Movies

5 HAL YANG BIKIN DRAKOR NETFLIX MASK GIRL WAJIB DITONTON

Di tengah gempuran drakor bertema thriller dan revenge, Mask Girl menjadi salah satu drakor yang menyita banyak perhatian pencinta K-drama. Simak lima alasan kenapa kamu harus menonton Mask Girl di bawah ini!

title

FROYONION.COM Drama Korea (drakor) terbaru Netflix yang dirilis 18 Agustus 2023, Mask Girl menjadi salah satu serial yang belakangan ini banyak dibicarakan. Plot yang “gila” dan adegan-adegan yang bikin tidak nyaman penonton justru merupakan daya tarik dari Mask Girl yang membuatnya harus masuk dalam list drakor yang wajib ditonton.

Mask Girl merupakan drakor yang diadaptasi dari webtoon berjudul sama karya Mae Mi dan Hee Se. Drakor ini mengisahkan Kim Mo Mi, perempuan yang punya wajah jelek menurut standar kecantikan Korea Selatan. Namun di satu sisi, dia merupakan seorang broadcast jockey (BJ) paling populer dengan nama Mask Girl karena selalu tampil untuk streaming dengan menggunakan topeng.

Bagi yang belum membaca webtoon-nya, serial ini terkesan plotnya membahas soal bagaimana Kim Mo Mi harus menjaga rahasianya sebagai BJ ternama dengan nama Mask Girl agar identitasnya tidak terbongkar. Rupanya jalan cerita drakor ini tidak sesederhana itu. Berikut lima alasan kenapa kamu harus nonton Mask Girl.

(Mengandung spoiler)

1. TIDAK ADA KARAKTER YANG BAIK

Kebanyakan drakor mengambil plot antara karakter baik dan karakter jahat dengan hasil akhir si baik lah yang menang. Atau kadang pentonton bersimpati pada karakter jahat karena background story mereka yang menyedihkan. Namun di serial ini tampaknya sulit untuk bersimpati pada karakter tertentu. Sang sutradara, Kim Yong Hoon justru memperlihatkan sisi abu-abu para karakter.

Kim Mo Mi yang merupakan karakter utama punya sifat yang membuat penonton tidak bisa bersimpati dengannya, terutama di episode-episode awal. Dia menjelekkan rekan kerjanya, meyakini bosnya menyukai dirinya, melakukan beberapa hal tapi tidak memikirkan dampaknya, bahkan sampai membunuh meski sebagai bentuk perlindungan diri. 

Lalu ada Ju Oh Nam, rekan kerja Mo Mi yang merupakan otaku. Dia yang terobsesi dengan Mask Girl ketika mengenali Mo Mi sebagai Mask Girl langsung melakukan pendekatan dengan dalih melindungi Mo Mi. Namun obsesinya membuat dia sampai memperkosa Mo Mi yang akhirnya berujung maut.

Ada pula Kim Kyung Ja, ibu Ju Oh Nam. Dari sudut pandang Oh Nam, Kyung Ja merupakan ibu yang selalu protes, tidak puas dengan putranya dan menuntut berbagai hal. Namun ketika mengetahui Oh Nam dibunuh oleh Kim Mo Mi, Kyung Ja langsung menggila dan berusaha melakukan berbagai cara untuk melenyapkan Mo Mi, meski harus memanfaatkan Kim Mi Mo yang tidak tahu apa-apa dan membuat putri Kim Mo Mi itu bak hidup di neraka.

Sutradara Kim Yong Hoon tampaknya ingin menunjukkan bahwa di mata orang lain, bisa jadi kita adalah pemeran antagonis.

2. BANYAK PLOT TWIST

Drama ini semakin seru karena ada banyak plotwist yang tersaji. Di episode Kim Chun Ae misalnya, penonton awalnya pasti mengira dia juga tidak suka dengan Mo Mi. Rupanya yang terjadi adalah keduanya merupakan sahabat baik. Chun Ae bahkan tanpa ragu mengaku sebagai Mo Mi agar Kyung Ja tidak membunuh Mo Mi.

Lalu di episode Kim Mi Mo. Siapa yang menyangka bahwa orang yang menyebabkan hidupnya bak seperti neraka bukanlah sang ibu atau temannya, melainkan Kyung Ja yang berpura-pura menjadi nenek penjual tteokbokki dekat tempat tinggal Kim Mi Mo.

Dalam kisahnya, Mi Mo menyebut bahwa kabar ibunya pembunuh selalu mencuat kemana pun dia pindah, yang mana rupanya Kyung Ja lah yang menyebarkan kabar tersebut dengan sengaja agar hidup Mi Mo menderita. Dia juga yang menyebabkan retaknya persahabatan Mi Mo dengan Kim Ye Chun.

3. PENCERITAAN DARI BERBAGAI SUDUT PANDANG

Dalam sebuah drama, umumnya sutradara hanya mengambil satu sudut pandang saja, yakni dari sudut pandang karakter utama. Namun di Mask Girl, Kim Yong Hoon ingin menceritakan Kim Mo Mi dari sudut pandang berbagai pihak. 

Dari sudut pandang Ju Oh Nam, Mo Mi adalah idola yang sangat dia puja sehingga dia berkewajiban melindungi Mask Girl. Di mata Kyung Ja, Mo Mi adalah pembunuh putranya. Di  mata Chun Ae, Mo Mi adalah sosok yang bisa dikatakan seperti saudara sendiri. Lalu di mata Mi Mo, Kim Mo Mi adalah sosok yang dibencinya. 

4. SINGGUNG BERAGAM ISU

Meskipun drakor ini bukan diangkat dari kisah nyata, tetapi sutradara dapat mengangkat berbagai isu ke dalamnya. Lewat Mask Girl, penonton diajak menyelami berbagai isu yang sebenarnya terjadi di seluruh dunia. 

Di episode awal misalnya, diperlihatkan isu beauty privillege. Kim Mo Mi yang wajahnya tidak memenuhi standar kecantikan orang Korea Selatan cukup sering dihina. Adegan di kantor menunjukan bahwa rekan kerjanya yang lebih cantik, yang bernama Ah Reum, dipuji meski hanya membuat kopi. 

Lalu saat di kereta, ketika Mo Mi merasa dirinya dilecehkan dan membawa  orang yang dia duga sebagai pelakunya ke kantor polisi, Mo Mi dihina oleh terduga itu bahwa dia tidak akan melecehkan perempuan dengan wajah seperti Mo Mi.

Sutradara Kim Yong Hoon juga menyinggung sedikit soal fanatisme agama lewat sosok Kyung Ja. Karakter Kyung Ja memang tidak digambarkan sefanatik agama seperti dalam drakor Save Me, tetapi adegan ketika dia mengikuti mobil Mo Mi dan Chun Ae untuk membunuh keduanya, Kyung Ja menyanyikan lagu rohani Glory-Glory Haleluya, yang seolah dia akan dapat membunuh Mo Mi dengan dukungan dari Tuhan.

5. DITUTUP OPEN ENDING

Hal menarik yang terakhir dari drakor Mask Girl adalah ending-nya yang bebas diinterpretasikan. Pada episode terakhir, diperlihatkan pertarungan terakhir antara Kim Mo Mi dengan Kyung Ja. Ketika Mo Mi, Mi Mo, dan Ye Chun keluar dari rumah Kyung Ja, pihak kepolisian rupanya sudah mengepung rumah tersebut untuk menangkap Mo Mi. Kyung Ja yang ternyata masih sadar rupanya ikut keluar untuk membunuh Mo Mi dan mengira para tentara itu datang untuk membantunya.

Dia pun kemudian mengangkat senjata dan berencana menembak Mi Mo agar Mo Mi tahu rasanya kehilangan buah hatinya. Namun Mo Mi mengorbankan dirinya tertembak untuk menyelamatkan putrinya. Sementara Kyung Ja tewas karena ditembak di kepala oleh tentara yang ada di situ. 

Setelah peristiwa tersebut, adegan berganti dengan menggambarkan Mi Mo yang kini seorang diri. Dia terlihat membereskan barang-barang neneknya, yang tewas dibunuh Kyung Ja, dan menemukan hal-hal tentang ibunya,  yang salah satunya adalah handycam berisi penampilan Mo Mi ketika masih kecil. Drama pun berakhir dengan Mi Mo yang menangis usai mendengar impian ibunya.

Nah, ending tersebut tentu meninggalkan pertanyaan, apakah Kim Mo Mi masih hidup setelah melindungi Mi Mo dari Kyung Ja? Penonton bisa menafsirkan sendiri akhir cerita karena ada dua kemungkinan. Kim Mo Mi selamat karena mendapat pertolongan dari tentara di sekitar, kemudian dia kembali mendekam di penjara. Atau saat itu dia juga tewas akibat tembakan Kyung Ja? Kalian bisa menafsirkannya sendiri.

Demikian lima hal yang bikin drakor Mask Girl wajib ditonton. Selamat menyaksikan! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Kintan Lestari

Freelance writer