Movies

DAFTAR 5 MANGAKA TERKAYA DI JEPANG, NOMOR WAHID PUNYA Rp3,6 TRILIUN

Hayoo kira-kira siapa ya mangaka paling kaya?

title

FROYONION.COM - Di Jepang, seorang mangaka atau pembuat manga (komik) terbilang salah satu profesi yang paling keren. Buat yang suka baca komik, pasti pernah punya kemauan buat bikin komik sendiri dengan dunia dan karakter yang berasal dari imajinasi lo sendiri.

Tapi memang perjalanan dan proses menjadi seorang mangaka itu juga gak mudah, ada progress yang sulit dan detail-detail yang harus diperhatikan. Seorang mangaka ga cuma harus menarik pembaca dengan ceritanya aja, terkadang juga dari segi gambar yang harus improve dari waktu ke waktu. 

Selain itu character development juga penting dalam sebuah cerita manga, anggap lah karakter yang lo buat itu kaya diri lo sendiri, yang semakin lama semakin improve dengan kemampuan menggambar lo.

Dibalik semua kesulitan-kesulitan itu, lima mangaka Jepang ini sukses dan menghasilkan kekayaan dari miliaran sampe triliunan. Mungkin beberapa dari kalian suka baca karyanya, ada yang sudah tamat, dan ada juga yang masih berlanjut sampai sekarang.

Dilansir dari cbr.com, inilah ranking 5 besar mangaka terkaya di Jepang:

5.   YOSHIHIRO TOGASHI (HUNTER X HUNTER)

Di nomor 5 ada Yoshihiro Togashi, pembuat dari anime/manga Hunter x Hunter. Cerita soal Gon Freecss yang nyari bapaknya sambil ditemenin sama sobat karibnya, Killua ini berhasil menjadi salah satu serial terpopuler, bahkan sampai di-remake di tahun 2011.

Hunter x Hunter berhasil memuaskan pembacanya dengan total penjualan mendekati 80 juta eksemplar. Sebelum Yoshihiro Togashi membuat Hunter x Hunter, ia juga punya karya lain yang popular di kalangan remaja 90-an, yaitu Yu Yu Hakusho.

Dengan lakunya dua manga itu, kekayaan Yoshihiro Togashi diperkirakan sekitar USD25 juta, atau setara dengan Rp353,2 miliar.

4. HAJIME ISAYAMA (ATTACK ON TITAN)

Saat ini pasti  gak asing denger serial Attack on Titan, ini salah satu manga atau serial anime yang populer saat ini. Banyak yang menunggu season terakhir dari serialnya, walaupun untuk manga nya sendiri sudah tamat. 

Kepopuleran manga ini berhasil mencapai angka penjualan lebih dari  100 juta volume. Dari hasil itu kekayaan Hajime Isayama dapat diperkirakan mencapai USD45 juta sampai USD50 juta atau sekitar Rp635,9 miliar sampai Rp706,5 miliar.

3. AOYAMA GOSHO (DETECTIVE CONAN)

Aoyama Gosho adalah otak dibalik kecerdasan Conan Edogawa dalam memecahkan kasus-kasus di manga atau serial Detective Conan. Manga yang juga populer di kalangan remaja 90an ini berhasil terjual sebanyak 230 juta volume.

Detective Conan tidak hanya aktif di serial dan manganya, tapi setiap tahun juga selalu merilis film-film dengan kasus yang menarik dan seru untuk ditonton. Popularitas Detective Conan membuat Aoyama Gosho masuk ke dalam top 3 mangaka terkaya di Jepang dengan total kekayaan mencapai USD50 juta atau sekitar Rp706,5 miliar.

2. AKIRA TORIYAMA (DRAGON BALL)

Nama Akira Toriyama tidak hanya terkenal dengan karya Dragon Ball-nya, tetapi dirinya juga berhasil meng-influence banyak mangaka lainnya. Artinya doi di sini sebagai senior Civs, dan dia berhasil membuktikan dirinya adalah seorang raksasa di Industri manga.

Manga Dragon Ball karya Akira Toriyama telah terjual sebanyak lebih dari 300 juta volume sejak dirilis pada tahun 1984. Hal ini yang mengantarkan Akira Toriyama menjadi salah satu mangaka terkaya di Jepang dengan total kekayaan USD45 juta sampai USD50 juta atau sekitar Rp635,9 miliar hingga Rp706,5 miliar.

1. EICHIRO ODA (ONE PIECE)

Posisi nomor satu mangaka terkaya di Jepang di duduki oleh the one and only Echiro Oda atau Oda-sensei. Hal ini tentu tidak diherankan, pasalnya One Piece menjadi manga terlaris sepanjang masa dan membuat Eichiro Oda menjadi mangaka terkaya di industri manga.

Sejak Monkey D. Luffy dan crew-nya diperkenalkan pada 1997, seri ini sudah terjual lebih dari 450 juta volume. 

Ada banyak perhitungan soal kekayaan bersih dari Eichiro Oda, ada yang menyebut USD200 juta, sementara beberapa perkiraan naik setinggi USD230 juta, atau senilai dengan Rp3,6 triliun. Dengan demikian-lah Eichiro Oda berhasil menduduki peringkat pertama mangaka terkaya di Jepang, dan sukses dalam industri tersebut.

Orang-orang pembuat manga di atas tidak hanya pintar menggambar, tapi juga jenius dalam membuat cerita yang menarik dan seru. Tentu gue sebagai penikmat manga sangat merasa puas dengan karya-karya mereka. Walaupun di balik kesuksesannya, ada jam tidur yang dikorbankan, dan tidak keluar ruang kerja selama beberapa hari bahkan bulan. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Vian Naufal Pradana

Seorang wibu yang suka musik, olahraga, dan baca buku (kalo lagi mood)