Movies

REKOMENDASI FILM BERTEMA KESEHATAN MENTAL TERBAIK

Demi menciptakan “awereness” soal kesehatan mental. Tidak sedikit film yang mengangkat tema kesehatan mental! Ini dia di antaranya!

title

FROYONION.COM - beberapa tahun belakangan ini, semakin banyak orang yang peduli tentang kesehatan mental. Semakin banyak pula sutradara dan produser yang memproduksi film bertemakan kesehatan mental. 

Berikut beberapa judul film bertema kesehatan mental yang wajib ditonton!

1. Melancholia (2011)

Film yang diperankan oleh Kirsten Dunst ini menceritakan tentang dua saudari yang sama sekali tidak akur. Tokoh Justine yang diperankan Kirsten ini memiliki masalah kejiwaan yang membuat dia depresi serta merasa putus asa. Sutradara film ini Lars Von Trier sudah menjelaskan bahwa film ini merupakan kisah manusia melawan depresi serta bencana yang dialami.

2. Silver Linings Playbook (2012)

Drama komedi ini berhasil masuk nominasi Academy Awards di 8 kategori berbeda dan Jennifer Lawrence berhasil membawa pulang piala Oscar dalam kategori Best Actress. Mengangkat dua insan yang memiliki masalah psikologi masing-masing sehingga menciptakan kisah romantis yang unik serta kecocokan antara Bradley Cooper dengan Jennifer Lawrence dalam memerankan perannya menambah nilai positif untuk film ini. 

3. The Father (2020)

Mengharukan. Kata yang dapat menggambarkan film ini. Menceritakan tentang seorang pria lanjut usia pengidap demensia. Tinggal seorang diri dan bertekad mengurus dirinya sendiri. Ia terkadang mengalami lupa, kebingungan hingga konflik realitas. Mendapatkan rating yang cukup bagus, film ini wajib ditonton. 

4. Still Alice (2015)

Pemeran utama dalam film ini yaitu Julianne Moore (sebagai Alice), berhasil mendapatkan Piala Oscar sebagai pemeran utama perempuan terbaik. Mengangkat tentang kisah seseorang yang mengidap penyakit Alzheimer, film ini cocok ditonton bersama keluarga apalagi yang hidup dengan orang tua yang sudah lanjut usia. Agar dapat lebih mengenal dan menciptakan “awareness” tentang penyakit Alzheimer.

5. Black Swan (2010)

Film ini menggambarkan seorang penari balerina yang memiliki gangguan psikologis dengan kepribadian ganda. Berdurasi 1 jam 48 menit film ini berhasil menyuguhkan tontonan yang cukup ciamik serta suasana yang “gelap”. Tokoh Nina diperankan oleh Natalie Portman. 

Sekian lima rekomendasi film bertemakan kesehatan mental yang bisa masuk wish list atau watch later kamu! Semoga membantu, ya! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Annya Leonny

Gemar membaca dan menulis sambil menyulam mimpi.