Kreatif

PASAR BELANDA 2023: ASYIKNYA BELAJAR KEBUDAYAAN BELANDA DAN INDONESIA SECARA GRATIS

Hanya di Pasar Belanda 2023 kalian dapat belajar tentang kebudayaan dan berburu kuliner khas Belanda serta Indonesia.

title

FROYONION.COMJika kalian hendak terbang menikmati indahnya negeri kincir angin, lebih baik tunda dahulu rencana itu. Karena Pasar Belanda 2023 baru saja diselenggarakan di Pusat Kebudayaan Belanda Erasmus Huis, Minggu (10/9/2023) dengan menampilkan kebudayaan Belanda dan Indonesia secara gratis!

Asyiknya, terdapat spot-spot menarik untuk dikunjungi. Seperti berfoto dengan busana tradisional asal Volendam, kemudian menikmati jajanan khas seperti stroopwafeltompouchepatatpoofertjesbitterballenkrokketen, dan belajar bahasa Belanda di Erasmus Training Centre (ETC). 

Pasar Belanda 2023
Kemeriahan pembukaan resmi Pasar Belanda 2023 yang dipimpin oleh Duta Besar (Dubes) Kerajaan Belanda untuk Indonesia, Lambert Grijns, di Pusat Kebudayaan Belanda Erasmus Huis (Foto: Dok. Pribadi Penulis)

Budaya Indonesia turut diperkenalkan di acara tahunan ini. Misalnya, aneka lauk pauk dan makanan khas nusantara di area nusantara picnic, pernak-pernik yang menjual beragam kerajinan UMKM dalam negeri, dan belajar kebudayaan Indonesia melalui buku yang dipamerkan dan dipasarkan di bazar buku.

Caranya cukup mudah. Menurut catatan perjalanan Tim Froyonion.com, pengunjung dapat langsung menuju Pusat Kebudayaan Belanda Erasmus Huis yang terletak di komplek Kedutaan Besar Kerajaan Belanda untuk Indonesia di Jalan H.R. Rasuna Said Kav. S-3 Kuningan, Jakarta Selatan.

Acara yang sepenuhnya didukung oleh Kedutaan Besar Kerajaan Belanda untuk Indonesia beserta sejumlah organisasi dan perusahaan ini resmi dibuka untuk umum pada pukul 10.00 WIB - 17.00 WIB. Memiliki tujuan untuk merayakan kekuatan hubungan diplomatik antara Kerajaan Belanda dan Republik Indonesia.

Dubes Kerajaan Belanda untuk Indonesia
Dubes Kerajaan Belanda untuk Indonesia, Lambert Grijns, bersama perwakilan dari sponsor dan organisasi lainnya mengenalkan slogan ‘orange goes green’ sebagai tema Pasar Belanda 2023 (Foto: Dok. Pribadi Penulis)

Setelah tertunda selama 4 tahun lamanya, Pasar Belanda kembali diadakan dengan mengusung tema ‘orange goes green’ yang berarti saling berupaya dalam menanggapi seruan masyarakat dan lingkungan yang lebih berkelanjutan dan inklusif. Tema ini sejalan dengan tren gaya hidup ramah lingkungan yang tengah meningkat.

Kami sempat berbincang ke salah satu pengunjung asal Serang, Banten–Nurul Istiqomah. Mulanya ia menjelajah setiap sudut menarik di Pasar Belanda dan berakhir di sesi belajar bahasa Belanda secara gratis selama sehari di ETC dengan penuh kesan.

“Jujur, senang banget dan sudah lama punya ketertarikan untuk belajar kebudayaan dan bahasa Belanda. Ternyata seru dan nggak sulit sama sekali. Selain itu, aku juga belajar tentang kebudayaannya di perpustakaan dan pameran foto, lalu lanjut wisata kuliner khas Belanda di bazar makanan,” tutur Nurul.

Nurul berharap dengan diadakannya Pasar Belanda dapat meningkatkan semangat siapa pun untuk belajar kebudayaan Belanda dan tentu melanjutkan studi ke negara yang terkenal akan kincir angin, bunga tulip, dan keju itu.

“Harapannya, semoga tahun depan saya bisa berangkat ke Belanda dan acara ini dapat mewadahi teman-teman yang mau melanjutkan studi ke Belanda karena kita bisa dapet banyak info tentang itu,” pungkasnya.

Untuk mengobati rasa penasaran berkeliling ke Belanda, Tim Froyonion.com telah menuliskan perjalanan mempelajari kebudayaan dan bahasa Belanda di perhelatan Pasar Belanda 2023. Selengkapnya, baca tulisan di bawah ini hingga selesai!

BACA JUGA: KELILING 11 NEGARA DI ASIA TENGGARA DALAM SEHARI LEWAT ASEAN FEST 2023

AJANG KREATIF PERTUKARAN BUDAYA INDONESIA DENGAN BELANDA

Jajanan khas Belanda tompouche
Aksi lomba menghabiskan secara cepat jajanan khas Belanda, tompouche untuk menarik perhatian pengunjung terhadap ragam kuliner dari Belanda (Foto: Dok. Pribadi Penulis)

Perjalanan dimulai. Setelah melewati pemeriksaan di pos pengamanan, kami memulai petualangan dengan terlebih dahulu mengincar sesuatu yang hanya bisa didapatkan oleh 50 orang pengunjung pertama. Ada apa? Ternyata, pengunjung yang beruntung akan mendapatkan sepotong kue khas Belanda, stroopwafel.

Beruntungnya, kami menjadi salah satu pengunjung yang berhak mendapatkan voucher ini. Perlu kalian ketahui, stroopwafel merupakan jajanan khas Belanda yang terbuat dari tepung terigu dan berwujud seperti waffle namun lebih tipis dan menggunakan isian krim karamel manis.

Di samping itu ada booth yang juga menyajikan jajanan khas Belanda bernama tompouche. Teksturnya renyah karena terbuat dari adonan tepung pastry yang bercampur lembut manisnya filling cream di dalam dan lapisan icing sugar berwarna merah jambu.

UMKM Pasar Belanda 2023
Deretan UMKM asal Indonesia turut memeriahkan Pasar Belanda 2023 dengan mengenalkan produk-produk ramah lingkungan (Foto: Dok. Pribadi Penulis)

Puas menikmati stroopwafel dan tompouche yang harum dan manis, saatnya melirik aneka produk dan kerajinan karya UMKM Indonesia. Salah satu yang membuat mata kami dan seluruh pengunjung tertarik adalah produk berupa aneka kemasan yang terbuat dari bahan daur ulang.

Selaras dengan tema Pasar Belanda 2023, produk-produk yang dijajakan ini turut mendukung kampanye kesadaran masyarakat akan lingkungan yang berkelanjutan. Apa saja contohnya? Mulai dari sedotan dan sikat gigi yang terbuat dari bambu, wadah makanan dan minuman yang dapat dijadikan pupuk kompos, hingga tas belanja berbahan tepung jagung.

Eits, tak lengkap bila tidak mengenal kekayaan nusantara. Tak jauh dari lokasi sebelumnya, kami menemukan booth yang memamerkan aneka mainan yang melatih fungsi motorik anak dengan bertemakan kebudayaan Indonesia. Selain itu, tentu tersedia masakan khas nusantara yang siap memanjakan pengunjung.

Bagi kalian yang haus akan hiburan. Terdapat pula aneka games dengan hadiah yang menarik, live music dari beberapa musisi ternama seperti Para Pencari Rempah, Kai Mata, Ranie Klees & Friends, serta DJ Jeremy Jay maupun aksi berjoget bersama.

SERUNYA BELAJAR BAHASA BELANDA DAN MEMAKAI PAKAIAN ALA VOLENDAM

Belajar bahasa Belanda gratis
Suasana sesi belajar bahasa Belanda secara gratis selama sehari yang dapat diikuti pengunjung di gedung ETC (Foto: Dok. Pribadi Penulis)

Sejak diumumkan beberapa pekan sebelumnya, melalui akun Instagram resmi Pasar Belanda, ada satu aktivitas yang seru untuk kalian jalani ketika berada di sini. Belajar bahasa Belanda ‘Dutch is Easy’. Lokasinya di gedung Erasmus Training Centre (ETC) dan terbagi menjadi dua sesi pada pukul 13.30 WIB - 14.30 WIB & pukul 15.00 WIB - 16.00 WIB.

Saat kami diberikan konfirmasi kehadiran acara melalui surel, peserta diharapkan untuk melakukan registrasi ulang satu jam sebelum acara dimulai. Panitia memberlakukan ini untuk menopang tingginya antusiasme pengunjung untuk belajar bahasa Belanda secara cuma-cuma.

Selama kurang lebih satu jam, kelas belajar bahasa Belanda memberikan wawasan praktis dan mematahkan stigma sulitnya mempelajari bahasa Belanda seperti dibicarakan orang awam. Dengan metode belajar yang interaktif, peserta tampak asyik mencoba percakapan dengan bahasa Belanda.

Misalnya, pada contoh kalimat perkenalan, ternyata memiliki sedikit kemiripan dengan bahasa Inggris. Berikut penjelasannya:

  • Bahasa Belanda: Ik ben Lukman en ik woon in Bekasi.
  • Bahasa Inggris: I am Lukman and I live in Bekasi.
  • Bahasa Indonesia: Saya Lukman dan saya tinggal di Bekasi.

Di samping itu, ETC selaku penyelenggara kelas belajar bahasa Belanda tak lupa memberikan kaidah-kaidah dasar mengenai bahasa. Mulai dari mempelajari aspek tata bahasa atau gramatika, kosa kata, kata kerja, kata benda, kata pengganti, dan pelafalan di dalam bahasa Belanda.

Tertarik mempelajari bahasa Belanda secara intensif? ETC membuka beberapa kelas yang dapat disesuaikan dengan jadwal kesibukan kalian. Terdiri dari kelas basic atau dasar, intermediate atau menengah, dan advanced atau lanjutan. Mampir di sini untuk informasi lebih lengkap.

Pengunjung sedang berfoto ala orang Volendam, Belanda, di Dutch Volendam Costume Photobooth  (Foto: Dok. Pribadi Penulis)

Selepas mempelajari bahasa Belanda, kami tertarik mengunjungi arena Holland Village. Pasalnya, ada suatu wahana yang sudah terlihat ramai oleh pengunjung: Dutch Volendam Costume Photobooth. Cukup membayar Rp35 ribu per orang, kalian bisa mengabadikan momen dengan mengenakan busana tradisional ala orang Volendam.

Biasanya, berfoto dengan mengenakan kostum tersebut hanya kalian temui di Volendam, Belanda. Namun, cuma di Pasar Belanda 2023, kesempatan ini menjadi momen yang langka dan dapat menjadi kenang-kenangan seolah berlibur di negeri penghasil keju terbaik dunia ini.

Pameran foto pers Belanda
Pameran foto pers dunia diramaikan oleh pengunjung yang ingin melihat karya seni dalam bentuk media fotografi (Foto: Dok. Pribadi Penulis)

Petualangan belum selesai! Sejujurnya, masih banyak arena yang wajib kalian eksplor. Seperti pemutaran film, kuis berhadiah seputar Belanda, dan pameran world press photo atau foto pers dunia yang berlokasi di gedung auditorium, serta program khusus anak-anak yang terdiri dari face painting, music workshop for kids, dan crafting session.

Sayangnya, petualangan mengarungi Belanda hanya dapat kalian rasakan selama sehari. Namun, tak perlu khawatir. Bagi yang belum berkesempatan datang di tahun ini, tetap nantikan informasi mengenai Pasar Belanda 2024 melalui akun Instagram resmi Pasar BelandaErasmus Huis, dan Kedutaan Besar Kerajaan Belanda

Zie je volgend jaar!

Sampai jumpa di tahun depan! (*/)

BACA JUGA: BIKIN TAKJUB! MAHASISWA KOREA & INDONESIA KOMPAK MAINKAN MUSIK TRADISIONAL DI TAMAN ISMAIL MARZUKI, JAKARTA

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas