Movies

SINEAS MUDA, PERSIAPKAN FILM KALIAN. FESTIVAL FILM BOGOR AKAN SEGERA HADIR!

Pagelaran festival film bogor akan hadir kembali dengan konsep yang bukan hanya berfokus pada kompetisi,namun juga terhadap edukasi untuk para sineas,khususnya di Kota Bogor.

title

FROYONION.COM - Beberapa tahun ke belakang festival-festival film dalam negeri memang sedang masif perhelatannya, beberapa diantaranya adalah Jakarta Film Week, Festival Film Wartawan Indonesia, UCIFEST, Festival Film Indonesia, dan masih banyak festival-festival film yang berasal dari daerah-daerah yang ada di Indonesia.

Tidak jauh dari Kota Jakarta, ada salah satu festival tahunan yang akan dihelat tahun ini, yaitu Festival Film Bogor 2023. Untuk kalian para sineas yang ingin belajar atau ingin mengirimkan film kalian untuk dikurasi, ini merupakan kesempatan besar buat kalian.

FFB 2023 adalah kompetisi tahunan yang diinisiasi oleh Komunitas Film Bogor, Mari Belajar Film dan berbagai komunitas film yang ada di seluruh Bogor Raya. Tahun ini menjadi festival kedua mereka, setelah festival pertama yang diadakan tahun lalu sukses menggaet para sineas hingga ada lebih dari 300 submission film yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Ini menunjukan antusiasme yang luar biasa dari skena sineas, khususnya sineas muda tanah air.

Berkaca dari FFB 2022, ada beberapa kategori nominasi yang akan menjadi acuan untuk FFB 2023 ini. Beberapa diantara kategori tersebut ialah; Film pendek fiksi umum dan mahasiswa; Film pendek fiksi pelajar; Film dokumenter.

Setelah sukses pada tahun pertamanya, kini FFB kembali dihadirkan. Dengan konsep yang lebih menarik, FFB tahun ini bukan hanya fokus pada penghargaan dan kompetisi. Sesuai tema dan konsep yang akan digaungkan FFB tahun ini,yaitu ‘Mekar Mengakar’, FFB 2023 akan masuk ke ranah edukasi dan ekosistem komunitas film, khususnya di Kota Bogor.

Mekar Mengakar dijadikan sebagai simbol harapan bahwa sineas yang sudah bekerja di industri film dapat berbagi ilmu dan pengalamannya kepada sineas muda yang baru mulai dan ingin berkarir di bidang perfilm-an.

Dengan mekar mengakar juga diharapkan pendidikan dan edukasi di dunia perfilm-an dapat berjalan bersama sama industri serta komunitas yang menaunginya. Serta dapat berkolaborasi antara sineas muda, dengan sineas yang sudah berpengalaman di industri film Indonesia.

Cocok nih, buat kalian yang ingin belajar menjadi sineas atau buat kalian yang baru ingin masuk industri film. Atau mungkin kalian penasaran, dalamnya industri film ada apa saja? Nanti, kalian bisa belajar di FFB 2023 ini.

Di perjalanan menuju acara utama, FFB juga mengadakan event bulanan yang diberi nama ‘Layar Bogor Road to Festival Film Bogor 2023’. Kalau kalian adalah sineas yang berasal dari Bogor atau mempunyai film yang berhubungan dengan Kota/Kabupaten Bogor, kalian bisa loh submit film kalian untuk dikurasi dan apresiasi screening disini. Jika film kalian terpilih untuk ditayangkan, kalian bisa loh berdiskusi tentang film yang kalian buat dengan para penonton. 

Sumber Foto: Dokumentasi Komunitas Film Bogor (Layar Bogor 29 Juli 2023)

Pada acara terkini Layar Bogor hari sabtu, tanggal 29 Juli 2023 lalu, ada 2 tema yang diangkat yaitu ‘Rumaja Boga Carita’, tema ini diberikan untuk sineas remaja atau masih sekolah dengan explorasi terhadap isu-sosial. Tema yang kedua ialah ‘Rupa-rupa rasanya’, tema ini mengedepankan peristiwa dan rasa yang dituangkan kedalam media film.

Karena, banyak sekali isu, peristiwa, serta banyak hal yang sudah dan akan terjadi di lingkungan sekitar kita yang bisa kita tuangkan kedalam film yang kita garap. Ditambah dengan eksplorasi cerita, sehingga menghasilkan film yang menarik untuk ditonton.

Selain screening film, Layar Bogor juga mengadakan diskusi dan workshop bersama para sineas yang filmnya ditayangkan di acara Layar Bogor. Mereka bercerita bagaimana perjuangan dalam karya yang mereka buat dan membagikan pengalaman itu dengan penonton.

FFB 2023 sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 15, 16 dan 17 Desember 2023 di Kota Bogor. Namun, submission film sudah mulai dibuka tanggal 03 Agustus hingga 02 November 2023. Submisi ini bersifat bebas, artinya terbuka untuk seluruh sineas indonesia yang ingin mendaftarkan filmnya untuk dikurasi dan kemudian dipamerkan.

Cukup panjang waktu untuk submit karyanya. Kalian masih punya banyak waktu untuk memproduksi film pendek atau dokumenter kalian sendiri. Keluarkan semua style dan ciri khas dari masing-masing film yang kalian buat.

Berikan cinta, rasa, dan cerita yang unik dan hanya bisa ditemukan pada film yang kalian buat, karena itulah yang akan menjadi kekuatan atas karya yang kalian buat. Rasa dari masing-masing film tentu akan berbeda, dan memiliki keunikannya tersendiri.

Atau untuk kamu yang tinggal di wilayah Jabodetabek, Festival Film Bogor 2023 juga membuka relawan atau volunteer untuk membantu dari segala bidang kreatif. Mulai dari on stage sampai ke design untuk media sosial. Kalau kamu tertarik, kepoin ke Instagramnya Festival Film Bogor.

Ini adalah panggilan terbuka untuk para sineas muda yang ingin menunjukan taringnya di skena perfilm-an indonesia. Tunjukan bahwa film yang kalian buat memiliki cerita yang menarik untuk dibagikan.

Perlihatkan perspektif yang berbeda, yang mungkin orang lain sendiri tidak pernah terpikirkan untuk membuat film seperti itu.

Tunjukan seluruh kemampuan kalian di FFB 2023. Kita percaya bahwa karya yang kalian buat, pantas untuk dirayakan. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Kaka Prabowo

Senang membuat cerita yang hidup dan hidup dari cerita.