Pop

GRUP MUSIK ‘SIMPLE SET’: BERMUSIK SEBAGAI ‘COPING MECHANISM’ DAN REKREASI

Kinoy vokalis grup musik Simple Set memilih bermusik sebagai rekreasi. Yanuar sebagai bassist pun mengamininya, menurut dia bermusik adalah sebuah ‘coping mechanism’. Bermusik adalah wadah untuk rileks bagi mereka.

title

FROYONION.COM - Simple Set adalah grup musik asal Samarinda, Kalimantan Timur yang terdiri dari Kinoy (vocal), Yanuar (bass), Ginza (gitar dan keyboard), Samuel (drum), dan Bagus Arya (manajer). Kinoy menganggap bermusik sebagai wadah untuk merasa rileks sekaligus cara untuk menyegarkan diri. 

“Bermusik itu coping mechanism,” tambah Yanuar. “Ia sebagai wadah untuk melepas penat.” Mereka mengaku menikmati prosesnya ketika bermain musik. Samuel turut menambahkan bahwa hidup tanpa musik akan terasa hambar baginya.

Pada lagu Simple Set yang berjudul In the Line, Kinoy sudah menuliskan lagu in bahkan sejak 2016. Grup musik Simple Set pun merasa terinspirasi dari grup musik Sore, The Beatles, Ungu, juga solois Mondo Gascaro. 

Lagu In the Line berangkat dari dirinya yang sedang bersepeda di malam hari menyusuri jalanan kota Malang, Kinoy terus melaju sambil merangkai kalimat di dalam kepalanya, “Harus stabil untuk terus berlanjut; akan jatuh ketika berhenti.”

Sambil mengayuh, Kinoy meramu segala ide yang ada di pikirannya menjadi sebuah lagu berjudul In the Line. Lagu bedroom pop yang mereka gubah rasanya amat nyaman di telinga. 

Masing-masing personil grup musik Simple Set mengaku memiliki lagu favoritnya sendiri. Kinoy, Yanuar dan Samuel mengaku menyukai lagu mereka yang berjudul Beanbag.  

Kinoy bercerita bahwa dirinya menyukai proses menulis musik. Pengalaman menulis atau menemukan lagu baginya adalah cara untuk menerjemahkan perasaan. Proses menulis memang merupakan keharusan, tapi sekaligus menjadi stress release baginya.

Yanuar mengatakan bahwa Simple Set hingga kini baginya adalah wadah yang nyaman untuk bermusik. Ke depannya Kinoy berharap semoga Simple Set bisa tumbuh dan berkembang, dan bisa jadi ruang untuk tumbuh secara pikiran dan konseptual. 

Awalnya Simple Set didirikan yaitu dengan tujuan sebagai ruang eksploratif bagi para anggotanya. Dalam grup musik ini, mereka bebas berekspresi dan bereksperimen untuk membuat sebuah karya musik. 

Begitu grup musik Simple Set berdiri, sebulan berikutnya mereka langsung manggung di kota asalnya. Hingga kini Simple Set masih terus manggung di Samarinda. Simple Set pun bakalan manggung di event Hajatan Froyonion di Studio Gedung Putih Bintaro, Tangerang Selatan pada Sabtu, 29 Oktober 2022

Setelah melewati masa pandemi dan berjarak selama beberapa waktu, Froyonion mengusung tema Hajatan dalam event ini dengan tujuan memperkuat komunitas Froyonion (Civillions). Hajatan Froyonion merupakan pre-event kolaborasi Froyonion bersama UNKL 347 yang rencananya akan diselenggarakan pada akhir tahun 2022 di kota Bandung.

Di sana juga bakal ada creative talkStranger Temu Minum Jamu (STMJ), main game bareng buat semuanya, dan masih banyak acara lainnya. Harapannya semoga Hajatan Froyonion bisa menjadi event yang asik untuk berkumpul dan bersenang-senang buat semua yang hadir.

Buat lo yang sudah mendapat undangan ke event Hajatan Froyonion. Sampai ketemu pada 29 Oktober nanti dan bersenang-senang bersama. Saksikan juga penampilan musik oleh Simple Set, Eleanor Whisper, dan Rub of Rub. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung