Pop

5 HAL YANG MASIH MENJADI MISTERI, BAIK DI ANIME MAUPUN MANGA SPY X FAMILY

Serial yang satu ini memang lagi hangat-hangatnya dibicarakan sejak beberapa bulan lalu. Akan tetapi masih ada beberapa misteri yang menjadi pertanyaan besar bagi gue.

title

FROYONION.COM - Industri media kreatif maupun hiburan di Jepang sendiri memang lagi hangat-hangatnya dibicarakan, termasuk anime SPY X Family ini. Anime yang tayang perdana sejak bulan April lalu ini sering menjadi trending topic di beberapa media sosial khususnya Twitter karena cerita yang dibawakan sangat menarik.

Anime ini menceritakan sebuah keluarga yang dikepalai oleh mata-mata bernama Loid Forger dan istrinya Yor Forger yang bekerja sebagai pembunuh bayaran. Mereka memiliki anak perempuan bernama Anya Forger yang memiliki keahlian khusus yaitu dapat mengetahui isi pikiran manusia maupun hewan. Yang jadi unik di sini adalah, mereka bertiga tidak memberitahu identitas asli masing-masing demi kepentingan pribadi.

Mungkin beberapa dari kalian yang udah nonton atau baca manga-nya pasti tau bagaimana seru dan kocaknya cerita yang disuguhkan. Nah kali ini gue akan membahas beberapa hal yang masih menjadi misteri atau pertanyaan besar terkait anime atau manga-nya.

JATI DIRI ASLI LOID 

Loh, Loid Forger itu bukan nama aslinya? Ya bukan lah, Civs. Loid Forger itu nama samaran untuk digunakan dalam Operation Strix, sedangkan nama alias atau nama kode Loid adalah Twilight. Gimana? Bingung namanya yang mana? Hehe, sama.

Kalau kalian yang sudah nonton animenya, ada petunjuk di episode 5 tentang identitas mata-mata Loid Forger ini bertuliskan “Loid, Robert”. Eits, bukan berarti nama aslinya itu Robert Loid, tapi nama itu juga termasuk nama samaran yang digunakan terakhir kalinya. Di manganya bahkan terpampang nyata identitas Loid, tapi di bagian penting seperti nama asli, umur bahkan golongan darahnya dicoret menggunakan pena.

Di chapter lain juga ada cerita yang menunjukkan kalau Loid ini telah membakar dokumen penting terkait identitasnya tanpa tersisa satupun. Kemungkinan besar yang tau identitas asli Loid ini cuma para petinggi WISE karena orang-orang terdekat, keluarga, dan teman masa kecil Loid sudah meninggal semua akibat perang.

WAJAH ASLI?

Seperti yang kalian ketahui, Loid ini pekerjaan utamanya yaitu seorang mata-mata dari organisasi WISE. Dia termasuk salah satu mata-mata terbaik yang dimiliki Westalis dengan keahlian menyamarnya dan berganti wajah. Di awal-awal episode, ada scene yang menunjukkan Loid menarik topeng penyamarannya setelah misi mata-matanya selesai.

Namun, apakah wajah tampan yang selama ini kita lihat sebagai Loid Forger ini asli? Atau jangan-jangan wajahnya yang saat ini juga termasuk salah satu penyamaran? Karena nama Loid Forger ini juga termasuk nama samaran untuk Operation Strix. Sampai saat ini belum diketahui pasti apakah wajah tersebut asli atau bukan.

PIN JAS LOID

Ini termasuk detail kecil yang cukup mengganggu gue sih sebenarnya. Di episode pertama kita disuguhkan scene ketika para anggota WISE sedang rapat di suatu ruangan dan di dindingnya ada logo organisasi WISE. Lalu apa hubungannya dengan pin yang dipakai Loid?

Jika dilihat secara cermat, pin yang ada di jas Loid ini ternyata tengahnya berbentuk mata seperti logo organisasi WISE. Yang jadi masalah adalah, kenapa dia selalu memakai pin tersebut di jasnya? Apa dia tidak takut kalau ditangkap badan intelijen? Apalagi dia memakainya tepat di kerah depan dada kirinya. Walaupun organisasi WISE merupakan salah satu organisasi legenda atau mitos, tapi seharusnya Loid lebih berhati-hati bukan?

Bisa jadi alasan Loid memakai pin tersebut agar anggota lain lebih mudah mengenali Loid ketika menjalankan misi, tapi ya nggak logo anggota organisasi juga seharusnya. Yang jadi aneh lagi adalah tidak ada seorangpun menyadari ada pin logo organisasi WISE di jasnya Loid.

TIMELINE CERITA

Di episode 2, ada scene ketika Loid Forger pertama kali bertemu Yor dan dia mencari data pribadi Yor di ingatannya. Di data tersebut tertulis bahwa Yor lahir di tahun 1963 dan Loid berkata kalau Yor ini berumur 27 tahun (identitas ini asli atau bukan, gue juga kurang tau). Dari informasi ini, bisa kita simpulkan kalau latar waktu Spy X Family berada di tahun 1990.

Kalau kita ngikutin sejarah Jerman sendiri, perang antara Jerman Barat dan Jerman Timur telah berakhir di tahun 1990. Namun, jika mengikuti cerita Spy X Family sendiri, berarti Loid hanya punya waktu kurang dari setahun untuk menyelesaikan misinya dan sangat tidak mungkin sekali kalau Spy X Family ini rampung kurang dari setahun.

Ada scene juga di episode 1 ketika Loid membaca koran di kereta dan koran tersebut dirilis pada tahun 1765 (atau 1965, pokoknya antara tahun itu). Di manganya sendiri bahkan Loid membaca koran rilisan tahun 1962 atau 1965. Jadi makin nggak jelas kapan timeline yang tepat dari cerita Spy X Family.

ALASAN ORTU ANYA NGGAK CEMAS DENGAN KEBIASAANNYA

Kelakuan Anya memang tidak seperti anak kecil biasanya. Dia sering pusing kepala, mual, bahkan mimisan ketika di tempat ramai dan banyak orang. Ini dikarenakan dia adalah seorang esper, yaitu orang yang bisa tau isi pikiran manusia maupun hewan. Jika dia banyak menangkap isi pikiran manusia, dia akan mengeluarkan gejala seperti yang gue sebutkan.

Yang jadi aneh adalah kenapa orang tua Anya tidak menyadari dengan keanehan Anya? Mereka tidak berfikir untuk membawa Anya ke rumah sakit atau sekedar khawatir akan penyakit Anya yang sering kambuh. Yang ada malah ditawari antacid ketika Anya mual, dikira asam lambung kali (ada di manga chapter 26).

Mungkin karena Loid sama Yor juga bingung dengan kebiasaan Anya yang cepat sembuh ketika penyakitnya kambuh. Jadi mereka nggak begitu khawatir banget dan memeriksakan Anya ke rumah sakit. Tapi aneh banget sih, masa orang tuanya nggak memeriksakan anaknya ke rumah sakit ketika anaknya sering mimisan.

Sebenarnya masih banyak lagi terkait misteri yang belum terpecahkan di cerita Spy X Family ini. Seperti identitas Yor yang tidak diketahui Loid (mungkin karena organisasi The Garden sangat tertutup dengan informasi para anggotanya), rahasia yang disembunyikan Donovan Desmond, bagaimana The Garden membersihkan kekacauan yang ditimbulkan ketika misi tanpa ada jejak dan rumornya, dan lain sebagainya.

Mungkin hal tersebut bisa kita ketahui di Spy X Family cour 2 yang akan tayang pada awal bulan Oktober 2022. Denger-denger sih ada 13 episode yang bakalan tayang. Kita tunggu saja kelanjutan cerita yang akan dibawakan oleh Wit Studios dan Clover Works ini. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Dynasti Savira

Investor Reksadana, pro player Blossom Blast Saga, pegiat hidup monoton, dan penikmat seni tapi bukan air. Motto hidup : Semua masalah pasti akan berlalu, iya berlalu lalang.