Movies

DRAKOR 'CELEBRITY' UNGKAP KENYATAAN GELAP DUNIA SELEBGRAM

Korea Selatan kini menjadi perhatian publik dengan industri hiburannya. Di balik keindahan yang terlihat, ternyata ini realita yang penuh intrik.

title

FROYONION.COM - Netflix telah merilis serial drama Korea baru yang mengundang banyak penonton berjudul Celebrity. Bahkan netizen internasional pun memberi review positif melihat cerita yang menarik.

Drama ini menyuguhkan kenyataan kelam para publik figur Instagram Korea di balik gaya hidup glamor. Hidup mereka menjadi konsumsi sehari-hari netizen dengan respon komentar yang beragam, entah itu positif atau negatif. 

Berawal dari pertemuan Seo A-ri dengan Oh Minhye, teman sekolahnya. Oh Minhye sudah sukses menjadi selebriti terkenal, sedangkan Seo A-ri hanya sebagai penjual kosmetik. 

Perjalanan sesungguhnya dimulai sejak ia diajak ke pesta yang terdiri dari orang-orang berpengaruh. Seo A-ri terlibat pada sebuah pertengkaran di acara tersebut sehingga dirinya menjadi pusat perhatian. 

Ia tidak dikenal oleh siapapun di sana, hal tersebut menjadi pemicu awal rasa penasaran. Tak disangka-sangka, followers Instagramnya bertambah cepat mencapai 1,3 juta. 

Nama Seo A-ri kini semakin besar menimbulkan kecemburuan selebriti lainnya. Mereka berusaha menjatuhkan Seo A-ri, begitupun juga Seo A-ri yang berusaha bertahan ditambah tekanan komentar jahat publik. Tak hanya menepis setiap serangan, Ia juga mengungkap sisi gelap dunia selebriti. 

APA YANG MEREKA LAKUKAN?

Celebrity Netflix
Drama Korea populer Celebrity. (Sumber: Netflix)

Untuk jadi terkenal, beberapa dari mereka sengaja berteman dekat dengan orang yang punya popularitas dan kekayaan. Saat hubungan pertemanan sudah terjalin, maka ada kemungkinan besar foto bersama akan diupload sehingga yang terjadi adalah panjat sosial. 

Wajah mereka akan terpampang di halaman sosial media dan followers otomatis meningkat seperti kisah awal Oh Min Hye dan Seo A-ri sendiri.

Saat para seleb sudah mulai dikenal dan memasang siaran langsung, mereka menunjukkan kepalsuan yang diinginkan netizen yaitu hidup mewah. Hal ini yang membuat geng gabin society dalam drama Celebrity punya rahasia masing-masing.

Ji Na yang menipu penonton dan pembeli saat menjual tas bermerek, ternyata tas yang dijual adalah tas KW. Sama dengan Angela, ia menjual tubuhnya untuk dapat uang dengan cara cepat padahal sudah punya pasangan. Satu alasan utama keduanya adalah memenuhi setiap biaya perawatan, pakaian, dan barang-barang bermerek untuk ditampilkan di Instagram.

HUBUNGAN DAN PERTEMANAN

Lingkungan toxic ternyata ada di circle yang kita kira sangat kompak dengan isi orang-orang bening alias cantik. Celebrity menunjukkan bahwa tak semua yang terlihat adalah kebenaran. Ada konsep yang diciptakan untuk membentuk identitas setiap dari mereka. 

Semua anggota gabin society hadir di acara toko Oh Min Hye berfoto bersama dengan gaya yang akrab. Tapi setelah kamera diturunkan, setiap dari mereka langsung bubar menjaga jarak fisik dari satu sama lain.

Saat ada yang terseret berita buruk, mereka akan menjauhkan anggota geng itu demi citra yang baik untuk diri sendiri. Mereka membandingkan sesama dengan sebutan “level” alias tingkatan atau kasta. 

Pernah dengar berita dating yang viral di industri hiburan Korea? Bisa jadi kabar baik dan buruk bagi penggemar tapi terlepas dari itu, popularitas dijamin akan naik pesat jika idola terkenal telah berpacaran.

Tidak semua rumor itu adalah benar adanya, terkadang cara ini adalah strategi untuk membawa nama artis semakin terkenal saat banyak media mengangkat isu tersebut. Seo A-ri dan Han Jun Kyung dalam drama Celebrity melakukan hal yang sama di awal untuk keberhasilan Seo A-ri. 

KABAR KESEHATAN MENTAL

Tanpa disadari, kesehatan mental seorang selebritas diuji. Mereka dituntut dengan ekspektasi penggemar yang kunjung mendorong mereka untuk jadi sempurna. Itulah cara mereka bertahan hidup khususnya dalam posisinya sebagai pembawa pengaruh. 

Netizen dengan gampangnya mengangkat dan menjatuhkan seseorang hanya dari ketikan ujung jari mereka. Masa depan para selebriti ada di tangan penggemarnya, inilah realita kejam yang terjadi terutama di Korea Selatan.

Seo A-ri sempat merasa dirinya tidak layak dan menganggap dia yang membawa semua hal buruk kepada orang-orang terdekatnya. Cara pandang Seo A-ri mulai salah sehingga muncul di benaknya untuk bunuh diri. 

Seperti yang kita lihat di berita, tidak jarang artis Korea mengakhiri hidupnya dengan cara tersebut. Mereka menerima ekspektasi yang dirasa tidak bisa dicapai, bahkan melihat banyaknya kebencian. 

Semakin buruk reputasi, semakin tidak berguna sosok pribadinya. 

KAWAN MENJADI LAWAN

Siapa sangka bahwa sahabat dekat Seo A-ri adalah salah satu pembuat akun haters? 

Seorang teman bisa jadi musuh yang menusuk dari belakang tanpa diprediksi. Hal ini terjadi karena iri akan kesuksesan Seo A-ri. 

Mencapai titik sukses bukan berarti masalah selesai, justru ada tantangan baru yang membuat seseorang perlu lebih hati-hati. 

PESAN MORAL

Penonton dapat melihat sisi gelap yang tidak terlihat di sosial media tentang dunia selebriti. Dari sini, kita bisa bersyukur karena tidak mengalami apa yang mereka alami. 

Saat mereka hidup dipenuhi kebohongan, setidaknya kita hidup dengan orang-orang yang menerima kita apa adanya. 

Saat mereka hidup dengan lingkungan yang toxic, kita hidup dengan lingkungan yang suportif.

Celebrity memberikan pesan yang baik juga tentang sukses tanpa menjatuhkan sesama. Jangan mementingkan diri sendiri dan lakukan kompetisi yang sehat. Justru dapatkan teman dan koneksi sebanyak mungkin untuk saling mendukung. 

Fokus pada diri sendiri akan lebih baik daripada mendengarkan apa kata orang lain. Asalkan yang kita lakukan positif, jangan hiraukan usaha orang-orang yang tidak suka dengan keberhasilan kita. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Agatha Dominique

Content writer, mahasiswa, marcomm Asean Youth Organization