa banget take and give yang terjalin antara Tulus sama pengengarnya. Tulus bikin lagu pendengarnya dapet insight. Kalau dulu biasa aja sama kalimat hati – hati di jalan, abis denger lagu ini berasa jadi love language gak sih? Yap, word of affirmation waktu menghadapi perpisahan, bisa kita jadiin kode juga.

Udah ngeplay lagu hati – hati di jalan berapa kali hari ini? Wajib masuk playlist kalian sih terus direpeat deh sampai hafal. Biar bisa sing a long pas Tulus manggung. Tiap dengerin lagu ini ngefek ke theater of mind kalian gak sih? Sedih sih udah pasti, tapi dari lagu hati – hati di jalan ini kita belajar menyikapi perpisahan dengan cara yang lebih dewasa. Cara yang gak keliatan berat, gak nunjukin kita kalah malah nunjukin keikhlasan kita. Galaunya jadi berfaedah deh, bukan sedih yang menye menye. Beda rasanya kalau kita dengerin lagu lain yang sedihnya terang – terangan. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Disa

Freelance writer | Anak rumahan yang terlahir indie | Sunda pride Twitter: @nrlaldisa