Movies

FILM ‘CEK TOKO SEBELAH’ HADIRKAN WARNA BARU LEWAT TEATER MUSIKAL

Bukan hanya film, cerita Cek Toko Sebelah kini juga bisa dinikmati lewat seni pertunjukan bertajuk Teater Musikal Cek Toko Sebelah.

title

FROYONION.COM - Siapa sih yang belum menonton film Cek Toko Sebelah? Film ini merupakan karya sutradara Ernest Prakasa yang kental akan unsur kekeluargaan. Fenomena yang sering terjadi dalam lingkup keluarga berupa konflik yang relate membuat para penonton bisa terharu.

Film Cek Toko Sebelah bercerita tentang satu keluarga yang terdiri dari bapak dan ibu, serta dua orang anak cowok; Yohan dan Erwin. Anak pertama Yohan kerap merasa mendapat perlakuan yang berbeda dari adiknya, Erwin. 

Yohan menilai bahwa bapak tidak percaya kepada dirinya, baik untuk meneruskan usaha, maupun memilih pasangan hidup. Lantaran berada dalam satu keluarga, konflik yang hadir pada individu bisa saja bersinggungan dan membuat masalahnya menjadi semakin besar.

Cerita di atas kini bisa penonton saksikan di atas panggung pertunjukan pada event Teater Musikal Cek Toko Sebelah di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki pada tanggal 9–11 Desember 2022

Teater Musikal Cek Toko Sebelah merupakan kolaborasi Ernest Prakasa didukung oleh www.indonesiakaya.com dan bekerja sama dengan kelompok seni pertunjukan Jakarta Movin. Buat lo yang berminat untuk menonton bisa langsung cek di website Tiket.com untuk segera mengamankan tiket.

Teater Musikal Cek Toko Sebelah menghadirkan Chandra Satria, Morgan Oey, Kristo Immanuel, dan Lea Simanjuntak. Pertunjukan ini juga melahirkan talenta baru di dunia teater musikal, karena dalam proses pembuatannya, Jakarta Movin mengadakan audisi terbuka pada September lalu. 

“Dari awal Jakarta Movin berdiri, kami selalu ingin mencari dan melahirkan talenta-talenta baru di bidang seni pertunjukan,” terang Nuya sebagai sutradara dan penulis lagu. “Setelah hampir 10 tahun berdiri, Jakarta Movin sampai saat ini konsisten memproduksi talenta di bidang seni pertunjukan untuk memajukan seni pertunjukan di Indonesia.” 

“Oleh karenanya, setiap seni pertunjukan yang kami buat jarang sekali menggunakan talenta yang sama. Apalagi di Teater Musikal Cek Toko Sebelah ini, saya juga kagum karena dengan proses latihan yang singkat, talenta-talenta baru ini bisa menunjukan performanya dengan maksimal,” ujar Nuya.

Hal yang spesial yaitu sebanyak 16 lagu yang digunakan dalam pentas adalah original song dari Jakarta Movin, yang ditulis oleh Nuya, dan memakan waktu produksi selama 2 tahun. Bait-bait yang dinyanyikan oleh tiap pemeran rasanya sangat mengena di hati penonton dan membangun rasa haru.

Koreo yang dimainkan oleh masing-masing pemeran pun sangat baik sepanjang berjalannya cerita. Jakarta Movin telah mempersiapkan seluruh ornamen di Teater Musikal Cek Toko Sebelah sejak dua tahun lalu. Desain panggung yang artistik terasa amat membangun suasana.

“Tidak pernah terpikir di benak saya bahwa Cek Toko Sebelah bisa diinterpretasikan ke dalam sebuah drama musikal di panggung teater,” kata Ernest Prakasa selaku Co-Produser Teater Musikal Cek Toko Sebelah. “Ini merupakan sebuah pengalaman baru bagi saya untuk turut serta dalam proses kreatif sebuah drama musikal, mulai dari penulisan skrip, lagu, koreografi, dan sebagainya.” 

“Sungguh haru melihat keping demi keping tersusun untuk akhirnya siap disajikan. Tidak menyangka Cek Toko Sebelah ini menjadi sangat indah saat dibawakan secara musikal, dan membuat saya menangis hingga tertawa selama pertunjukan, ini merupakan pertunjukan teater terbaik tahun ini,” ujar Ernest.

Pengalaman menonton Teater Musikal Cek Toko Sebelah bisa memperkuat pengalaman penonton dalam memahami perasaan, keinginan dan kekecewaan para tokoh di dalam cerita Cek Toko Sebelah. Pementasan ini sekaligus mengingatkan masyarakat sebelum menyaksikan film Cek Toko Sebelah 2 yang akan tayang pada 22 Desember 2022 di bioskop. 

“Teater Musikal Cek Toko Sebelah ini kami harapkan bisa menarik minat masyarakat terutama generasi muda agar menyukai seni pertunjukan, sekaligus membangkitkan kreativitas para seniman muda mulai dari pemusik, pemain teater, penari, dan sebagainya. Kami juga berharap melalui seni pertunjukan dapat memicu lahirnya pertunjukan-pertunjukan dan meramaikan gedung pertunjukan yang ada di seluruh Indonesia,” ujar Renitasari, Program Director www.indonesiakaya.com. (*/) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung