Movies

4 REKOMENDASI DRAMA KOREA BERGENRE SLICE OF LIFE PALING SERU 2022

Tahun ini banyak dihiasi deretan drama korea yang nggak kalah seru dari berbagai genre, tapi genre slice of life ternyata masih jadi yang paling banyak diminati karena sangat easy to watch, Civs, apalagi untuk ditonton saat liburan akhir tahun. Yuk langsung aja simak rekomendasi drama Korea slice of life 2022 di bawah ini.

title

FROYONION.COM - Mendekati libur akhir tahun 2022, gue sendiri lebih milih untuk di rumah aja daripada pergi liburan ke luar kota. Hayo, siapa yang gini juga?

Biasanya selain bisa istirahat atau sekedar quality time singkat bareng keluarga, kegiatan seru lainnya yang bisa dilakukan saat liburan di rumah adalah maraton drama korea. Maklum, hari-hari biasa mana bisa nyempetin waktu buat nonton, kan?

Pemilihan tema juga jadi penting sebelum memutuskan mau nonton apa, Civs. Lo bisa sesuaikan sama mood saat itu, tapi salah satu genre yang menurut gue sangat cocok untuk dipakai binge watching santai adalah genre slice of life

Genre ini biasanya menunjukkan potongan atau cuplikan yang sering terjadi di kehidupan sehari-hari. Adegan-adegannya bisa mulai dari bangun tidur yang kesiangan, eh malah ketinggalan bus, ditambah lagi harus ketemu rekan kerja yang nyebelin. Relate banget kan Civs sama kehidupan kita?

Karena kemiripannya itu, sebuah karya atau drama korea bergenre ini biasanya akan lebih cepat masuk ke hati pentonon. 

Selain itu, karena lebih fokus pada pengembangan karakter daripada plotnya, seringkali drama dengan genre ini punya alur yang lambat, minim konflik, dan tak jarang juga memiliki open ending.

Tapi, walaupun lambat dan punya jalan cerita yang sederhana, kita justru dibuat untuk menikmatinya tanpa harus anxiety sama kelanjutan ceritanya. Nggak perlu tuh sampai cari berbagai teorinya di Twitter. 

Dengan kata lain, kita juga bakal lebih relax saat menontonnya. Cocok banget buat hilang-hiling melepas penat di akhir tahun.

Gimana, udah mulai tertarik, Civs? Tenang aja, selanjutnya udah gue siapin 4 rekomendasi drama korea tentang slice of life terseru selama 2022 yang bisa lo tonton dengan mudah di Netflix.

1. OUR BLUES

Seluruh pemain Our Blues (Sumber foto: Soompi)
Seluruh pemain Our Blues (Sumber foto: Soompi)

Mau nonton drama yang menyejukkan mata dan telinga? Our Blues jawabannya. Selain karena pemandangan pulau Jeju yang jadi latar drama ini, soundtrack-nya pun hampir semua enak didengar.

Drama 20 episode ini berkisah tentang kehidupan masyarakat pulau Jeju yang menggantungkan hidupnya pada laut. Lebih dari tempat bertahan hidup, laut Jeju juga menyimpan banyak kenangan untuk masing-masing karakternya. 

Kalau biasanya dalam suatu drama ada satu pasang tokoh utama, di Our Blues ini semua karakter punya kesempatan untuk menceritakan kisahnya masing-masing. Our Blues masuk ke dalam hati penonton dengan berbagai masalah sehari-hari, seperti hubungan ibu dan anak, kesehatan mental, hingga kehamilan remaja.

Drama ini diisi oleh banyak aktor terkenal, seperti sepasang kekasih Kim Woo-bin dan Shin Min-a, Lee Byung-hun, dan Lee Jung-eun. Nggak heran kalau rating drama ini mencapai 8.6/10 di IMDb.

2. TWENTY FIVE TWENTY ONE 

Kebersamaan Na Hee-do dan sahabatnya dalam Twenty Five Twenty One (Sumber foto: Soompi)
Kebersamaan Na Hee-do dan sahabatnya dalam Twenty Five Twenty One (Sumber foto: Soompi)

Drama yang dibintangi Kim Tae-ri dan Nam Joo-hyuk ini bercerita tentang kehidupan anak remaja di Korea Selatan pada tahun 1998. 

Na Hee-do (Kim Tae-ri) yang merupakan atlet anggar di sekolahnya, awalnya bersahabat dengan Baek-Yi-jin (Nam Joo-hyuk), anak muda yang harus hidup mandiri dengan jadi pekerja serabutan. Keduanya pelan-pelan saling mencintai dan tumbuh bersama sambil mengejar impiannya masing-masing. 

Selain mengikuti kisah percintaan mereka, persahabatan antara Na Hee-do dan Ko Yurim (Bona) juga paling menguras emosi. Sebelum akhirnya jadi bestie, mereka juga melalui masa-masa sulit sebagai lawan dalam olahraga anggar. 

Terus, kenapa diberi judul Twenty Five Twenty One? Karena judul adalah kunci, ending dari drama ini pun terletak di sana, Civs. Jadi, yuk tonton segera.

Drama ini juga mendapat rating 8.6/10 dari IMDb.

3. OUR BELOVED SUMMER

Choing Ung dan Yeon Su (Sumber foto: Soompi)
Choing Ung dan Yeon Su (Sumber foto: Soompi)

Balikan sama mantan itu nggak ada salahnya lho, Civs, seperti yang dilakukan Kook Yeon-su (Kim Da-mi) dan Choi Ung (Choi Woo-shik) di drama ini. 

Bagaikan bumi dan langit, Choi Ung adalah murid peringkat akhir di sekolah, sedangkan Yeon-su jadi siswi peringkat pertama nan ambisius. Keduanya ternyata harus berada dalam satu proyek dokumenter yang tak disangka akan menjadi awal perjalanan cinta mereka. 

Sempat putus, mereka berhasil bertemu lagi gara-gara video dokumenter yang kembali viral beberapa tahun kemudian, ya walaupun pertemuan itu harus diawali dengan pertengkaran yang tiada akhir. 

Cerita dinamika hubungan pasangan ini dapat rating 8.7/10 dari IMDb.

4. MY LIBERATION NOTES

Potret tiga bersaudara (Sumber foto: Soompi)
Potret tiga bersaudara (Sumber foto: Soompi)

Pernah nggak sih lo merasa bosan dan capek dengan keadaan yang gitu-gitu aja? Seakan hidup lo nggak pernah berkembang seperti orang lain dan hanya merasa kesepian dari waktu ke waktu. 

Dalam drama sebanyak 16 episode ini, My Liberation Notes berhasil mengemas perasaan itu lewat kehidupan tiga bersaudara yang tinggal di desa terpencil dan berusaha terbebas dari kegelisahannya masing-masing. Tiga bersaudara itu, Yeom Chang Hee (Lee Min Ki), Yeom Gi Jeong (Lee El), dan Yeom Mi Jong (Kim Ji-won), yang bertetangga dengan sosok tampan dan misterius Mr.Gu (Seon Seok-goo).

Lewat permasalahan yang realistis, banyak quotes tentang kehidupan yang bisa kita ambil dari drama ini. My Liberation Notes jadi salah satu tipe drama yang memberikan banyak makna positif buat penonton lewat alurnya yang lambat dan khidmat. IMDb memberikan rating 8.3/10 untuk drama ini.

Dari keempat list drama korea di atas, kira-kira drama mana yang akan kamu tonton lebih dulu? Atau buat yang udah nonton, drama mana yang jadi favorite kalian? Gue pribadi sangat membekas dengan Our Blues hingga saat ini. Ceritain pengalaman nonton kalian di kolom komentar yak! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

E. Nur Badriah

Seorang taurus dan babu dari seekor kucing persia