Movies

FILM SUZUME NO TOJIMARI DAN REALITA SEBUAH PERSAHABATAN, PERJUANGAN DAN TANGGUNG JAWAB

Film Suzume yang rilis 8 Maret 2023 kemarin menjadi salah satu film yang berhasil menarik perhatian banyak penonton hingga menjadi film terlaris di Jepang sebagai film dengan menghadirkan kisah perjuangan Suzume dan Souta yang mengharukan.

title

FROYONION.COM - Kisah dalam film Suzume No Tojimari diawali dengan pertemuan Suzume dengan orang misterius bernama Souta, seorang penjelajah muda yang mencari sebuah “pintu”. 

Film ini mampu merepresentasikan realita hubungan terhadap seseorang di sekitar kita yang kadang terlihat sederhana tapi memiliki banyak hal yang terjadi di dalamnya seperti pengorbanan, perjuangan dan tanggung jawab. 

1. PENGORBANAN

Kisah persahabatan dalam film Suzume menjadi sangat dekat dengan kenyataan yang ada di sekitar kita. Persahabatan memang kadang terlihat sederhana tapi memiliki arti yang sangat berarti bagi kehidupan kita. 

Persahabatan juga bukanlah tentang seberapa lama kita mengenal seseorang tetapi tentang seberapa dekat kita dengan mereka dan seberapa besar dukungan yang mereka berikan dalam hidup kita seperti Suzume yang membantu Souta menutup pintu-pintu dimensi lain di dalam film tersebut dan Souta yang mengorbankan hidupnya demi menyelamatkan dunia.

2. PANTANG MENYERAH

Dalam hidup kita bisa selalu mengalami banyak hal, mulai dari kegagalan, kekecewaan, hingga kesedihan. 

Namun, memiliki sahabat yang selalu ada dan siap mendukung kita akan membuat hidup terasa lebih mudah dan bahagia. 

Seperti yang terlihat dalam film, Suzume terus berjuang tanpa menyerah untuk menyelamatkan sahabatnya barunya Souta yang berubah menjadi kursi walaupun gagal Suzume terus mencoba lagi untuk menyelamatkan Souta.

(Source: Suzume No Tojimari on Pinterest)
(Source: Suzume No Tojimari on Pinterest

3. TANGGUNG JAWAB

Dalam film tersebut Suzume tidak sengaja membuka pintu yang bisa mengakibatkan monster cacing dari sebuah dimensi lain masuk ke dunia kita dan menyebabkan masalah besar terhadap dunia dan terhadap Souta. 

Namun, Suzume tidak lari dari masalah tersebut, dia bertanggung jawab dan menghadapi masalah yang telah dia perbuat. Apapun yang sudah kita mulai harus diselesaikan. 

4. MERENDAHKAN EGO

Selain persahabatan antara Souta dan Suzume di dalam film juga disuguhkan sebuah adegan yang menampilkan bibi Suzume yang menyuruh Souta untuk menyuruh pulang namun Suzume tetap tidak mau dan Suzume malah mengelak dan membuat hati bibinya hancur. 

Bibinya lalu mengungkapkan semua kekesalannya kepada Suzume selama merawatnya menjadi anak angkat. 

Bibi Suzume sampai teriak dan menyalahkan Suzume karena dia kerja keras mencari uang demi Suzume hingga dia menjanda sampai tua gara gara tak ada laki laki yang mau menikahinya karena ada Suzume.

Terkadang dalam sebuah hubungan sering terjadi konflik dan perbedaan. Namun, itulah yang membuat sebuah hubungan semakin kuat dan tumbuh bersama. 

Seperti yang ditunjukkan dalam film Suzume No Tojirami ini, hubungan kita dengan seseorang tidak selalu mulus, tetapi apabila kita saling mengerti dan saling mendukung, kita akan selalu bisa menjalin hubungan tersebut menjadi lebih baik.

Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang kita merasa sulit untuk menemukan sahabat yang benar-benar bisa dipercaya. 

Namun, dengan membuka hati dan berusaha memahami orang-orang di sekitar kita, kita bisa menemukan sahabat sejati yang selalu ada di saat kita membutuhkan.

Film ini memberikan potret yang baik tentang persahabatan dan hubungan dengan orang di sekitar kita. 

Persahabatan memang bukan hal yang mudah, namun dengan saling mendukung dan memahami satu sama lain, persahabatan bisa tumbuh dan bertahan lama. 

Persahabatan juga memberikan banyak arti bagi kehidupan kita, sehingga kita harus berusaha untuk menjaga dan merawatnya. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Sulthon Amanulloh

Mahasiswa jurusan Sastra di kampus yang tidak terkenal dan menyambi bekerja menjadi kapster di sebuah barbershop