Movies

DIARY KEMALA, SI ‘AKTIVIS HANTU’ BAKAL JADI FILM ANIMASI BERGENRE HOROR PERTAMA DI INDONESIA

Komik bergenre horor di Webtoon biasanya bikin takut pembacanya. Berbeda dengan serial Diary Kemala yang ceritanya malah bikin terenyuh. Serial Webtoon yang mengajak kita berpetualang ke sisi lain dari dunia hantu ini bakal dijadikan film animasi loh, Civs.

title

FROYONION.COMAda kabar gembira buat pecinta serial Webtoon Diary Kemala. Pasalnya, serial yang bergenre horor karya Sweta Kartika ini bakal dijadikan film animasi dengan judul yang sama dengan serial Webtoon-nya. 

Film ini bakalan digarap oleh rumah produksi Batavia Pictures yang sadar kalo belakangan ini genre horor lagi banyak digandrungi oleh anak muda, ditambah lagi dengan semakin meningkatnya kualitas film di Indonesia. Untuk itulah, Batavia Pictures mencoba menggabungkan dua hal tersebut menjadi sebuah film animasi horor.

Diary Kemala sendiri merupakan serial Webtoon yang bercerita tentang hantu remaja SMA yang terjebak dalam dimensi arwah. Lah, gimana tuh? Kok hantu bisa kejebak dalam dunianya sendiri?

Jadi, si Kemala ini merupakan hantu yang bisa melihat kehidupan setelah kematian. Dia juga bisa melihat suramnya dunia manusia dari sudut pandang hantu. Dengan bantuan temannya, Dieter seorang hantu Eropa dan Pak Guru, ia bersama-sama berjuang untuk membantu para hantu untuk menuju dunia keabadian. 

Namun, usahanya tersebut membuat para iblis menjadi marah dan berusaha menghentikan usaha Kemala untuk membantu hantu-hantu tersebut. Semua kisah perjuangan yang Kemala lalui, ia tuliskan dalam sebuah buku harian. Meskipun usahanya kerap kali dihalang-halangi oleh para iblis dan membuat perjuangan Kemala menjadi sulit, akan tetapi ia tidak pernah mundur, bahkan semakin gigih untuk membantu.

Sweta Kartika, selaku author dari Webtoon ini dipercaya oleh Batavia Pictures menjadi penulis naskah film ini nanti. Penunjukan Sweta sebagai penulis naskah karena ia dianggap orang yang paling mengerti cerita dari serial Diary Kemala ini. 

Film animasi Diary Kemala akan dibuat dengan konsep hitam putih dengan sedikit memainkan cahaya, dan juga ada unsur sejarahnya, Civs. Alur ceritanya mundur dan disambungkan dengan keruntuhan negara Jawa sekitar tahun 1700-an. 

Kalo lo suka baca-baca serial Webtoon, terkhusus pecinta genre horor, serial ini mirip sama ghost teller dari Korea, cuma gambarnya lebih dark. Bahasanya menurut gue cukup berat, tapi indah dan enak dibaca. Kayak lagi baca syair-syair jaman dulu.

Sweta Kartika juga jenius banget kalo kata gue. Doi berhasil menyulap genre horor jadi lebih fresh, karena selama ini kita dibingungkan dan dibuat takut sama cerita-cerita hantu yang usil. Nah, Sweta memberikan point of view sisi lain hantu dari kejadian-kejadian yang ada serta alasan keusilannya selama ini. Apakah selalu hantu yang jahat atau justru manusianya?

Komik ini nggak cuma nampilin horornya aja, tapi inti dari ceritanya penuh pesan dan sesuai dengan kenyataan. Komik ini juga bisa bikin perasaan campur aduk, takut tapi di sisi lain bikin terenyuh. Setidaknya satu cerita baik tentang ‘mereka’ memberi kita gambaran dasar atas prasangka yang belum tentu mutlak hanya karena ada contoh lain atas keberadaan mereka. 

Teaser dari film animasi ini sendiri udah rilis pertama kali di ajang Indonesia Comic Con 2022. Teasernya terlihat menarik dan mampu mencuri banyak perhatian penggemar. Jadwal rilis film animasi ini sendiri masih belum diketahui, soalnya Sweta Kartika masih fokus untuk menyelesaikan season terakhirnya di Webtoon. Kabarnya film ini bakalan dirilis bersamaan dengan sejumlah animasi lain besutan Batavia Pictures. Kemungkinan besar sih, film ini akan tayang di bioskop setelah Garuda Sebelas.

Nah, selagi film animasinya belum rilis, ada baiknya lo baca dulu deh serialnya di Webtoon Civs, biar lebih mudah paham sama ceritanya. Tapi gue nggak saranin buat bacanya tengah malem, soalnya serial Webtoonnya pake sound yang lumayan bikin bulu kuduk merinding. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Annisa Paramadina Rahmi

Mahasiswa nyambi freelancer