Music

WE THE FEST 2023: PENAMPILAN DAN VISUAL YANG MENGESANKAN DARI SEORANG ANIME FAN, PORTER ROBINSON

Hari pertama We The Fest 2023 dibuka dengan sangat ciamik oleh Porter Robinson. Bagi pendengar musik Jepang, kalian wajib dengerin DJ yang satu ini!

title

FROYONION.COM - Hari pertama We The Fest 2023 yang diselenggarakan pada 21 Juli 2023 di GBK Sports Complex dibuka dengan antusias yang tinggi dari para penonton.

Meskipun dimulai di hari Jum’at, penonton yang datang nampak memenuhi venue konser. Dibuka dengan penampilan Kunto Aji pada pukul 17.00 WIB, perlahan-lahan line-up semakin ‘panas’ dan meriah.

Pada pukul 20.00 WIB, seorang DJ, music composer, produser, sekaligus penyanyi asal Amerika Serikat yaitu Porter Robinson menggebrak We The Fest Stage yang merupakan panggung utama dalam event tersebut.

Sebelumnya, Porter Robinson memang menjadi salah satu musisi yang banyak digemari pendengar di Asia, terutama di Jepang dan Indonesia.

AWAL MULA KETENARAN PORTER ROBINSON

We The Fest 2023
Penampilan Porter Robinson di panggung We The Fest 2023.

Pada tahun 2014, Porter merilis album pertamanya, bertajuk “Worlds” yang tanpa disangka-sangka mampu memuncaki US Top Dance/Electronic Albums tahun 2014, serta mampu bertengger di urutan ke 15 dalam Billboard “The 40 Greatest Dance Albums of the Decade”.

Tone musik yang Porter adaptasi dalam lagu-lagunya sangat dipengaruhi oleh kultur Jepang. Dipadukan dengan musik electro house dan synth-pop, membuat Porter jadi semakin diminati pasar Jepang serta Indonesia, yang mayoritas menikmati musik-musik dari Negeri Matahari Terbit itu.

Lalu, pada tahun 2020, Robinson menggelar konser virtual bertajuk “Secret Sky” dan berhasil menggaet 4 juta penonton di seluruh dunia.

Diketahui juga, bahwa Porter sangat menyukai anime dan kultur Jepang secara umum. Mulai dari simbolisme dalam lirik, visual saat manggung, serta cover album diisi dengan tema Jepang.

Kekagumannya pada Jepang ini tak hanya berbentuk karya saja. Pada bulan Mei 2023, Porter resmi menikah dengan Rika Mikuriya, seorang perempuan berkewarganegaraan Jepang yang sudah menjalin hubungan dengan Porter sejak 2017 lalu.

PENAMPILAN PORTER ROBINSON DI WE THE FEST 2023

Porter Robinson memulai penampilannya di hari pertama We The Fest 2023 dengan spektakuler.

Visual yang dibawanya di atas panggung, serta aksi “one-man show”-nya mampu menyihir pengunjung We The Fest 2023 untuk berdansa bersama.

Porter tampil selama sekitar 50 menit, dan membawakan lagu andalannya seperti “Shelter”, dan lagu remix dari Nero yang bertajuk “The Thrill”.
Bagi penikmat musik Jepang secara umum—yang bahkan tidak mendengarkan EDM / Porter

Robinson sama sekali—penampilan DJ asal Amerika satu ini cukup enjoyable dan cenderung sangat menyenangkan.

Musik-musiknya sangat up-beat, dengan unsur happycore, serta auto-tune yang agak “feminim”, malah menambah kesan seru jika mendengarkan musiknya secara langsung.
Jujur saja, pengalaman mendengar musisi EDM secara langsung memang sangat berbeda dengan mendengarkan secara online.

Terlebih lagi, stage act yang ditunjukkan oleh Porter Robinson di 2 lagu terakhir cukup totalitas. Musisi yang satu ini mampu “mengarahkan” dan memainkan emosi penonton di We The Fest Stage dengan ciamik. Meskipun jika dilihat secara sekilas, penampilannya cukup “lowkey”, tanpa ada banyak gimmick yang heboh.

Overall, penampilan Porter Robinson di We The Fest 2023 sangat mengesankan. Bahkan, bagi pengunjung yang tidak mendengarkan musik EDM sama sekali, lagu-lagu Porter masih “masuk” di banyak telinga masyarakat Indonesia. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Garry

Content writer Froyonion, suka belajar hal-hal baru, gaming, dunia kreatif lah pokoknya.