Kreatif

SPILL TIPS JADI YOUTUBER ALA YOUTUBE-NYA LANGSUNG: ANTI GAGAL-GAGAL CLUB!

Masih memendam mimpi untuk jadi Youtuber sejak 5 tahun lalu karena takut gagal? Inilah waktunya lo untuk meraih mimpi itu, Civs! Anti gagal asalkan lo mau mencoba~

title

FROYONION.COM - Lowongan kerja sebagai Content Creator lagi hangat banget di jagad LinkedIn. Mungkin karena hampir semua industri saat ini pada akhirnya harus bikin konten digital guna mempromosikan produknya kali yah. 

Walaupun sering dapet cemoohan dan dipandang sebelah mata karena dianggap kerjanya main HP doang, tapi jadi content creator ternyata nggak semudah itu. 

Ternyata YouTube juga ngeliat hal ini, permintaan sumber daya manusia untuk bisa memproduksi konten meningkat sedangkan literasi dan informasi untuk memperkaya para kreator pemula masih sedikit banget. 

Maka mereka membuat sebuah online workshop yang bertemakan ‘News Creator Workshop’ yang bisa diikuti secara gratis oleh seluruh pembuat konten di seluruh dunia. Tapi di workshop ini memang lebih dikhususkan untuk para jurnalis yang pengen memperdalam ilmu tentang news video making. 

Walaupun begitu, ada banyak banget pembelajaran menarik yang bisa diterapkan di platform mana pun dengan treatment video gimana pun. Salah satunya adalah step-by-step jadi YouTuber yang di-spill sama Global News Publishers and Broadcast Lead YouTube, Kourtney Bitterly

Menurut Kourtney, ada 3 langkah yang harus lo tahu untuk bisa bikin konten video di YouTube tanpa takut gagal. 

TEMUKAN FAKTOR ‘KENAPA’

Kalo mau jadi content creator, tentunya harus tahu alasan kenapa lo mau jadi content creator. Supaya nggak bingung, ada 3 pertanyaan ini yang harus lo jawab sebelum melangkah lebih jauh. 

  1. Lo pengen konten lo ‘idealnya’ ditonton sama siapa? (Umur, demografis, gaya hidup, dll)
  2. Lo pengen orang yang nonton video lo dapet apa? (Informasi umum, call to action, berita-berita viral, dll) 
  3. Hal unik apa yang bisa lo tawarkan lewat konten-konten lo? (Hal yang membedakan lo dengan kreator serupa dan bikin lo otentik) 

Kalo masih bingung, lo bisa ngintipin channel-channel YouTube yang serupa sama konten yang pengen lo buat. 

Misalnya lo pengen bikin konten tentang anak muda, lo bisa nontonin video Froyonion. H3H3. Ya siapa tahu ada yang bisa dipetik ye kan~

BTW, kalo lo udah ketemu faktor ‘kenapa’ ini lo akan sangat terbantu kalo nanti treatment konten lo harus berubah-ubah.

Misal YouTube Froyonion punya ‘Kelokalan yang Belum Tentu Arif’ sebagai faktor ‘kenapa’. Treatment kontennya ada banyak, mulai dari ngobrol sama orang, nanya pendapat para subscribers, nyobain makanan-makanan unik, nyobain hal-hal unik dan ekstrim yang nggak banyak orang mau coba, dan sebagainya. 

Tapi kalo ditarik lagi, ternyata benang merahnya masih sama yaitu ‘Kelokalan yang Belum Tentu Arif’ itu. 

BACA JUGA: BEGINI CARA JADI KREATOR KONTEN KAYAK DILAN CEPMEK

TERUSLAH BEREKSPERIMEN

Nggak ada jalan pintas buat sukses. Buat tahu formula video kayak gimana yang paling oke, lo harus terus mencoba. 

Mulai aja dulu dengan bikin konten yang sesuai isi kepala lo. Nggak usah muluk-muluk harus pake kamera mahal atau lighting yang proper. Hal teknis kayak gitu akan terus berkembang sesuai kemampuan lo kok. 

Bahkan dulu peralatan Froyonion buat syuting juga belom selengkap sekarang. Semua hanya dimulai dengan lighting Aperture dan mika bening sampe akhirnya sekarang punya Falcon dan GVM. 

Kemudian jangan gengsi buat menerapkan Amati, Tiru, dan Modifikasi alias ATM dari channel YouTube lain, terutama yang kontennya serupa sama lo. Dengan menonton konten mereka, lo bisa ngeliat apa keunikan mereka, hal yang yang bisa lo lakukan lebih baik, dan apa yang bisa dimodifikasi. 

BACA JUGA: CHEAT CODE DAPETIN IDE KONTEN -Feat. HARWINSYAH ARIF

Dengan begitu lo bisa menemukan keunikan lo sendiri. Karena unik itu harus, supaya lo bisa bersaing di tengah jutaan content creator lainnya. 

Terakhir, coba terus dan jangan berhenti! YouTube aja sampe bilang kalo butuh waktu berbulan-bulan untuk dapet formula konten yang ciamik. Jadi jangan keburu nyerah ya kalo hasilnya belom sesuai harapan lo!

BACA JUGA: 5 LANGKAH BIKIN KONTEN BERDASARKAN TRENDING TOPIC BIAR KONTEN LO AUTO RAMAI!

PAKE DATA UNTUK MEMBUAT KEPUTUSAN

Mungkin lo juga tahu kalo YouTube punya banyak sekali algoritma dan tugas kita sebagai content creator adalah untuk memahaminya. 

Gampangnya gini. 

Kalo lo pengen video lo muncul di Suggested Videos, lo pastikan thumbnail dan judul video lo sangat menarik. Tapi tetep hindari click bait yah. 

Kalo pengen video lo muncul di Browse Feature, pastikan lo angkat hal yang lagi trending dan viral atau angkat suatu kejadian dari angle yang menarik supaya video lo jadi menarik. 

Kalo pengen video lo muncul di pencarian YouTube, pastikan lo memasukkan kata kunci sesuai Search Engine Optimization (SEO) supaya bisa terdeteksi sama mesin pencari. Lo bisa memanfaatkan Google Analytics, Semrush, atau alat SEO online lainnya untuk tahu kata kunci apa yang harus lo pake.

Terakhir, kalo pengen video lo direkomendasikan lewat notifikasi email atau dari aplikasi, pastikan lo sering promosi ke audiens dan subscribers untuk nyalain lonceng notifikasinya. 

Nah, kalo udah begini kan lo jadi nggak bingung lagi deh caranya supaya video lu banyak ditonton sama orang-orang. (*/) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Sehari-hari menulis dan mengajukan pertanyaan random ke orang-orang. Di akhir pekan sibuk menyelami seni tarik suara dan keliling Jakarta.