Movies

HOROR MENGHIBUR TANPA TRAUMA ALA SERIAL JURNAL RISA

Serial Jurnal Risa merupakan adaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Risa Saraswati. Episode awal serial ini akan rilis di Disney+ Hotstar pada 27 Mei. Sebelum menonton, baca review serial Jurnal Risa berikut.

title

FROYONION.COM - Novel kisah nyata karya Risa Saraswati berjudul Jurnal Risa: Teror Liburan Sekolah akhirnya dibuat serial. Sebelum mulai menonton di Disney+ Hotstar, berikut review serial Jurnal Risa episode 1 dan 2.

Serial Jurnal Risa disutradarai oleh Awi Suryadi yang merupakan sutradara film KKN di Desa Penari. Pada serial Jurnal Risa diceritakan bahwa Indy, sepupunya Risa, mendapat sebuah kutukan. 

Walau bukan keluarga kandung, Indy sebagai anak yang paling kecil sudah dianggap sebagai adik kandung sendiri. Keadaan ini membuat Risa dan para sepupunya harus menolong Dewi. 

Sepupu Risa lainnya selain Indy antara lain Angga, Nicko dan Kakang. Kutukan yang menimpa Indy berawal dari ketiga sepupu cowok tersebut yang sedang mengejar layangan. Pengejaran layangan menuntun mereka ke rumah kosong yang tampaknya tidak terurus.

TEROR PUN TIBA

Risa bersama keempat sepupunya tinggal di satu rumah bersama dengan kakek. Semenjak tanpa sengaja mendatangi rumah tersebut, satu per satu kejadian menyeramkan mulai terjadi di rumah mereka. 

Pada episode pertama serial Jurnal Risa, penonton akan dibuat mengenali setiap tokoh dan sejumlah tempat yang ada. Risa mulai bisa membedakan antara hantu yang baik dengan hantu yang jahat.

Risa pun menyadari bahwa salah satu dari ketiga sepupu cowoknya pasti berulah. Gangguan tersebut mulai menghantui mereka, terutama Risa, karena dia mampu melihat makhluk halus. Risa pun menuntun para sepupunya untuk membantu Indy terlepas dari kutukan.

Pada episode kedua serial Jurnal Risa, teror demi teror pun mulai hadir. Rasa penasaran dan simpati untuk menjaga satu sama lain membawa mereka menuju ke sebuah petualangan yang penuh dengan misteri.

Pertemuan dengan teman-teman barunya membuat misteri yang ada menjadi mulai terpetakan. Adegan ala mockumenter membuat serial Jurnal Risa semakin seru. 

HOROR YANG MENGHIBUR

Mengingat bahwa serial Jurnal Risa ini dipenuhi dengan tokoh anak-anak, serial ini pun boleh ditonton oleh semua kalangan usia. Penampakan yang hadir cukup membuat penonton terkejut, tapi tidak sampai menimbulkan trauma.

“Serial Jurnal Risa ini merupakan serial horor yang menghibur, bukan yang menimbulkan trauma,” ucap Manoj Punjabi dari MD Entertainment selaku produser Jurnal Risa.

Sejak proses pembuatan film Danur, Awi Suryadi telah membicarakan konsep filmnya bersama dengan Risa. Saat itu Risa meminta izin dengan Peter dkk. (hantu baik teman Risa) untuk pembuatan serial ini. 

Peter dkk. pun membolehkan dengan syarat tidak ada adegan sadis ataupun berdarah-darah. Untuk menikmati serial Jurnal Risa, kalian tidak harus menonton film-film Risa lainnya, seperti Danur, alias serial ini dapat berdiri sendiri.

“Serial ini tidak terlalu menyeramkan,” ucap Risa Saraswati. “Pada serial ini, kita benar-benar menyaksikan anak-anak yang bertualang dan memang ada horornya, itu saja.” 

Risa menambahkan bahwa alangkah lebih baik untuk menonton serial ini bersama keluarga. Pada serial ini, Risa menjelaskan bahwa terdapat mitos yang bisa menjadi bahan diskusi antara anak dengan orang tua.

“Ini adalah serial yang cocok banget buat ditonton lagi ngumpul keluarga,” terang Risa. “Kayak zaman kecil dulu; menonton film bareng-bareng.”

Penonton pun akan disuguhkan dengan obrolan lucu khas kepolosan anak-anak yang tentunya akan menghibur. “Syutingnya berasa main, tapi hasilnya gak main-main,” ucap Shofia Shireen, pemeran Risa kecil.

Sejak tahun 2017, kisah-kisah misteri Risa Saraswati dan para sepupunya telah disaksikan lebih dari satu miliar kali di lewat berbagai karya. Mulai dari konten di kanal YouTube, novel, hingga deretan filmnya. 

Orang dewasa mungkin akan bosan karena adegan mencekam dan teror yang hadir tidak begitu intens. Namun, Jurnal Risa sebetulnya sangat bisa dinikmati sebagai film petualangan yang ringan.

Review serial Jurnal Risa pada artikel kali ini menilai, bahwa serial tersebut cukup bagus untuk level film anak-anak. Serial ini juga menyajikan berbagai pelajaran yang bisa diambil. Saksikan Jurnal Risa mulai 27 Mei 2023 yang akan tayang di Disney+ Hotstar setiap hari Sabtu. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung