Kreatif

KELILING 11 NEGARA DI ASIA TENGGARA DALAM SEHARI LEWAT ASEAN FEST 2023

ASEAN Fest 2023 adalah ajang kreatif untuk memahami pengetahuan tentang organisasi penting di Asia Tenggara. Temukan keseruannya di sini!

title

FROYONION.COMKalian pernah bermimpi dan punya cita-cita untuk keliling dunia? Tak perlu repot-repot. Cukup datang ke Kampung ASEAN di gelaran ASEAN Fest 2023, impian tersebut dapat terwujudkan. Khususnya berkeliling ke 11 negara di Asia Tenggara dalam waktu sehari!

Cukup mendaftar secara gratis di lokasi. Kalian akan mendapatkan sebuah buku layaknya paspor yang dapat ditukarkan dengan sejumlah hadiah menarik. Caranya kalian harus melengkapi stempel. Dimulai dari gerbang imigrasi, hingga ke 11 anjungan negara-negara ASEAN.

Acara yang diinisiasi oleh Bank Indonesia ini, resmi dibuka untuk umum pada tanggal 22 - 25 Agustus 2023 di Hall B Jakarta Convention Center (JCC). Memiliki tujuan untuk mengajak masyarakat agar memahami pembahasan antara menteri keuangan dan gubernur bank sentral negara-negara ASEAN melalui cara yang kreatif.

Kampung ASEAN
Wahana Kampung ASEAN di ASEAN Fest 2023 memiliki 11 anjungan dari setiap negara-negara ASEAN (Foto: Dok. Pribadi Penulis)

Terdapat pula beberapa spot-spot menarik untuk kalian kunjungi, seperti Kampung ASEAN, ASEAN Finance Meeting Museum atau museum pertemuan keuangan ASEAN, festival inklusi keuangan, hingga pameran UMKM. 

Selain itu, pengunjung yang datang ke ASEAN Fest 2023 dapat menyaksikan ASEAN Fest Parade, penampilan grup band asal ibu kota, treasure hunt berhadiah jutaan rupiah, berbagai seminar menarik, dan empat kategori lomba, seperti storytelling competition, speech competition, content hunting and competition, dan lomba menggambar.

BACA JUGA: BIKIN TAKJUB! MAHASISWA KOREA & INDONESIA KOMPAK MAINKAN MUSIK TRADISIONAL DI TAMAN ISMAIL MARZUKI, JAKARTA

Andi, pengunjung asal Jakarta bercerita ke Froyonion.com bahwa ia sangat menikmati acara ini dan menjadi sarana terbaik untuk memahami nilai-nilai kebudayaan negara-negara ASEAN.

“Acaranya seru! Banyak spot dan kegiatan penuh insight baru tentang kebudayaan negara-negara ASEAN. Spot favoritku ada di ASEAN Finance Meeting Museum. Selain bisa nyobain rasanya jadi delegasi ASEAN, kita sekaligus belajar soal sejarah dan apa saja forum di ASEAN. Harapannya, semoga semakin banyak kegiatan menarik lainnya di ASEAN Fest 2023,” tutur Andi melalui wawancara kepada Froyonion.com.

Penasaran bagaimana keseruannya? Tim Froyonion.com telah merangkum perjalanan sehari mengelilingi 11 negara-negara ASEAN di Kampung ASEAN, spesial untuk kalian. Selengkapnya, baca artikel ini hingga selesai.

BELAJAR KEBUDAYAAN DAN MAKANAN KHAS DARI 11 NEGARA-NEGARA ASEAN

Negara ASEAN
Pengunjung dapat mempelajari seni dan budaya khas dari masing-masing negara ASEAN (Foto: Dok. Pribadi Penulis)

Setelah kami mendapatkan paspor sebagai syarat sah untuk masuk ke Kampung ASEAN, terlebih dahulu paspor akan dibubuhkan stempel oleh petugas imigrasi di pintu masuk. Melaju beberapa langkah ke depan, tibalah kami memasuki kemegahan Kampung ASEAN.

Dengan total 11 anjungan yang mewakili negara-negara ASEAN, mata kami dan pengunjung lain seolah tengah dimanjakan untuk berkeliling secara penuh mengunjungi belasan negara-negara ASEAN dalam waktu sekejap.

Mulai dari negara Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, Kamboja, Laos, Myanmar, Vietnam, Filipina, Singapura, Thailand, hingga Timor Leste yang merupakan negara termuda di wilayah Asia Tenggara dan tercatat resmi bergabung menjadi anggota negara-negara ASEAN pada tahun 2022 silam.

Ada banyak aktivitas yang bisa kalian lakukan di Kampung ASEAN. Pertama, tentu saja pengunjung wajib untuk melengkapi kolom stempel yang tertera di paspor untuk ditukarkan dengan kupon coffee break dan cendera mata menarik. Mintalah stempel dari petugas dengan pakaian baju adat tradisional di setiap negara untuk memenuhi stempel tersebut.

BACA JUGA: DIIKUTI 4 NEGARA ASEAN, TIRTA TARUNA 66 OPTIMIS BISA LAHIRKAN ATLET BARU DI CABOR RENANG ARTISTIK DAN LONCAT INDAH

Kedua, kalian dapat belajar langsung tentang kebudayaan hingga sejarah di semua negara-negara ASEAN dengan memanfaatkan teknologi layar sentuh. Kami juga kerap melihat beberapa pengunjung yang tak segan untuk menyapa petugas berpakaian baju adat, dan berbincang dengan perwakilan negara-negara ASEAN di setiap anjungan.

Ketiga, tentu saja kalian bebas berswafoto bersama petugas yang tampil apik melalui pakaian tradisional dari setiap negara-negara ASEAN. Jika kalian beruntung, ada beberapa petugas yang merupakan warga asli negara tersebut, sehingga kalian bisa merasakan pengalaman berbicara dengan bahasa resmi mereka.

ASEAN FEST
Kudapan pencuci mulut berbahan kacang hijau dan tepung tapioka asal Kamboja (Foto: Dok. Pribadi Penulis)

Keempat, cobalah untuk menikmati makanan tradisional yang salah satunya disediakan oleh negara-negara ASEAN. Seperti yang kami jajal adalah makanan pencuci mulut berupa bubur kacang hijau dan ternyata merupakan sajian khas negara Kamboja. Tekstur dan rasanya tak berbeda jauh dengan bubur kacang hijau ala nusantara. Perbedaannya adalah jeli kenyal yang terbuat dari tepung tapioka sebagai bahan tambahan.

Sepanjang mata memandang, kami juga melihat aneka produk UMKM khas dari masing-masing negara ASEAN. Seperti aneka kue kering, olahan minuman kopi, atau olahan makanan laut yang bisa kalian beli untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh atau cendera mata.

Capek berkeliling ke 11 negara-negara ASEAN dan sudah melengkapi stempel paspor? Waktunya coffee break sejenak! Nikmati segelas kopi dari A Cup of Indonesia dengan jatah per orang adalah satu kupon yang tertera di paspor. Kalian pun dapat menikmati makanan dan minuman tradisional lainnya di foodcourt yang terletak di bagian belakang.

ASEAN Fest Parade
Atraksi tarian tradisional dari 11 negara-negara ASEAN dalam ASEAN Fest Parade (Foto: Dok. Pribadi Penulis)

Setelah ini, jangan beranjak dahulu. Masih ada atraksi kesenian tari tradisional yang ditampilkan setiap hari dari 22 - 25 Agustus 2023 dalam keseruan ASEAN Fest Parade. Uniknya, masing-masing negara ASEAN akan menampilkan tari tradisional. Inilah yang membuat pengunjung Kampung ASEAN semakin berkesan.

SENSASI JADI DELEGASI ASEAN HINGGA BERMAIN GAME INTERAKTIF

ASEAN Finance Meeting Museum
Wahana ASEAN Finance Meeting Museum merupakan salah satu spot favorit yang didatangi pengunjung (Foto: Dok. Pribadi Penulis)

Saat kami telah puas menikmati sajian kebudayaan di Kampung ASEAN, lantas, paspor akan distempel oleh petugas imigrasi di pintu keluar. Petualangan belum selesai. Selanjutnya, kalian dapat berkunjung ke salah satu spot favorit pengunjung, yaitu ASEAN Finance Meeting Museum.

Ini merupakan anjungan yang mengenalkan banyak sejarah tentang organisasi terbesar di Asia Tenggara, ASEAN. Mulai kaleidoskop sejarah berdirinya ASEAN, profil-profil para petinggi ASEAN, dan perjalanan KTT ASEAN dari masa ke masa. Tampilan dekorasi anjungan tersebut juga dibuat mirip seperti saat pertemuan penting ASEAN.

Di ruangan ini, kalian bisa melihat secara langsung meja-meja dari kesebelas negara ASEAN, lengkap dengan atribut bendera, aksesori kursi, dan pelantang suara yang biasa dipakai oleh delegasi dari setiap negara-negara ASEAN saat pertemuan antarnegara tengah berlangsung.

Tak lupa, kami juga menyempatkan untuk mengabadikan momen di anjungan ini. Kapan lagi bisa duduk nyaman di kursi dan seolah menjadi delegasi negara-negara ASEAN? Untuk itu, ASEAN Finance Meeting Museum hadir memberikan pengalaman kepada pengunjung tentang memahami ASEAN lewat cara yang seru.

Masih belum puas? Tenang. Waktunya bermain aneka game interaktif! Terletak di samping lobby, jajaran game interaktif ini memuat permainan tentang wawasan ASEAN serta negara-negara yang tergabung di dalamnya. Mulai dari permainan game yang imersif, sampai adu keahlian memasukkan bola basket ke dalam ring.

Bila kalian telah mengumpulkan beberapa poin, petugas yang berjaga akan mengarahkan kalian untuk mendapatkan sejumlah hadiah menarik. Pantas saja ketika kami mengunjungi arena game interaktif ini selalu ramai didatangi oleh pengunjung yang ingin bermain dan mencari hiburan edukatif. 

Sekarang waktunya kalian menukarkan paspor yang telah dilengkapi stempel dari Kampung ASEAN untuk mendapatkan sebuah cendera mata menarik di ASEAN Fest 2023. Letaknya, ada di sebelah arena game. Setiap pengunjung akan mendapatkan totebag, pulpen, permen, dan kartu ucapan eksklusif.

Tertarik mengikuti lebih lanjut ASEAN Fest 2023? Kunjungi akun media sosial resmi di sini agar kalian tidak ketinggalan informasi menarik berikutnya! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas