Movies

‘HUBUNGI AGEN GUE!’: SERIES TERBARU DISNEY+ HOTSTAR, AJAK PENONTON MELIHAT KEHIDUPAN BALIK LAYAR ARTIS INDONESIA

Series Hubungi Agen Gue! hadirkan perspektif baru, bahwa menjadi artis tidak hanya tentang ketenaran dan gelimang harta, namun di balik layar, terselip konflik dan tantangan berat yang harus mereka hadapi.

title

FROYONION.COM - Rabu, 26 Juli 2023, Disney+ Hotstar menggelar special screening dari series terbaru mereka, yaitu Hubungi Agen Gue!.

Acara ini dihadiri oleh Mira Lesmana dan Riri Riza sebagai showrunners. Tak luput pula, ada jajaran casts seperti Hannah Al Rasyid, Yoga Pratama, Sheryl Sheinafia, Dea Panendra, Soleh Solihun, Adipati Dolken, Tara Basro, hingga Luna Maya.

Disney+ Hotstar
Jajaran casts dan showrunners dalam special screening Hubungi Agen Gue! yang akan tayang di Disney+ Hotstar pada 29 Juli. (Sumber: Garry/Froyonion)

BACA JUGA: MEMAHAMI PLURALISME LEWAT FILM DISNEY ‘ELEMENTAL: FORCES OF NATURE’

Hubungi Agen Gue! Diadaptasi dari series populer asal Prancis, yaitu Dix Pour Cent, yang secara garis besar, bercerita tentang pahit manisnya kehidupan di balik layar kaca, baik bagi talents atau artis, juga agen-agen yang menaungi mereka dalam sebuah talent agency bernama ASA+ (Agensi Surya Adhiwangsa).

Nantinya, di setiap episode, akan ada bintang tamu spesial yang berbeda-beda, yang masing-masing memiliki masalah tersendiri.

Masalah-masalah tersebut, kemudian akan menjadi tantangan bagi para 4 agen yang menjadi main cast di series ini, yang diperankan oleh Lydia Kandou sebagai dirinya sendiri, Donny Damara sebagai Ricky, Hannah Al Rashid sebagai Amel, dan Yoga Pratama sebagai Yudhis.

Series ini juga mencoba menerjemahkan arti kata "Agen" bagi industri hiburan di Indonesia, yang saat ini, masih kurang diadaptasi dan lebih familiar dengan konsep manajemen artis.

Mira Lesmana menjelaskan, bahwa series Hubungi Agen Gue! berusaha mencari bentuk atau penerapan yang ‘pas’ dengan kultur industri hiburan di Indonesia.

“Saya dan Riri bekerja sekitar 1 bulan, bagaimana kami bisa menerjemahkan arti kata ‘agen’ ini, dan akhirnya disambut baik oleh Disney+ Hotstar, kita kemudian memulai proses adaptasinya yang cukup panjang bersama 3 penulis senior, Prima Rusdi, Tumpal Tampubolon, dan Titien Wattimena,” ungkap Mira.

Melalui special screening yang dihadiri oleh segenap media-media yang bertempat di Plaza Senayan XXI pada 26 Juli kemarin, Disney+ Hotstar menayangkan 2 episode pertama, dari total 6 episode pada season 1.

Dalam episode pertama, penonton akan diperkenalkan dengan talent agency ASA+, sebagai salah satu agency tersohor di Indonesia dengan segenap agen-agen yang keren dan menaungi artis papan atas.

Lalu, di episode kedua, konflik yang terjadi dalam series ini semakin dalam, dan melibatkan lebih banyak pihak.

Dalam setiap episodenya, main plot yang menceritakan tentang ASA+ akan tetap jadi fokus utama. Di waktu yang bersamaan, plot yang berasal dari talents yang dinaungi ASA+ juga mendorong progress dari main plot. Sekilas, akan terasa seperti series Lucifer, atau Brooklyn Nine-Nine.

Selain didukung dengan jajaran cast papan atas yang tidak perlu diragukan lagi kemampuan aktingnya, dialog atau ‘tektokan’ antara para casts dalam series ini juga terasa sangat natural.

Dalam film atau series Indonesia, rasanya penggunaan bahasa masih menjadi masalah utama, yang pada akhirnya mampu membuat suatu film atau series dinilai bagus atau tidak. Namun, dalam Hubungi Agen Gue!chemistry dan dialog yang ada terasa cukup fluid, dan tidak terkesan seperti ‘plek-ketiplek’ membaca naskah.

Hubungi Agen Gue!
Soleh Solihun, Luna Maya, Tara Basro, dan Adipati Dolken yang menjadi bintang tamu spesial dalam series Hubungi Agen Gue! (Sumber: Garry/Froyonion)

Sebagai bintang tamu dalam salah satu episode Hubungi Agen Gue!, Soleh Solihun yang ceritanya "berkonflik" dengan Pandji Pragiwaksono menjelaskan bahwa masalah yang tersaji dalam series ini relatable banget dengan kondisi yang dihadapi oleh kebanyakan pelaku industri hiburan di Tanah Air.

Soleh juga menceritakan, bahwa menjadi bintang tamu dalam series ini rasanya tidak seperti sedang berakting.

“Cukup akurat, ada miripnya. Kalau di film kan memang segala sesuatu harus dilebih-lebihkan supaya menarik. Kalau terlalu akurat, namanya dokumenter,” celetuk Soleh, yang seketika membuat seluruh casts tertawa.

Terkait hal ini, Mira Lesmana dan Riri Riza juga menjelaskan, bahwa para artis di Indonesia cukup banyak yang request untuk menjadi bintang tamu dalam series ini. 

Para artis tersebut ingin menceritakan konflik-konflik yang mereka hadapi di kehidupan nyata dalam series ini. Salah satu tujuannya untuk memberikan perspektif baru kepada para penonton, bahwa menjadi artis di Indonesia tidak hanya selalu tentang uang dan ketenaran, namun juga tentang perjuangan dan usaha banting tulang.

series Disney
Riri Riza, sebagai salah satu showrunners dalam series Hubungi Agen Gue! Bersama Mira Lesmana. (Sumber: Garry/Froyonion)

“Industri perfilman merupakan dunia dengan segudang cerita. Selain ragam kisah yang tertuang dalam bentuk karya yang dapat disaksikan oleh para penikmatnya, sebenarnya, ada banyak cerita menarik yang datang dari balik layar. Rasanya begitu menyenangkan saat kami mendapat kesempatan untuk berbagi sisi lain dari dunia yang kami cintai ini dengan para penonton.” pungkas Riri Riza.

Buat kalian yang penasaran sama cerita di balik layarnya Luna Maya, Tara Basro, Soleh dan Pandji, serta bintang tamu spesial lainnya, kalian bisa tonton series Hubungi Agen Gue! di Disney+ Hotstar mulai tanggal 29 Juli nanti, dan setelahnya, tiap episode akan tayang weekly setiap hari Sabtu.

(*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Garry

Content writer Froyonion, suka belajar hal-hal baru, gaming, dunia kreatif lah pokoknya.