Movies

REVIEW REMAKE RUROUNI KENSHIN 2023, KISAH LAMA DENGAN TAMPILAN LEBIH FRESH

Rurouni Kenshin dibuat versi remake dengan judul Rurouni Kenshin: Meiji Kenkaku Romantan dan siap tayang 7 Juli 2023. Sambil menunggu hari penayangannya, simak dulu ulasan review anime remake Rurouni Kenshin berikut ini.

title

FROYONION.COM - Anime Rurouni Kenshin kembali dengan versi terbarunya, yakni Rurouni Kenshin: Meiji Kenkaku Romantan. Yuk, simak review anime Rurouni Kenshin: Meiji Kenkaku Romantan 2023 di bawah ini. 

Bahagianya anak 90-an yang masih merasakan beragamnya anime Jepang di televisi kala itu. Salah satu anime yang cukup populer saat itu adalah Rurouni Kenshin (Samurai X). 

Rurouni Kenshin adalah anime yang mengisahkan sosok samurai yang hidup di zaman Restorasi Meiji bernama Himura Kenshin, yang dikenal dengan julukan Hitokiri Battousai atau Battousai Si Pembantai. Julukannya tersebut dia dapatkan karena kala itu dia menghabisi semua musuhnya tanpa ada yang tersisa. Namun setelah era Restorasi Meiji berakhir, sang Battousai menghilang. 

Memasuki era baru setelah Restorasi Meiji, Kenshin muncul kembali tetapi dengan identitas berbeda. Bukan pembunuh, kali ini dia adalah seorang pengembara yang cinta damai. Dalam perjalanannya, dia bertemu dengan orang-orang yang akan menjadi keluarga barunya, yakni Kamiya Kaoru, Myoujin Yahiko, dan Sanosuke Sagara. Sejak itu dia bertekad melindungi orang-orang yang dikasihinya.

Nah, anime ini dibuat versi remake dan akan segera tayang bulan ini. Rurouni Kenshin versi remake dikerjakan oleh studio LIDENFILMS, yang mana sukses menggarap Goblin Slayer, Tokyo Revengers, Berserk, dan Cells at Work. 

Pada Minggu (2/7/2023), Froyonion berkesempatan menyaksikan lebih awal empat episode remake dari Rurouni Kenshin: Meiji Kenkaku Romantan. Berikut ulasan remake Rurouni Kenshin.

SUKSES BANGKITKAN KENANGAN

Namanya juga remake, sudah pasti jalan cerita yang dihadirkan tidak jauh berbeda dari yang dulu disaksikan di televisi. Jalan cerita yang tidak melenceng dari yang sudah diketahui penggemar lama membuat penonton dapat bernostalgia ke masa kecil.

Yang membedakan versi terbarunya dengan yang lama ada di tempo pengenalan karakter. Hideyo Yamamoto yang mengarahkan anime ini seolah tidak ingin buang-buang waktu dalam mengenalkan karakter yang ada. Pokoknya dia sat set sat set banget di versi terbaru ini.

Dia "membuang" karakter Dokter Gensai Ogumi, Ayume, dan Suzume Ogumi. Dari episode satu sampai empat, tidak tampak sama sekali kehadiran sosok orang tua yang menjaga Kaoru tersebut. Kaoru justru "dijaga" oleh orang yang punya niat jahat, sehingga setelah orang jahat tersebut disingkirkan, Kaoru seolah sendirian dan tidak memiliki figur ayah lagi. 

Kisah Kaoru selesai, Yamamoto langsung membawa penonton ke kisah pertemuan Kenshin dan Kaoru dengan Myoujin Yahiko dan Sanosuke Sagara. 

Selama kurang lebih satu setengah jam menyaksikan episode satu sampai empat, durasi setiap episode seolah sangat singkat karena Yamamoto benar-benar langsung mengajak penonton untuk fokus pada para main character. 

Sayangnya sesi screening berakhir dengan adegan pertarungan Kenshin dan Sanosuke, yang di dunia bawah tanah dikenal sebagai petarung dengan nama Zanza. 

GRAFIS YANG LEBIH MODERN

Rurouni Kenshin 2023 hadir dengan grafis yang lebih modern dibanding versi aslinya. Kalau versi lawas nuansanya terkesan lebih dark, bahkan meski latarnya di siang hari, dan penggambaran karakternya lebih dewasa. Di versi terbaru grafisnya lebih detail dan lebih berwarna, tetapi kesan "gelapnya" hilang. Penggambaran karakternya pun terkesan lebih "imut". 

Kasusnya mirip dengan remake Hunter X Hunter. Yang versi 1999 penggambarannya terasa lebih dark dan intens karena mirip dengan manganya. Sedangkan versi 2011 grafis dan warnanya lebih tajam, tetapi karakter-karakternya terkesan lebih imut. 

OPENING DAN ENDING YANG BELUM TERGANTIKAN

Versi remake Rurouni Kenshin tentu juga menghadirkan lagu opening dan ending yang baru. Ayase✕R-designated didapuk membawakan lagu opening yang berjudul Hiten, sedangkan penyanyi sekaligus penulis lagu, Reol mengisi ending-nya dengan lagu berjudul Kirisaki.

Kedua lagu tersebut enak, sayangnya lagu opening dan ending-nya belum terlalu "nyantol" di telinga seperti halnya Sobakasu milik Judy & Mary serta Tactics dari The Yellow Monkey. Hal ini mungkin karena penonton lama sudah terbiasa dengan lagu tersebut yang terus diputar selama beberapa episode. Alhasil lagu pembuka dan penutup yang baru tidak mudah terekam di memori. 

Demikian ulasan remake Rurouni Kenshin 2023. Rurouni Kenshin: Meiji Kenkaku Romantan dikabarkan akan tayang pada 7 Juli 2023 di platform streaming Prime Video. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Kintan Lestari

Freelance writer