Movies

PARA KARAKTER LAWAS YANG AKAN MENJADI PUSAT BARU DI MARVEL CINEMATIC UNIVERSE

Sebelum Avengers: End Game (2019), pusat dari pengembangan cerita MCU ada di 6 orang Avengers. Captain America, Iron Man, Thor, Hulk, Hawkeye, dan Black Widow. Sekarang, sebagian besar besar dari mereka sudah akan tidak mengambil peran penting dan akan digantikan oleh para karakter baru.

title

FROYONION.COM - Banyak yang mengira kalau dunia Marvel Cinematic Universe akan mengakhiri saga nya pada film Avengers : End Game. Bagaimana tidak, para tokoh penting sudah tidak mungkin untuk melanjutkan perjalanannya. Para Avengers yang selama ini menjadi inti dari kisah kepahlawanan sudah tidak memiliki kepala.

Iron Man dan Black Widow sudah tiada, Captain America sudah kembali ke usia sebenarnya, Hulk kehilangan keganasannya, dan Hawkeye bukan tipe karakter yang dapat menguasai panggung. Kini hanya tersisa Thor Odinson. Namun, dewa petir tersebut seakan sudah kehilangan hasrat untuk menghidupkan Avengers.

Namun, siapa sangka bahwa Kevin Feige (presiden Marvel Studios, Red) masih akan melanjutkan saga tersebut. Bahkan, dia akan membuat babak-babak baru dan memunculkan karakter-karakter komik yang selama ini belum muncul. Marvel Cinematic Universe Fase 5 pun dinyatakan meluncur.

Film-film yang akan dirilis sebagian besar akan berbeda konteks dengan MCU zaman dulu. Dari film pertama Iron Man (2008), MCU masih mengambil tema tentang aksi-aksi villain yang akan membahayakan bumi dan masih dalam jangkauan. Sebagian besar film dan latar aksinya berlangsung di bumi, hingga film Avengers : End Game yang menjadi pertarungan akhir terbesar, juga berlangsung di bumi.

Kini, MCU merambah ke dunia yang lebih luas. Semesta yang lebih luas. Dan pembawaan cerita yang luas. Multiverse. Mulai fase 5 ini, MCU akan berfokus pada cerita yang membahayakan bumi tetapi bukan hanya bumi yang ditinggali oleh para Avengers. Bumi-bumi yang ada di semesta lainnya juga bisa menjadi sasaran. 

Bahkan, tokoh-tokoh Marvel yang sebelumnya belum masuk kedalam MCU pun dirumorkan akan bergabung ke dalam saganya. 

Dengan dimulainya fase baru, MCU berarti juga belum menyatakan berhenti untuk memproduksi film-film superhero. Dan dengan diangkatnya tema baru, Ini berarti MCU juga akan membuat beberapa karakter pusat lagi mengingat ‘Big 6 Avengers’ juga sudah tidak ideal dijadikan pusat cerita. 

Perlu diketahui bahwa para karakter ini tidak akan menggantikan ‘Big 6 Avengers’ sepenuhnya. Para karakter ini hanya akan menggantikan mereka sebagai pusat cerita yang baru sebagai tokoh yang telah lama berada di MCU. Berdasarkan analisis film-film yang telah tayang dan bagaimana peranan mereka, para karakter ini mungkin akan jadi tokoh yang jauh lebih penting kedepannya.

1. DOCTOR STRANGE                                                        

Konsep supranatural MCU pertama kali diperkenalkan dalam Doctor Strange (2016) dan sejak saat itu, tokoh Strange lah yang mengatasi semua situasi yang berhubungan tentang ilmu magis. Termasuk multiverse yang pertama kali diperlihatkan dalam Spiderman : No Way Home. Doctor Strange adalah tokoh yang pertama kali paham tentang apa itu multiverse.

Multiverse sendiri sudah diperjelas konsepnya dalam film kedua Strange, Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Bukan tidak mungkin lagi bahwa nantinya Doctor Strange lah yang akan menjadi pusat saga dan memimpin para generasi baru dalam mengatasi permasalahan multiverse. Apalagi, Doctor Strange sudah menjadi tokoh penting di 2 film Avengers terakhir. Tak hanya itu, Doctor Strange juga memiliki hubungan yang kuat bersama para tokoh lama. Seperti kehadirannya di pemakaman Tony Stark dan pertarungannya bersama Guardian ketika melawan Thanos.

2. SCOTT LANG / ANT-MAN

Karakter Ant-Man awalnya memang terkesan kurang mencolok dan tidak begitu memberi efek besar. Namun, hal itu perlahan berubah sejak tayangnya film yang kedua yaitu Ant-Man and the Wasp. Di akhir film atau post credit, kita diperkenalkan tentang adanya dunia kuantum. Yaitu dunia kehidupan mikro yang mana tidak terhubung dengan ruang dan waktu yang ada di dunia nyata.

Berkat Scott Lang yang terjebak di dunia tersebut, dia tidak terkena snap Thanos dan mampu lepas ketika film Avenger : End Game. Hal itu kembali terulang di filmnya yang terbaru, ketika terjebak disana Scott bertemu dengan sosok villain yang akan jadi musuh utama di Avengers 5. Kang the Conqueror.

Selain karena pengetahuan tentang alam quantum dan pertemuannya dengan Kang, Scott Lang juga dulunya pernah menjadi rekan Captain America. Dalam film Captain America : Civil War (2016), Scott juga kenal dengan beberapa anggota Avengers. Dan dengan pengembangan karakternya seperti sekarang, Ant-Man sepertinya akan menjadi salah satu tokoh penting di masa depan MCU.

3. LOKI 

Meski dinyatakan mati pada film Avengers : Infinity War (2018), Loki ternyata masih hidup lantaran menuju masa lalu dalam film Avengers : End Game (2019). Dalam seriesnya di tahun 2021 yang lalu, diceritakan bahwa Loki tertangkap oleh TVA karena merusak realitas ruang dan waktu. Dan disanalah semua konsep dan penjelasan tentang multiverse dijelaskan dengan seksama.

Mulai dari adanya variant hingga membunuh Kang, kisah Loki seakan menjadi inti dari pengembangan cerita MCU di fase sekarang. Apalagi, kemunculannya di post credit film Ant-Man and the Wasp : Quantumania yang memperlihatkan dia bertemu dengan varian Kang semakin memperkuat posisinya. Penayangan Loki Season 2 nantinya akan menjadi sangat penting bagi para penggemar, karena di perjalanan Loki lah semuanya akan ditentukan.

4. CAPTAIN AMERICA SAM WILSON 

Series The Falcon and the Winter Soldier memang belum kelihatan seperti apa kelanjutannya di masa depan MCU. Namun, dengan pengembangan cerita yang lebih luas, bukan berarti kisah yang ada di bumi sendiri akan ditinggalkan. Karena bumi selalu menjadi pusat tempat tinggal, bukan tidak mungkin nantinya para Avengers akan kembali berkumpul. Mereka juga pastinya butuh sosok yang mengetahui dengan detail keadaan di bumi.

Sebagai mantan tangan kanan Steve Rogers, Sam yang kini menjadi sebagai Captain America yang baru tentu akan mengambil peranan tersebut. Meski MCU akan mengadopsi banyak kejahatan supranatural dan multiverse yang luas, Captain America akan selalu dibutuhkan untuk melindungi kejahatan-kejahatan fisik. Tentu juga sebagai simbol perdamaian.

5. CAPTAIN MARVEL 

Selama ini, Captain Marvel masih belum menunjukan eksistensi yang begitu besar dalam film-film MCU. Padahal Captain Marvel merupakan karakter yang bisa dibilang sebagai tokoh penting lantaran dia merupakan Avengers paling pertama yang diakui Nick Fury. Namun, hal itu wajar mengingat dia baru muncul secara resmi membantu Avengers pada tahun 2023 (tahun di MCU, Red).

Dengan koneksinya yang langsung menuju Nick Fury dan lingkungannya yang selalu berada di luar angkasa, bukan tidak mungkin bahwa di film-film berikutnya Carol Danvers akan mengambil peranan yang lebih besar. Apalagi, dia tergolong Avengers dengan kekuatan paling besar.

MCU telah kehilangan 3 karakter utamanya (Captain America, Iron Man, Black Widow), dan sekarang mereka sedang membangun proyek baru dengan dunia lebih besar. Tokoh-tokoh baru akan muncul. Penting atau tidak, Marvel selalu punya pandangan dan porsi tersendiri terhadap setiap karakter. Para karakter lama yang bertahan pasti akan memiliki panggung tersendiri.

Mengingat masih banyaknya karakter baru yang akan muncul seperti Black Knight, Daredevil, Blade, Agatha, Hercules, hingga Fantastic Four bukan tidak mungkin bahwa nantinya akan ada karakter yang mengambil porsi lebih penting dari 5 karakter yang disebutkan ke atas. Seperti diketahui, Marvel seringkali menyajikan kejutan. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Gemma Fahry

Seorang pemuda yang menyukai sepak bola sampai ke akar-akarnya. Manchunian Red Devils.