Movies

MARVEL SNAP: GAME SIMPEL YANG SIAP BIKIN KETAGIHAN

Kalo lo pengen coba game yang fast-paced, simpel, tapi gameplay-nya gampang, ga ada salahnya lo coba game satu ini.

title

FROYONION.COM - Sekarang kalian lagi main game apa sih, Civs? Kebanyakan dari kalian pasti jawabannya Mobile Legends, PUBG, Genshin Impact. Kemiripan dari tiga game populer tadi pasti punya durasi permainan yang cukup lama, sekitar lebih dari 15 menit dan gameplay yang epik. 

Tapi kalian pernah ga sih kepikiran buat nyoba game yang genrenya card battle? Di game card battle yang paling terkenal, Yu-Gi-Oh, durasi dalam satu game makan waktu banyak dan cara mainnya yang rumit kalau kalian lihat dari rules dan jenis-jenis kartu yang ada.

Dan, gua jadi tertarik buat coba game card battle yang namanya Marvel SNAP. Singkat cerita, gua tau game ini gara-gara sering nongol iklannya pas gua lagi nonton di YouTube. Karena penasaran, gua coba download game itu dan sampe sekarang gue masih betah mainin gamenya.

Marvel SNAP merupakan game yang diproduksi oleh Second Dinner dan dipublikasi oleh Nuverse, di bawah lisensi dari Marvel. Game ini rilisnya tanggal 18 Oktober 2022, dan bisa kalian download secara gratis di Playstore dan App Store. Game ini mengusung genre battle card, dan kartu yang dipakai dalam game asalnya dari adaptasi karakter di Marvel Universe, baik hero atau villain.

Di tulisan ini gua mau jelasin isi dari game ini dan siapa tau lo mau ikutan main juga, Civs.

  1. Gameplay yang simpel

Rules dari game ini tergolong gampang untuk diikuti. Dalam satu game nantinya bakal ada dua pemain, tiga area, berjalan sebanyak enam putaran, dan setiap pemain punya 12 kartu di deck-nya. Goals dari game ini simpel, pemain yang bisa memenangkan dua dari tiga lokasi bakal keluar jadi pemenang. Pemenang dari game ini ditentukan dari jumlah poin pemain dari semua tiga lokasi. Kalau menang, pemain nantinya mendapatkan hadiah berupa Cosmic Cube untuk ningkatin level akunnya dan upgrade kartu-kartu koleksinya.

Dari setiap giliran, pemain cuma bisa pakai kartu yang jumlah energinya sama dengan jumlah energi di tiap gilirannya.

2. Visual kartu yang eye-catching.

Kartu yang ada di Marvel SNAP punya visual yang menurut gua menarik karena pihak developer menggandeng banyak ilustrator yang karyanya ga sembarangan. Untuk visual dari kartu-kartunya ternyata bisa di-upgrade loh, Civs. Mulai dari mode frame break, 3D, sampai ke mode animated. Ga cuma itu, kartu di game ini juga punya variant atau visual alternatif dari kartu tersebut.

(Sumber gambar: dokumentasi pribadi)
(Sumber gambar: dokumentasi pribadi)

Selain visual, kartu di game ini dilengkapi sama ability-nya masing-masing yang bisa pemain manfaatin buat memenangkan game-nya.

BTW, sekarang pemain belum bisa beli kartu dari fitur Shop. Pemain bisa dapetin kartu baru untuk koleksinya dari hasil upgrade collection level-nya.

3. Lokasi game yang tricky

(Sumber gambar: dokumentasi pribadi)
(Sumber gambar: dokumentasi pribadi)

Seperti yang udah dijelasin di atas, goals dari game ini untuk memenangkan dua dari tiga lokasi yang tersedia dengan ngumpulin poin sebanyak-banyaknya dalam enam giliran. 

Tapi lokasi yang ada di Marvel SNAP sendiri juga punya ability dan advantage-nya masing-masing yang bikin lo harus putar otak untuk bisa menang. Tapi jangan khawatir, kalian bisa belajar dulu soal lokasinya biar nanti ga terlalu bingung di sini ya. Sama kaya kartunya, lokasi game ini juga diadaptasi dari lokasi yang ada di Marvel Universe.

Di game ini juga ada sistem tiebreaker kalau poin yang dikumpulkan pemain dari satu atau dua lokasinya seri, pemenang akhirnya bakal ditentukan dari selisih poin yang ada. 

Misalnya, pemain A berhasil menang di lokasi satu dengan skor 20-19. Di lokasi kedua hasilnya seri dengan skor 15-15, dan di lokasi ketiga pemain B berhasil menang dengan skor 15-5. Pemenangnya pemain B karena selisih poin di lokasi ketiga terpaut jauh dari pemain A. Bahkan game ini juga bisa dianggap seri loh, Civs, kalau dari tiga lokasi hasil akhirnya imbang atau jumlah selisih poinnya juga sama.

Nggak cuma itu, ada 2 fitur yang bisa kalian manfaatkan buat nambah serunya game; Snap dan Retreat

Snap merupakan fitur yang bisa lo pake buat menambah total jumlah Cosmic Cube yang akan diperebutkan. 

Di akhir game, lo bakal dapet Cosmic Cube dengan jumlah setelah di Snap, dan kalau kalah lo akan kehilangan Cosmic Cube dengan jumlah yang sama. Terus ada fitur Retreat alias kabur. 

Fitur ini berguna banget kalo lo udah yakin bakal kalah atau kehabisan strategi. Kalo lo kabur, lo bakal kehilangan setengah dari jumlah Cosmic Cube yang diperebutkan.

Tapi sayang banget nih, Civs, sampe sekarang Marvel SNAP belum bisa buat tambah teman dan belum bisa mabar. Jadi lo bakal main sama pemain yang dipilihnya random. Dan semoga fitur tadi bakalan hadir seiring sama update gamenya ya.

Itu dia penjelasan singkat dari gua soal game Marvel SNAP. Kalo lo penasaran dan fans-nya Marvel, ga ada salahnya lo cobain game ini, hitung-hitung bisa lo mainin pas short break atau smoke break dari kerjaan. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Rifki

Biasa dipanggil ‘Rif.’ Pemula dalam menulis yang kebetulan suka olahraga, baca, dan nonton.