Movies

TERTARIK CAREER SWITCH KE INDUSTRI KREATIF? TONTON DULU ‘TODAY’S WEBTOON’

Penasaran bagaimana bekerja di industri kreatif? Drama Today’s Webtoon sangat recommended untuk ditonton buat lo yang tertarik career switch ke industri kreatif.

title

FROYONION.COM - Drama Today’s Webtoon merupakan drama yang telah tayang pada 18 Agustus 2022. Drama ini masih dalam proses penayangan di SBS. Sayangnya, drama ini digegerkan karena memiliki rating terendah yang tayang setiap Jumat - Sabtu di SBS selama tiga tahun terakhir.

Meskipun begitu, drama ini tetap menyenangkan dan recommended untuk ditonton. Drama yang bergenre coming of age ini menceritakan dinamika pekerjaan seorang editor Webtoon. Keseharian seorang editor untuk mereview naskah, mengedit, dan menghadapi masa tenggat penayangan Webtoon diceritakan dengan natural disertai dengan pesan yang menyentuh. 

On Ma Eum (Kim Seo Jun) merupakan seorang atlet nasional judo yang kemudian career switch ke industri kreatif, tepatnya sebagai editor Webtoon di perusahaan Neon. 

Seorang atlet judo, yang menghabiskan waktunya selama 15 tahun untuk latihan, latihan dan latihan. Emang bisa ya career switch ke industri kreatif? Berikut gambaran kisah inspiratif On Ma Eum menjadi seorang pemula di industri kreatif:

BERAWAL DARI SUKA 

Keputusan On Ma Eum untuk mendaftar kerja ke industri kreatif bukanlah percobaan iseng-iseng berhadiah. Dia memiliki minat yang tinggi terhadap Webtoon. Webtoon merupakan bagian dari perjalanan hidupnya. Webtoon sebagai teman sejatinya yang menemani masa suka dan duka saat latihan judo persiapan olimpiade. Ikatan yang kuat ini dijadikan motivasi On Ma Eum untuk mantap bekerja di dunia Webtoon. 

On Ma Eum mempunyai alasan yang kuat kenapa dia ingin bekerja di dunia webtoon. Alasan ini lah yang menjadi kunci kesuksesannya sehingga dia tidak mudah menyerah. 

Berbeda dengan rekan kerjanya, Goo Jun Young (Nam Yoon Soo) yang ingin resign saat satu bulan pertama bekerja. Dia tidak memiliki alasan yang kuat untuk bertahan disana. Dan saat kerjaannya gak sesuai ekspektasi, dia akan gusar pengen cepet-cepet resign

Jadi buat lo yang lagi kepikiran buat career switch, coba tanya diri sendiri “Kenapa?”. Sebagaimana disampaikan Simon Sinek pada bukunya yang berjudul “Start with Why”. “Why” inilah yang menjadi bahan bakar seseorang untuk menggapai tujuan dengan pesat. Karena alasan itulah yang nantinya jadi patokan ketika lo ngerasa nyasar di dunia baru. 

MEMAKSIMALKAN POTENSI DIRI UNTUK BERKONTRIBUSI DI PERUSAHAAN 

On Ma Eum jelas tidak memiliki pengalaman yang sesuai dengan pekerjaan di industri kreatif. Selama 15 tahun, dia fokus latihan untuk mempersiapkan olimpiade nasional. Satu-satu nya hal yang memotivasinya yaitu kecintaannya pada Webtoon yang diterbitkan oleh perusahaan Neon. 

Lantas apakah cukup hanya dengan suka? Tentu tidak bukan? Harus ada action yang jelas dan terlihat nyata.

On Ma Eum menunjukan potensi diri nya yang jarang dimiliki oleh kandidat lain saat wawancara. Dia memiliki kesan yang baik dan unik sehingga dipilih secara khusus oleh ketua divisi Webtoon. 

Selama bekerja, dia memaksimalkan energi kekuatannya sebagai mantan atlit judo, menyebarkan energi positif, dan mindset pemenang yang pantang menyerah sehingga membuat rekan kerjanya kagum dengan kegigihannya. 

So, pahami diri lo sendiri dan keunikan lo sehingga lo bisa tampil beda biar menarik dihadapan HRD. Jadikan potensi unik lo itu untuk bisa berkontribusi maksimal pada perusahaan. 

MALU BERTANYA, SESAT DIJALAN

Rekan Kerja : “Nanti file nya gue forward ya?”

On Ma Eum : “okeey” 

“hmm… forward itu apa ya?

Obrolan ini berlangsung pada awal kerja On Ma Eum sebagai editor Webtoon. Lantas apakah rekan kerjanya ngomel-ngomel karena kata forward aja dia gak ngerti? Jawabannya, enggak. 

Rekan kerjanya paham kondisi On Ma Eum dan dengan senang hati mengajari hal-hal yang tampak asing bagi mantan atlet judo itu. Kalo masalah kecil aja belum berani tanya, gimana akan menghadapi masalah besar nantinya? 

Jadi jangan pernah ragu untuk bertanya, daripada sesat terus kebablasan sesatnya. Proses bertanya dan berdiskusi ini juga sebagai strategi khusus untuk membaur lebih cepat dengan teman kerja. 

BEKERJA DUA KALI LEBIH KERAS 

Sebagai pemula yang banyak gak tau nya, tentunya On Ma Eum perlu bekerja lebih keras. Dia banyak berdiskusi dengan atasan dan rekan kerjanya, dia mengambil beragam pekerjaan, dia lebih sering meeting bersama seniman Webtoon, dan sering lembur untuk persiapan presentasi. 

Kesadaran diri dan kemauan diri untuk terus belajar merupakan senjata yang kuat untuk berperang dan bertahan di dunia baru.

Pada kenyataannya, On Ma Eum hanyalah karyawan pengganti yang dikontrak selama satu tahun. Kenapa dia bekerja sekeras itu padahal pada akhirnya dia akan berhenti satu tahun kemudian? Bisa dibilang, dia tidak memiliki jenjang karir dibandingkan teman rekan kerjanya, Goo Jun Yeong.

“Hidup ini bermakna untuk masa depan yang tidak terduga” ucap On Ma Eum. Kesempatan yang besar ada di depannya, menjadi seorang editor Webtoon adalah impiannya. Dia melakukan yang terbaik pada kesempatan ini tanpa khawatir akan masa depan. 

Memaksimalkan kesempatan yang ada, dan lihat bagaimana akhir dari kerja kerasnya. Makin penasaran dengan ending dari drama ini bukan? 

Drama ini cocok ditonton buat lo yang penasaran gimana suasana bekerja di industri kreatif. Fenomena Career Switch yang mendebarkan ini digambarkan dengan jelas dalam perjalanan On Ma Eum bekerja. Kalo kata On Ma Eum “Fighting!!” buat kalian yang mau switch career ke industri kreatif. 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Oka Riyana Sari

Suka menulis, membaca, memasak, dan melakukan hal random lainnya