Movies

DRAKOR PENUH AKSI 'WEAK HERO': TENTANG PEMBULIAN, TRAUMA DAN BALAS DENDAM

Bayangin gimana kalo kalian punya temen sekelas yang kalem dan paling pintar namun berdarah dingin dan ga kenal ampun, kenalin ini dia Si Eun Yeon…

title

FROYONION.COM - Drama Korea pasti sudah ga asing di telinga kalian semua, mana mungkin ada orang yang seumur hidupnya ga pernah nonton drakor. Apalagi genre romance berlatar kehidupan SMA atau dunia perkuliahan, yang selalu nawarin cerita yang sweet dan bikin kalian para cewek ngehalu, iya kan? 

Sayangnya sekarang bukan waktunya membahas yang manis-manis, di sini kalian akan berkenalan dengan drama Korea berjudul Weak Hero Class 1

Series ini baru saja rilis sekaligus pada bulan November 2022 kemarin sepanjang 12 episode. 

Weak Hero Class 1 diadaptasi dari webcomic berjudul sama yaitu Weak Hero yang dirilis di platform Webtoon pada 2018 lalu. 

Drama ini menampilkan Park Ji Hoon yang sebelumnya pernah menjadi member grup K-Pop Wanna One. Di sini Park Ji Hoon akan berperan sebagai sang tokoh utama “SiEun Yeon”. 

Lalu ada nama besar lainnya seperti Choi Hyun-Wook (dari Rocket Boys) sebagai “An So Hoo” dan Hong Kyung (dari Innocence) sebagai “Beom Seok”.

Weak Hero Class 1 menceritakan SiEun Yeon yang menjalani kehidupan SMA-nya di SMA Byeoksan. 

Ia adalah murid dengan fisik lemah namun sangat unggul dalam bidang akademik di sekolahnya. 

Ada suatu saat dimana SiEun akhirnya lepas kendali akibat pembulian yang dia alami. Namun, karena SiEun adalah murid yang cerdas, kemampuannya dalam memainkan psikologis lawan dan skill menganalisa situasinya yang tajam membuat dia dapat mengalahkan lawan dengan fisik lebih kuat dari dirinya. 

Nah datanglah An yang nantinya akan membuat segala kehidupan SiEun yang membosankan berubah.

Drama ini menyuguhkan cerita yang boring di beberapa episode pertama, walaupun kita diberikan sedikit tease bagaimana kemampuan sang sutradara meramu fighting scene dari drama ini. 

Kalian akan bisa menilai sebagus dan segreget apa dari beberapa menit adegan yang ditampilkan. Dan akan menjadi lebih ngilu dan lebih sadis lagi tiap episode berjalan. 

Kalau berkaca dari webcomic-nya sendiri SiEun selalu melakukan cara-cara yang unik dan tak tertebak saat melawan musuh-musuhnya.

Misalnya menggunakan pulpen, ikat pinggang, gorden dsb. Jenis pertarungan seperti itulah yang nantinya akan diangkat oleh pada drama ini.

Masalahnya Weak Hero Class 1 akan sedikit mengecewakan para pembaca webcomic-nya karena mengotak-atik banyak hal seperti sifat karakter, motivasi, dan penambahan tokoh yang cukup signifikan perannya dalam drama ini. 

Pada webcomic-nya trauma adalah fondasi cerita. Tentang bagaimana setiap karakter memiliki trauma, ego, dan hasratnya masing masing. 

Setiap trauma yang dialami akan membentuk motivasi berbeda dari masing masing karakter. Lalu dengan segala trauma, motivasi, dan ego mereka. 

Nantinya akan membawa satu sama lain semakin terikat dan membuat mereka saling terhubung. 

Sedikit saja perubahan dalam dramanya tentu akan membawa kita para penonton pada perspektif dan experience yang berbeda. 

Namun tidak menjadi masalah yang begitu besar kalian akan tetap bisa menikmati Series ini dengan atau tanpa membaca webcomic-nya.

Drama yang berjalan 12 episode ini hanya menjadi pengenalan cerita dan season pengantar untuk kita tahu alasan di balik kehidupan si tokoh utama di season selanjutnya. 

Park Ji Hoon membawa karakter SiEun dengan sangat baik, dia berhasil menunjukan sisi lemah si karakter namun di satu sisi impulsif dan memiliki kondisi mental yang kurang baik. 

Perasaan dan tatapan dingin dari si karakter berhasil dibawa hidup oleh Park Ji Hoon.

Untuk Hyong Kyung dalam memerankan Beom seok akan diberi nilai 9/10.

Awalnya akting yang dia lakukan sedikit meragukan karena karakter Beom Seok agak berbeda dibanding versi webcomic-nya. 

Hanya saja bagaimana emosi dan ego si karakter akan membuat penonton berempati sekaligus greget melihat aktingnya. 

Kita akan disuguhkan bagaimana trauma akan mempengaruhi kondisi mental dan sosok seseorang secara emosional. 

Jadi tidak akan terasa terlalu lebay atau melebih-lebihkan karena pembawaan masing-masing karakter yang sangat apik. 

Oh iya, by the way kalian semua bisa banget nonton series ini di Prime Video atau Viki, namun sayangnya series ini tidak tersedia di platform Netflix. 

Series ini cocok buat kalian yang bosan sama cerita romance dan butuh tontonan yang lebih fresh

Apalagi buat para pecinta action khususnya pertarungan bergaya one by one bakal cocok banget. 

Dan para pembaca webcomic-nya mari beri kesempatan sang sutradara dalam season keduanya, siapa tahu nanti si penulis mendengarkan curahan hati kalian. 

Jangan ragu buat nonton series ini semoga cocok dan bisa nemenin waktu senggang kalian. Have a great day... (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Khalid Asmadi

Seorang mahasiswa di jurusan Ilmu Komunikasi, katanya sih suka baca buku filsafat, cuma ga pinter pinter amat. Pengen jago ngegambar biar bisa bikin anime.